Ngemil Tidak Melulu Berdampak Buruk, Ini Manfaat Baik dari Camilan

Daftar Isi [Tutup]
    Camilan di Minimarket
    PojokReview - Anda suka ngemil? Yah, mengonsumsi makanan ringan akan sangat pas bila tidak berlebihan. Apalagi, ketika waktu makan belum tiba, sedangkan Anda sudah keroncongan. Maka makanan ringan bisa menjadi pertolongan pertama.

    Banyak yang bilang bahwa ngemil akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebenarnya tidak benar sepenuhnya, asalkan ada dua syarat yang Anda penuhi, yakni;


    1. Tidak berlebihan
    2. Camilannya merupakan camilan sehat
    3. Tidak menggangu jadwal makan
    4. Banyak minum air putih


    Tidak berlebihan berarti, Anda tidak mengonsumsi camilan tersebut seakan-akan Anda mengonsumsi makanan utama. Camilan hanya digunakan untuk santai, dan membantu Anda kembali beraktivitas, karena kelaparan.

    Camilan sehat adalah camilan yang terbuat dari bahan alami, mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, serta terhindar dari bahan-bahan kimia berbahaya seperti pengawet, perasa tambahan dan sebagainya.

    Terpenting, camilan tidak boleh menganggu jadwal makan Anda. Bila Anda makan pagi pukul 7 dan makan siang pukul 1 siang, maka pukul 9.30 sampai pukul 10.30 bisa menjadi celah untuk Anda menikmati cemilan sambil beristirahat. Begitu juga bila makan siang Anda pukul 1 dan makan malam pukul 7, maka waktu sore hari sambil menikmati teh bisa menjadi pilihan untuk waktu ngemil Anda.

    Syarat terakhir yang harus dipenuhi adalah, Anda mesti banyak minum air putih ketika ngemil. Hal itu ditujukan agar tubuh tidak menyalahartikan haus sebagai rasa lapar. Yah, ini fakta, bila tubuh sangat kekurangan cairan, maka Anda berpotensi dehidrasi. Sayangnya, ketika dehidrasi, rasa haus tersebut kadang salah dipahami oleh tubuh Anda sebagai rasa lapar. Hasilnya, Anda akan ngemil lebih banyak.

    Nah, bila Anda telah memenuhi syarat tersebut, tentunya ngemil tadi malah berdampak baik bagi tubuh Anda. Apa saja manfaat baik camilan?


    1. Lebih Fokus dan Konsentrasi


    Anda bekerja sampai sore, dan ketika menjelang sore Anda kehilangan fokus dan konsentrasi? Padahal pekerjaan masih bertumpuk? Nah, itu berarti waktunya berhenti sejenak, istirahat, sambil menikmati camilan.

    Camilan tersebut akan membantu otak Anda lebih fokus, baik untuk mengingat, berpikir maupun bekerja lagi. Jadinya, Anda bisa kembali fokus, dan kembali bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

    2. Mengubah Mood


    Anda dari pagi sudah tidak mood bekerja? Kemudian memaksakan diri menyelesaikan pekerjaan yang bertumpuk, akan membuat otak serasa buntu. Maka, bila sudah sampai dalam keadaan seperti itu, ini waktunya berhenti sejenak dan ngemil.

    Menikmati camilan, apalagi camilan sehat dan favorit Anda, tentunya akan menjadikan Anda lebih mudah mengembalikan mood Anda. Dampak baiknya, Anda menjadi siap untuk bekerja kembali.


    3. Produktivitas Meningkat


    Masih ada kaitannya dengan dua poin sebelumnya. Apa yang terjadi bila mood Anda bisa diperbaiki, stress dan tekanan pekerjaan bisa direduksi dan Anda bisa terus bekerja lagi, menyelesaikan tugas seharian?

    Yah, hal itu menjadikan kerja Anda akan lebih efektif dan efisien. Itu berarti, produktivitas Anda akan meningkat.

    4. Tidak Gampang Sakit


    Faktanya, ketika Anda ngemil, di antara jam makan, maka tubuh akan lebih terbiasa melakukan pencernaan makanan. Karena lebih banyak pencernaan dalam perut, itu berarti akan sangat berdampak baik pada metabolisme tubuh yang lebih lancar.

    Hal itu bisa berdampak baik pula bagi kesehatan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa bila Anda tidak ngemil, artinya hanya makan berat atau makan padat melulu, metabolisme tubuh tidak akan sebaik yang ngemil di tengah antara makan tersebut.
    Tinggalkan Komentar