Thursday, July 22, 2021

author photo
tips dan trik memenangkan domino


PojokReview.com - Bermain domino menjadi salah satu permainan yang menyenangkan. Bagaimana tidak, selain Anda bisa melatih kemampuan berhitung, melihat dan memanfaatkan peluang, tapi sekaligus menghabiskan waktu dengan menyenangkan.


Itulah kenapa ada banyak permainan domino yang ditawarkan baik dalam bentuk aplikasi di ponsel, maupun software di komputer. Tidak hanya bermain dengan teman-teman (secara daring), tapi permainan ini juga tambah mengasyikkan ketika dimainkan di "dunia nyata".


Tapi, bagaimana cara bermain domino agar menang? Bila Anda masih pemula, atau baru belajar bermain domino tentunya ulasan berikut ini akan sangat membantu Anda.


Tips bermain domino


Domino adalah permainan yang menggunakan 1 set kartu berisi 28 kartu. Permainan ini dimainkan oleh empat orang, di mana masing-masing pemain akan mendapatkan 7 buah kartu. Kartu berupa dua angka mulai dari 0-0 sampai yang tertinggi 6-6.


Anda akan disebut kurang beruntung apabila Anda memiliki banyak kartu ganda atau sering disebut balak. Kartu ganda alias balak, memang menjadi kartu yang paling sulit dikeluarkan, kecuali bila Anda mendapatkan "kartu baik" seperti mendapatkan 5 angka yang sama. 


Balak yang paling besar nilainya adalah balak 6 (6-6) karena nilainya 12 (6+6) sedangkan balak yang paling kecil nilainya adalah balak 0 (0+0). Maka dari itu, di Indonesia ada istilah untuk mengatakan bahwa seseorang mendapatkan masalah yang sangat besar dengan istilah "balak 12".


Selain balak 12, balak yang juga mendatangkan kesialan adalah "balak 10" (5-5) alias balak 5. Maka akan sangat sial bila Anda mendapatkan balak 10 dan balak 12 bersamaan.


Sekarang simak tips yang mesti Anda perhatikan ketika bermain domino.


Pelajari kartu Anda


Pertama lihat dulu kartu Anda sebanyak 7 kartu tersebut. Kondisi kartu "jelek" adalah memiliki lebih dari 4 balak atau kartu ganda. Bila kondisi Anda seperti itu, maka bisa dipastikan Anda akan bergantung pada kartu orang lain untuk bisa menang. Bahkan, bisa dikatakan bahwa peluang Anda untuk menang sangat tipis.


Jadi misalnya Anda mendapatkan lebih dari 4 balak, atau katakanlah 4 balak saja, itu sudah berarti Anda akan mendapatkan kesulitan selama permainan. Peluang menang bisa dikatakan sangat kecil.


Bagaimana kartu yang bagus itu?


Kondisi kartu yang "bagus" adalah Anda mendapatkan lebih dari 4 kartu dengan angka yang sama. Misalnya kartu 3, Anda punya 1-3, 2-3, 4-3, 5-3, dan balak 3. Itu sudah cukup untuk Anda mampu mendominasi permainan.


Selain kartu bagus, adapula kartu "bagus dan beruntung". Misalnya Anda punya empat kartu 3, misalnya 1-3, 2-3, 4-3, 5-3, tapi Anda bukan mendapat giliran jalan pertama. Dan yang jalan pertama memasang balak 3 atau kartu 3 lainnya, tentunya hal itu akan sangat menguntungkan Anda untuk mendominasi permainan dari awal.


Cara memainkan "kartu bagus" dan "kartu bagus yang beruntung"


Pertama, kita anggap Anda mendapatkan kartu bagus alias punya 4-5 kartu yang sama, (misalnya kartu 3). Bila Anda mendapatkan giliran jalan terlebih dulu, maka yang perlu Anda lakukan adalah memasang balak 3 atau kartu 3 lainnya. Pilih kartu yang akan mendukung kartu lainnya bisa keluar. 


Misalnya, Anda memasang kartu balak 3, lalu pemain lainnya mungkin memasang kartu lainnya. Kita anggap skenarionya adalah Anda memiliki lima kartu sebagai berikut:


1-3 , 2-3, 3-3, 4-3 dan 5-3. Sedangkan dua kartu lainnya anggap saja 6-4 dan 0-2. Maka ketika Anda mengeluarkan balak 3 pertama kali, lawan Anda akan meletakkan kartu 0-3 atau 6-3. Bisa jadi pemain pertama setelah Anda akan "pass" alias lewat karena tidak ada kartu yang bisa dimainkan.


Maka Anda akan bertemu kondisi ada kartu 6 dan 0 untuk dimainkan. Kemungkinan kedua adalah, kartu lain dan ujung lainnya adalah 3. Maka, apapun yang muncul Anda harus tetap memunculkan kartu tiga untuk dimainkan di atas meja. Dalam kesempatan kedua, bisa jadi lawan yang "pass" akan lebih banyak bila kartu tiga tetap berada di atas meja.


Dengan kata lain, mainkan kartu yang lain terlebih dulu, jangan tutup kartu tiga karena itu adalah "dominasi" Anda. Bila kondisi seperti itu tetap terjaga, maka Anda akan bertemu dua kemungkinan untuk menang.


Kemungkinan pertama, Anda akan mengadu kartu. Mengadu kartu adalah kondisi ketika ujung dari dua sisi menunjukkan kartu yang sama, namunkartu yang dimaksud sudah habis atau tidak ada lagi. Dalam kondisi "adu" tersebut, maka pemilik kartu paling kecil akan menang.


Dalam skenario di atas, maka bila memang harus beradu, Anda harus memastikan kartu yang tertinggal hanya tinggal 0-2 karena hanya kalah dengan dua kartu saja, yakni 0-0 dan 0-1.


Itu kondisi terburuk bila Anda tidak bisa menghabiskan kartu Anda. Kondisi terbaik adalah, Anda berhasil memenangkan pertandingan dengan menghabiskan seluruh kartu di tangan Anda.


Selain kondisi "bagus dan beruntung" tersebut, tentunya Anda masih akan bertemu dengan kondisi lain yang cukup menyulitkan. Untuk bisa menang, atau setidaknya tidak kalah besar, simak tips berikut ini.


Pastikan Anda membuang semua balak terlebih dulu


Bila Anda memiliki banyak balak, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan bagaimana cara agar semua balak yang Anda miliki bisa dibuang. Anda bisa "memancing" agar kartu yang Anda inginkan keluar dengan menggunakan kartu yang Anda miliki. Misalnya Anda ingin kartu balak 6 keluar, sedangkan kartu 6 yang belum keluar adalah 6-3 maka Anda harus memancing dengan memberi kartu 3.


Buang kartu yang besar terlebih dulu


Untuk memastikan kondisi Anda tetap aman ketika masuk dalam kondisi "adu", maka pastikan Anda tetap menyimpan buah kecil. Jadi, akan sangat baik bila Anda membuang kartu yang besar terlebih dulu setelah balak. Kondisi tersebut bisa membuat Anda memenangkan kondisi "adu".


Terus menghitung dan menganalisis kartu lawan


Bermain domino adalah olahraga otak, sama seperti bermain kartu atau bermain catur. Itu berarti, tidak ada kartu yang Anda keluarkan tanpa berpikir. Setiap kartu harus dipikirkan semua kemungkinannya, hingga dua atau tiga langkah ke depan.


Bila Anda tidak punya kartu 5 misalnya jangan memaksakan kedua sisi memiliki angka 5 yang sama. Hal itu justru akan menguntungkan pemilik kartu 5 yang sebenarnya. Setiap strategi yang bisa Anda lakukan tentunya akan bergantung pada kondisi di atas meja dan juga pada kartu yang Anda miliki.


Dengan kata lain, bermain domino bukanlah mengeluarkan kartu dengan acak dan untung-untungan saja. Ada banyak pertimbangan setiap akan mengeluarkan kartu tertentu.


Penutup


Tentunya tidak ada cara yang pasti untuk memenangkan domino, mengingat semuanya akan bergantung pada 7 kartu yang Anda terima pertama kali. Karena ada 7 kartu yang berbeda akan Anda terima setiap kali berganti permainan.


Terpenting, Anda harus memenangkan pertandingan apabila Anda mendapatkan kartu yang bagus, yah. Apalagi bila Anda mendapatkan "kartu bagus dan beruntung". 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post