Tanaman yang Biasa Digunakan dalam Aquascape bagi Pemula

Ilustrasi Aquascape (sumber foto: Hipwee)


PojokReview - Ada banyak hal yang bisa Anda kerjakan di dalam rumah, salah satunya mencoba hal yang baru untuk menghias rumah. Pernah dengar aquascape?

Aquascape adalah seni mengatur tanaman dan media lainnya di dalam sebuah akuarium. Kadang sering pula disebut bercocok tanam dalam air. Sebab, aquascape memang membuat Anda seperti membuat kebun di dalam air.

Apa saja kegunaannya? Sebagaimana para pecinta akuarium, pecinta aquascape juga menikmati proses membuat kebun dalam airnya dan ditata hingga seindah mungkin. Ketika tersusun dengan indah, maka aquascape bisa memanjakan mata yang melihatnya, sekaligus menjadi sarana refreshing.

Tentu saja menyusun aquascape bukan hal yang bisa dilakukan sembarangan. Dalam artikel kali ini, Pojok Review akan memberikan jenis-jenis tanaman yang bisa Anda tanam dalam air untuk membuat aquascape yang indah. Apa saja? Ini ulasannya.

Tanaman yang Biasa Digunakan untuk Aquascaping

Ilustrasi Aquascape

Anubias Nana



Tanaman yang berasal dari Afrika Barat ini memiliki daun yang hijau gelap, dan tanamannya pendek tebal. Tanaman ini akan sangat baik tumbuh di dalam air, baik setengah maupun tenggelam sepenuhnya. Juga akan sangat baik ketika tumbuh di atas batu atau kayu. Kelebihan lainnya adalah, tanaman ini juga mudah tumbuh dalam pencahayaan yang gelap maupun terang sekalipun.


Microsorum Pteropus Windelov


Tanaman satu ini kerap disebut Pakis Lidah Kolam, dan berasal dari Asia Tenggara. Karena banyak ditemukan di sungai pulau Jawa, maka tanaman satu ini dikenal pula dengan nama pakis jawa.

Tanaman ini tumbuh di dalam air dengan baik, serta mampu hidup dengan baik meski berada di pencahayaan yang redup maupun kuat. Kelebihan lainnya adalah ikan tidak suka tanaman ini karena rasanya pahit. Jadi, Anda bisa memeliharanya bersama dengan ikan tanpa takut tanaman rusak.

Echinodorus Amazonicus


Seperti namanya tanaman satu ini berasal dari sekitaran Amazon. Itulah kenapa tanaman ini juga sering disebut Pedang Amazon. Sangat baik tumbuh di dalam air dengan pencahayaan yang cukup.

Kelebihan lain adalah tanaman ini sangat awet dan tahan lama. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai tanaman abadi.

Hygrophilla Sunset


Tanaman berikutnya adalah tanaman rumput air asal India, Hygrophilia Polysperma Sunset. Dari jenis hygrophilia polysperma, tanaman ini yang warnanya seperti paduan matahari terbenam, yakni gelap dengan kekuningan terang. Warnanya yang indah, juga sangat baik tumbuh di dalam air menjadikan tanaman satu ini akan sangat baik untuk menghiasi aquascape Anda.

Tanaman ini sangat cepat menumbuhkan tunas baru, karena itu perlu dipangkas dengan teratur agar tetap indah. Tanaman ini memiliki biji yang di negeri asalnya dikenal pula sebagai obat.


Cryptocoryne Wendtii


Tanaman ini dikenal dengan nama terompet air yang ditemukan oleh penghobi akuarium Albert Wendt. Tanaman ini berasal dari Srilanka sebelum akhirnya diperkenalkan ke Amerika dan tersebar ke seluruh dunia.

Cryptocoryne Wendtii sudah lama dikenal sebagai tanaman dalam akuarium karena tumbuh di dalam air. Bahkan, tanaman ini menjadi salah satu tanaman dalam air yang paling populer di dunia.


Moss Peacock Batu


Tanaman berikutnya adalah Moss Peacock Batu yang merupakan jenis lumut yang kerap terlihat di berbagai jenis Aquascape. Baik di tempat asalnya, maupun di akuarium, moss peacock batu memang habitatnya hidup di permukaan air. Tanaman ini bisa di dalam air, dengan perawatan yang baik.

Kelebihannya adalah bisa sangat baik tumbuh meski suhu sangat dingin dan cahaya sangat minim. Itu sebabnya moss peacock batu menjadi sangat populer bagi para pecinta aquascape karena perawatannya yang cukup mudah dan sangat baik dalam meningkatkan kualitas air di dalam aquascape Anda.


Itu rekomendasi tanaman air yang biasa digunakan dalam aquascape. Dalam artikel berikutnya akan ada tips dan trik membuat aquascape, jadi ikuti terus Pojok Review, yah.

No comments:

Powered by Blogger.