Selain Cantik Itu Luka, Ini 4 Buku Eka Kurniawan yang Wajib Dibaca

Eka Kurniawan
Eka Kurniawan (foto: PojokSeni.com)


PojokReview - Bicara tentang penulis novel kontemporer Indonesia, maka nama Eka Kurniawan tentu akan langsung teringat. Alumnus Fakultas Filsafat UGM Yogyakarta ini terpilih sebagai salah satu dari Global Thinkers of 2015 menurut jurnal Foreign Policy.

Novelnya yang paling banyak dibicarakan adalah Cantik Itu Luka, yang merupakan novel debut di tahun 2002. Saat itu, novel yang diterbitkan oleh Penerbit Jendela ini diterbitkan ulang oleh Penerbit Gramedia, lalu diterbitkan lagi dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris untuk disebarluaskan ke beberapa negara.

Berikutnya, karya-karya Eka Kurniawan juga terus memukau pembacanya, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Karena itu, dalam artikel ini, ada setidaknya 4 buku karya Eka Kurniawan yang wajib Anda baca, selain novel debut Cantik itu Luka. 

Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Lelaki Harimau


Buku kedua Eka Kurniawan yang terbit di tahun 2004 berjudul Eka Kurniawan. Bercerita tentang seorang lelaki yang membunuh tetangganya sendiri dengan gigitan di leher. Padahal, anak itu tidak mungkin bisa membunuh, serta korbannya juga tak seharusnya dibunuh. 

Sepanjang buku ini merupakan kisah alur balik yang menceritakan secara detail dan terperinci apa yang terjadi sehingga kasus itu terjadi. Kisahnya menarik, bahkan di tahun 2015 diterjemahkan ke Bahasa Inggris. Tahun 2016, buku yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Inggris dengan judul Man Tiger ini masuk dalam nominasi panjang penghargaan The Man Booker International Prize yang merupakan penghargaan buku sastra satu trip di bawah nobel sastra.

Belum memiliki buku ini? Silahkan Beli di Bukalapak: Beli Buku Eka Kurniawan Lelaki Harimau

2. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas


Novel yang sarat dengan filosofi dengan cerita seorang pemuda yang kelaminnya tidak bisa berdiri. Ia yang kemudian menerima setelah harus bertarung dengan dirinya sendiri, akhirnya menjadi supir truk dan berkelana.

Novel yang terbit di tahun 2014 ini juga banyak menggambarkan "adegan" silat yang menarik dibaca. Kisah yang begitu memukau, ketidaksempurnaan hidup dan cara menerimanya serta hal-hal lain juga menjadi daya tarik utama novel satu ini.

Novel ini juga rencananya akan difilmkan, dan akan rilis tahun depan. Sudah memiliki novel ini? Bila belum, silahkan pesan di sini: Beli Buku Eka Kurniawan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas.

3. Corat-Coret di Toilet


Buku kumpulan cerpen satu ini diterbitkan tahun 2000-an, yang merupakan buku debut Eka Kurniawan. Buku ini bahkan disebut terbit sebelum novel pertamanya yang mencuri perhatian, Cantik itu Luka.

Ada banyak kisah menarik, termasuk "chatting" lewat dinding toilet. Yah, ada banyak yang tidak bisa dipercayai lagi di dunia ini, sehingga banyak yang memilih menulis di dinding toilet untuk diperdengarkannya ke orang lain.

Ingin membaca buku ini? Silahkan pesan bukunya di sini: Beli Buku Eka Kurniawan Corat Coret di Toilet

4. Cinta Tidak Ada Mati


Ini juga merupakan buku kumpulan cerpen yang mengangkat isu serta tema yang menarik di setiap cerpen di dalamnya. Cerita pertama adalah Cinta tidak Ada Mati, yang menceritakan kisah seseorang yang mencintai seorang perempuan. Seperti cinta pada umumnya, namun perempuan itu tak pernah mencintainya seumur hidup.

Sampai wanita itu mati, pemuda yang akhirnya menjadi kakek-kakek ini tak juga mendapatkan cintanya. 

Kisah menarik juga hadir dari berbagai cerita lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dapatkan buku satu ini di sini: Beli Buku Eka Kurniawan Cinta Tidak Ada Mati.

Nah, itu tadi deretan buku-buku Eka Kurniawan yang mesti sudah harus Anda baca, bila Anda penggemar Eka Kurniawan.

No comments:

Powered by Blogger.