close

Sunday, July 18, 2021

author photo
rekomendasi laptop untuk blogger

PojokReview.com - Apa yang diperlukan seorang blogger ketika akan membeli laptop? Perlukah membeli laptop seharga puluhan juta misalnya?


Berbeda dengan Youtuber yang mesti mengedit video sehingga butuh laptop dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, namun blogger sebagai "juru ketik" sebenarnya tidak begitu membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi.


Bahkan, menggunakan laptop dengan spesifikasi yang rendah saja sebenarnya tidak begitu masalah. Terpenting, rencanakan pembaharuan (upgrade), juga performa laptop dengan menambah RAM dan ROM, mengganti harddisk dengan SSD dan sebagainya. Hal itu ditujukan agar bisa mengetik dengan nyaman, mengedit foto atau gambar, mungkin membuat infografis yang sederhana, dan sebagainya.


Sebenarnya, laptop yang spesifikasi cukup rendah dijual di pasaran dengan harga yang lebih murah adalah pilihan yang tepat apabila Anda adalah blogger pemula. Tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan laptop super mahal, karena malah Anda tidak bekerja. Kenapa? Karena laptop dengan spesifikasi tinggi tersebut justru lebih nyaman digunakan untuk bermain game tertentu ketimbang "bekerja".


Beli sesuai kebutuhan


Kata kuncinya adalah beli sesuai kebutuhan. Apa yang dibutuhkan oleh blogger? Tentunya agar bisa "coding" dengan nyaman, kemudian bisa mengedit foto atau infografis untuk memperkaya kontent, serta mengetik dengan nyaman, bukan? Yah, sumbernya bisa jadi berasal dari buku, pengalaman pribadi, website lainnya, dan sebagainya.


Tapi pekerjaan utama adalah mengetik, dan menaruh gambar itupun optional. Apakah hal seperti di atas memerlukan laptop dengan spesifikasi yang sangat tinggi?


Justru Anda lebih membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang medium ke bawah, ketimbang yang terlalu tinggi. Anda juga lebih memilih laptop yang punya daya tahan baterai lebih lama minimal di atas 4 jam agar bisa duduk di mana saja tanpa harus terus-terusan mencari colokan charger.


Bahkan misalnya Anda adalah seorang blogger fotografi, Anda justru mesti memilih laptop dengan spesifikasi medium ke bawah. Terpenting seperti yang diungkapkan sebelumnya, rencanakan opsi upgrade dan tingkatkan performa laptop apabila menggunakannya dalam waktu yang lama.


Jangan memaksa laptop bekerja melebihi kemampuannya


Satu hal lagi, Anda memang memerlukan refreshing di antara bekerja. Karena itu, mungkin Anda akan menginstal permainan agar bisa menjadi hiburan di sela-sela mencari dan membuat kontent. Namun, perlu diingat bahwa laptop yang dipaksa bekerja lebih keras daripada kemampuannya akan lebih cepat rusak, lambat, dan tidak akan berumur panjang. 


Misalnya laptop spesifikasi rendah tadi digunakan untuk bermain game GTA terbaru, atau malah yang lebih tinggi. Tentunya prosesor, kartu grafis, chipset dan sebagainya akan rusak.


Jadi, perhatikan benar apa yang Anda butuhkan, baru membeli laptop sesuai yang dibutuhkan. Kemudian, apabila ingin hiburan, mungkin Anda lebih tertarik dengan game yang ringan agar tidak memaksa kinerja laptop Anda.


Apa spesifikasi minimal laptop untuk blogger agar nyaman bekerja?


Pertama pastikan dulu bahwa prosesornya mumpuni untuk bisa bekerja online maupun offline dengan baik tanpa harus ngadat atau lambat. Tentunya, tulisan Anda akan disimpan dengan baik di ruang penyimpanan, bukan? Karena itu, akan lebih baik bila Anda memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup.


Untuk bekerja lebih cepat dan baik ketika berurusan dengan video dan gambar, tentunya Anda juga butuh dukungan graphic card yang baik. Ditambah lagi, minimal kinerja tersebut didukung oleh RAM 4GB. Yah, 4GB itu kita anggap saja minimal untuk bisa bekerja dengan nyaman.


Tapi, sebaiknya cari pula yang ringan, tipis dan mudah dibawa. Karena penulis, blogger, dan sebagainya akan suka bekerja berpindah tempat, bisa juga di kafe, restoran, dan sebagainya. Karena itu laptop yang lebih tipis dan ringan mesti jadi pilihan yang pas.


Rekomendasi laptop untuk blogger harga di bawah Rp4 juta


Ada banyak jenis laptop yang bisa dipilih untuk jadi andalan seorang blogger. Tapi, untuk yang harganya di bawah Rp 4 juta, tentunya bisa menjadi pilihan bagi Anda yang baru memulai untuk jadi blogger, namun ingin menghemat dana. Yah, dana berlebih bisa Anda alihkan untuk pemasangan internet, pembelian buku, dan sebagainya sebagai sumber tulisan Anda nantinya.


Berikut rekomendasi 3 laptop terbaik untuk blogger dengan harga di bawah Rp4 jutaan.


ASUS X454YA (harga Rp3,9 juta)




Laptop pertama datang dari brand ASUS, yakni ASUS X454YA. Laptop satu ini sangat mumpuni untuk mendukung kerja seorang blogger dengan dukungan prosesor AMD A8 7410 yang disematkan di dalam dapur pacunya. Kinerjanya semakin baik dengan dukungan RAM 4GB, serta VGA AMD Radeon R5. 


Desainnya juga menarik dan tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.


Acer One 10 S1002 (harga Rp3,3 juta)




Ingin punya laptop yang bisa touchscreen? Nah, laptop dari Acer satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Layarnya cukup kecil yakni 10 inch, namun bisa "berubah" fungsi menjadi tablet. Meski demikian, sesuai dengan harganya, kinerjanya cukup "lelet" kalau Anda ingin mengedit foto atau video. Tapi untuk menulis, tentunya sangat efektif dan efisien, loh. 


Prosesor yang disematkan di dalamnya adalah Intel Atom Z3735 dengan dukungan dari RAM 2GB. Akan lebih nyaman digunakan apabila Anda langsung mengupgrade atau menambah RAM-nya ketika dibeli.


HP 14-BW003AU (Rp3,8 juta)




Produk berikutnya dari brand HP, yakni HP 14-BW003AU. Desainnya simpel dan minimalis jadi sangat pas menjadi senjata utama para penulis atau blogger. Kinerjanya cukup mumpuni, dengan prosesor AMD Dual Core E2-9000e dan didukung RAM 4GB, hardisk internal 500 GB untuk menyimpan semua file yang Anda ingin simpan.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post