Monday, July 19, 2021

author photo
stuck cari ide tulisan untuk blog

PojokReview - Blog, seperti sebagaimana YouTube, bagi sebagian orang adalah sebuah pekerjaan. Blogger tentunya menjadi pilihan pekerjaan yang tepat bila Anda memiliki hobi menulis, atau mungkin menuangkan perasaan lewat tulisan.


Apa musuh terbesar dari seorang blogger? Selain tidak ada kuota atau jaringan internet? Yah, benar. Sebagian besar blogger akan menjawab bahwa musuh terbesar blogger adalah "stuck" alias tersangkut ketika mencari ide tulisan baru. 


Mungkin sebagian blogger bukanlah tipe pemalas, tapi kebingungan ketika mencari ide tulisan untuk blognya akan membuat seorang blogger menjadi tidak melakukan apa-apa. Kertas putih di laman blognya akan tetap kosong selama berjam-jam.


Nah, kali ini PojokReview akan memberikan beberapa solusi yang tentunya bisa coba Anda lakukan bila tersangkut ketika mencari ide tulisan baru untuk blog Anda. 


Lihat keyword paling populer ke blog Anda lewat Ubbersuggest


Cara pertama, Anda bisa berkunjung ke ubbersuggest milik Neil Patel. Anda bisa mencoba yang gratis dengan batas pengecekan tiga kali sehari. Cara kerjanya cukup mudah, Anda tinggal masuk ke situs Ubbersuggest kemudian ketik alamat blog Anda lengkap.


Lalu, klik cari dan pilih Indonesia sebagai area pencarian. Nantinya, akan keluar 10 keyword (kata kunci) paling populer yang mengarah ke blog Anda. Tentunya, 10 ini untuk versi gratis yah. Bila versi berbayar bisa sampai ratusan, loh.


Nantinya, Anda akan melihat rangking kata kunci tersebut di mesin pencari. Bila rangkingnya di atas 10 itu berarti alamat blog Anda akan muncul di halaman kedua atau ke atasnya, yang berarti kunjungannya sangat sedikit.


Anda bisa meningkatkan kunjungan ke blog Anda dengan membuat artikel dengan kata kunci yang sama namun lebih panjang (long tail keyword). Misalnya, kata kunci yang pertama adalah "Rekomendasi Universitas Swasta" maka di artikel kedua bisa jadi penguat dengan kata kunci yang dikeker "Rekomendasi Universitas Swasta Termurah di Jakarta". 


Jangan lupa untuk menyematkan tautan (link) ke artikel yang pertama sebagai rujukan. Jadinya, selain mendapatkan ide tulisan, Anda juga bisa menguatkan posisi artikel Anda di mesin pencari seperti Google, Bing, dan sebagainya.


Mencari keyword di Google Webmaster Tool, Google Analityc, dan sebagainya


Selain di ubbersuggest, tentunya Anda bisa memanfaatkan layanan Google seperti Google Webmaster Tool, Google Analityc dan sebagainya. Di kedua situs layanan Google tersebut, Anda bahkan bisa mengecek kata kunci apa yang paling sering dicari dan mengarah ke blog Anda.


Setelah mendapatkan kata kunci yang terbaik untuk blog Anda, selanjutnya Anda bisa melakukan yang sama seperti yang sudah diulas di poin sebelumnya.


Melihat keyword yang sedang trending di Google Trend


Berikutnya, cara yang bisa Anda gunakan adalah mencari kata kunci yang sedang populer dan tinggi pencariannya di Google Trend. Anda tinggal melihat kata kunci apa yang paling banyak dicari dan disesuaikan dengan tema blog Anda. Berikutnya, Anda akan melihat apa saja kata kunci yang sedang banyak dicari, tentunya salah satu di antaranya bisa Anda pilih sebagai tema tulisan yang baru di blog Anda.


Hanya saja, ketika mencari kata kunci yang trending maka Anda akan mendapatkan lebih banyak "saingan". Anda bisa mempertimbangkan untuk menulis artikel yang cukup panjang (di atas 2000 kata) agar bisa memenangkan rangking di pencarian Google. 


Melihat pertanyaan yang diajukan di Yahoo Answer, Quora, dan sebagainya


Apakah Anda tergabung dengan Quora? Apabila iya, maka coba lihat pertanyaan yang diajukan di Quora. Apabila pertanyaan tersebut ternyata sesuai dengan tema blog Anda, Anda bisa mencoba menjawabnya terlebih dulu di blog Anda. Karena logikanya adalah, pertanyaan yang diajukan di Quora, Yahoo Answer, dan sebagainya adalah pertanyaan yang mungkin juga sudah diajukan penanya lainnya di Google atau Bing.


Tidak hanya itu, pertanyaan yang Anda temukan di Quora atau Yahoo Answer tersebut juga bisa Anda jawab bila memiliki akun di situs tersebut. Tentunya, di akhir jawaban, Anda bisa menyertakan alamat blog Anda sebagai referensi. Jadinya, Anda justru mendapatkan tambahan backlink, bukan?


Menggunakan generator ide


Ini cara yang praktis, namun tentunya hasilnya juga kurang begitu memuaskan. Anda bisa mencoba Blog Idea Generator dengan cara memasukkan 5 kata yang terkait dengan blog Anda (dalam Bahasa Inggris). Lalu, situs tersebut akan mencoba "mengolah"nya menjadi beberapa ide yang menarik.


Namun, bila Anda tidak menggunakan akun yang premium (alias yang gratis) nantinya Anda akan menyadari bahwa ide yang diberikan ternyata itu-itu saja. Mungkin dalam percobaan ke lima atau ke enam, Anda sudah menyerah mengunakan generator ini. Tapi di awal-awal, bolehlah Anda mencobanya.


Menggunakan jasa penulis


Ini juga cara yang banyak digunakan oleh blogger, tentunya yang sudah punya penghasilan. Atau, setidaknya punya modal untuk membayar jasa penulis. 


Para penulis ini nantinya menawarkan ide tulisan untuk Anda, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Kemudian, anggap saja Anda sudah menentukan 5 kata kunci yang tepat untuk jadi artikel baru, maka Anda sudah bisa membayar dan mendapatkan 5 artikel yang diinginkan.


Tentunya, akan lebih baik bila Anda mencari jasa penulis yang SEO friendly, juga sebaiknya merupakan opini pribadi, atau setidaknya tulisan dari penulis tersebut dengan sumber tulisan lebih dari satu. Hindari penulis yang hanya copywrite dari satu situs alias hanya parafrase saja. Sebab bisa berdampak buruk bagi blog Anda.


Bila beruntung, Anda bisa mendapatkan jasa penulis yang murah. Anda bisa mendapatkannya di Sribulancer, atau bisa juga di situs penyedia jasa penulis lainnya.


Berdiskusi dengan blogger lain


Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ide adalah berdiskusi. Yah, kita anggap saja Anda membaca buku A, dan teman Anda membaca buku B. Maka ketika berdiskusi, Anda akan mendapatkan pengetahuan baru, dan begitu juga teman Anda. Dengan demikian, berdiskusi adalah cara lanjutan untuk mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan baru.


Tentunya, Anda bisa mencoba berdiskusi dengan blogger-blogger lainnya yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia blogging. Anda bisa berkunjung ke blog yang Anda sukai, lalu cari "kontak" dan hubungi saja mereka.


Kebanyakan blogger tentunya akan senang hati berdikusi dan bila beruntung Anda akan mendapatkan masukan, salah satunya ide tulisan yang menarik untuk blog Anda.


Berselancar di sosial media atau media massa


Cara selanjutnya adalah, coba berselancar di sosial media Anda. Kadang-kadang, ada banyak yang membagikan status atau tulisan yang bisa membuka pikiran Anda sekaligus mendapatkan ide tulisan baru.


Anda juga bisa berkunjung ke forum, grup, atau lainnya yang sesuai dengan tema blog Anda. Yah, bila blog Anda adalah blog pertanian, ketika Anda berkunjung ke forum tentang game online, tentunya akan sulit bertemu ide baru, bukan?


Tidak hanya mendapatkan ide baru, tapi Anda juga akan mendapatkan pertemanan baru yang bisa memperluas pemirsa atau pembaca Anda.


Selain sosial media, Anda bisa mencoba melihat apa saja berita yang sedang viral dan banyak dibicarakan. Cari yang sesuai dengan tema blog Anda, lalu "tanggapi" pemberitaan tersebut dengan opini pribadi Anda. Tentunya, tulisan yang baik adalah tulisan yang berdasar yah, bukan sekedar opini tanpa referensi, juga tanpa solusi.


Hindari mencari topik blog yang tak dikuasai


Bila Anda adalah penggemar nonton film Korea, maka cobalah membuat blog tentang film Korea, mulai dari review, sinopsis, sampai hal-hal yang berhubungan dengan film, di balik layar, serta aktor-aktornya.


Hindari menulis sesuatu yang Anda tidak kuasai, karena itu akan membuat Anda terus-terusan stuck mencari ide baru untuk tulisan Anda. Terkadang, banyak orang yang mencari ide atau topik blognya sesuai dengan apa iklan yang paling besar biaya per kliknya. Misalnya, yang cukup tinggi bayaran iklannya adalah iklan tentang  asuransi.


Kemudian, karena tergiur dengan biaya iklan tersebut, banyak blogger mencoba membuat blog bertopik asuransi. Padahal, latar belakang pendidikannya bukan ekonomi, apalagi asuransi. Kemudian, hobinya juga bukan memelajari ekonomi. Ditambah lagi, pekerjaannya pun bukan ekonomi dan setipenya. Hasilnya, setiap hari selalu stuck mencari ide tulisan baru.


Akibatnya, si blogger terus-terusan mencari jasa penulis padahal penghasilan di blognya masih belum stabil. Itu yang membuat "usaha" blognya jadi runtuh sebelum berkembang.


Penutup


Terpenting, ketika Anda sedang stuck ide, cobalah lihat buku-buku yang ada di atas meja atau mungkin di lemari perpustakaan pribadi Anda. Ah, iya betul, menjadi blogger adalah menjadi penulis. Dan itu berarti, Anda harus suka membaca.


Bagaimana seorang blogger yang tidak suka membaca? Mungkin blogging bukanlah bidang yang tepat untuk mereka. Menulis dan membaca itu sama seperti minum dan buang air. Minum saja tanpa buang air kecil tentunya akan jadi penyakit. Sedangkan buang air kecil saja tanpa minum justru berbahaya. 


Ketika membaca, bahkan mungkin baru dua atau tiga halaman saja, Anda sudah bisa mendapatkan lebih banyak ide baru yang membuat Anda tidak akan "stuck" lagi gegara kehabisan ide.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post