Selain Kopasus, Ini Pasukan Elit TNI Lain yang Disebut Satu Setara Sepuluh Prajurit



Indonesia memiliki tentara yang kuat. Khusus di angkatan darat, kita mengenal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang dikenal pula dengan baret merahnya. Kopassus adalah satu pasukan elit di TNI, di mana setiap prajuritnya memiliki banyak kemampuan khusus.

Satu prajurit memiliki kemampuan bertempur di segala medan, bergerak cepat, jago mengintai, jago senjata, cerdas, fisik yang kuat, anti-teror dan sebagainya. Maka itulah, satu prajurit Kopassus disebut setara dengan 10 prajurit biasa. Bahkan, ada juga yang mengklaim setara dengan 100 prajurit.

Namun, selain Kopassus, masih ada lagi pasukan elit Indonesia yang juga memiliki kemampuan ganda seperti Kopassus.

Berikut beberapa di antaranya:


Denjanka


Pasukan yang pertama adalah Detasemen Jala Mangkara (Denjanka). Kemampuan setiap prajuritnya benar-benar mengagumkan. Mereka mampu menanggulangi teroris, sabotase, mesti cerdas, kuat secara fisik dan sebagainya.

Denjanka berada komando korps Marinir TNI AL. Ciri khas prajurit Denjanka adalah menggunakan seragam hitam dan baret berwarna ungu.

Kopaska


Pasukan satu ini merupakan satuan khusus di Angkatan Laut. Komando Pasukan Katak Terbang (Kopaska) ini bertugas untuk persiapan pantai, instalasi bawah udara, operasi pendaratan amfibi dan sebagainya.

Telah banyak operasi militer yang dilakukan oleh Kopaska. Dan setiap prajuritnya juga mesti memiliki kemampuan yang baik, mulai dari kecerdasan, fisik, tenaga dan kepiawaian bersenjata.

Paskhas


Satuan khusus di TNI Angkatan Udara satu ini berisikan prajurit yang memiliki kemampuan khusus di udara. Jago terjun payung menjadi ciri khas pasukan ini.

Selain itu, pasukan ini juga dikenal dengan baret oranye.

Yontaifib


Berikutnya adalah satuan khusus di TNI Angkatan Laut, yakni Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib). Tugasnya adalah melakukan, membina dan menyediakan kekuatan amfibi untuk tugas khusus bagi TNI AL.

Karena amfibi, satuan yang awalnya bernama Komando Intai Para Amfibi (KIPAM) ini mesti jago di darat maupun laut.

Tontaipur


Kembali ke Angkatan Darat, berikutnya ada Peleton Intai Tempur (Tontaipur) yang ada dalam Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad). Kelebihan dari pasukan satu ini adalah mampu bergerak dalam senyap, dan sangat cepat.

Pasukan satu ini bahkan pernah melakukan operasi di berbagai medan darat, mulai dari perkotaan, rawa-rawa, hutan, gunung dan sebagainya.

No comments:

Powered by Blogger.