Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Blog Secara Gratis untuk Pemula



PojokReview - Backlink atau tautan bagi blogger menjadi suatu hal yang sangat penting. Setelah PR (Page rank) Google telah tiada, sekarang banyak yang mengarahkan perhatiannya ke DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority).

Nah, backlink ini tidak hanya berpengaruh pada mesin pencari, tapi juga pada nilai atau peringkat DA dan PA sebuah blog. Mesin pencari tentunya akan merekomendasikan situs yang banyak memiliki tautan dari luar. Kurang lebih seperti ini, backlink atau tautan dari luar ke blog kita itu dianggap sebagai rekomendasi dari orang lain atau situs lain. Jadinya, kredibilitas situs Anda akan semakin diakui.

Pertanyaannya, bagaimana bagi para pemula dengan blog yang mungkin baru berumur beberapa bulan? Nah, Anda bisa juga mendapatkan backlink untuk blog Anda dengan beberapa cara.

Ada cara berbayar, yakni Anda membeli backlink dari situs/blog dengan DA dan PA yang tinggi. Tentunya backlink berkualitas macam ini mampu meningkatkan peringkat Anda di pencarian dan juga poin untuk DA dan PA.

Ada juga yang gratis, namun tetap berkualitas untuk mendukung SEO Anda. Tapi berhati-hati, karena sejak tahun 2012, Google telah memperbaharui algoritma dan akan "menghukum" situs yang nakal dengan membeli atau menjual tautan, tukaran tautan dan cara lainnya yang dianggap ilegal.

Ada beberapa cara yang akan dibagikan berikut ini tentunya bisa Anda pertimbangkan untuk membangun backlink berkualitas bagi blog Anda secara gratis.

Tips Mendapatkan Backlink Gratis


1. Menjadi Guest Writer di Situs Lain


Cara pertama Anda bisa mencoba menawarkan diri sebagai penulis tamu di situs/blog lain. Artikel yang Anda tulis mesti fresh dan tidak copy paste. Selain itu, artikel yang Anda tulis juga mesti sesuai dengan tema blog yang Anda datangi.

Anda bisa menuliskan sebuah artikel dengan sumber artikel berasal dari blog Anda. Dengan demikian, Anda mendapatkan satu backlink berkualitas dan tentunya "terlihat" natural.

2. Menyebarkan di Media Sosial


Selanjutnya, artikel Anda mesti dibagikan ke media sosial. Bukan hanya mempromosikan artikel Anda agar mendapatkan banyak pembaca, tapi juga mendapatkan backlink dari media sosial. Seperti kita tahu, Facebook dan Twitter adalah media sosial yang punya peringkat yang tinggi.

3. Menulis di Berbagai Media


Selanjutnya, ada berbagai media untuk Anda menulis seperti Medium, Quora, Kompasiana dan sebagainya. Cobalah siapkan artikel, dan tulisan lainnya yang juga fresh dan tidak copy-paste. Selanjutnya, Anda juga menyertakan link ke blog Anda lewat tulisan itu. Cara daftarnya mudah dan tentunya gratis, selanjutnya Anda tinggal mulai menulis dan mendapatkan backlink gratis.

4. Memasang Iklan di Pasang Iklan Gratis


Ada beberapa penyedia pemasangan iklan gratis, tentunya akan sangat cocok bila Anda adalah situs atau blog yang menuliskan tentang review produk atau malah berjualan produk dan jasa. Anda hanya perlu pasang iklan, kemudian pasangkan link ke blog Anda. Hanya saja, sebisanya Anda mesti mempertimbangkan dulu situs tempat pemasangan iklan itu, apakah memiliki peringkat yang baik atau tidak.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink gratis untuk blog Anda. Tentunya, Anda tetap mesti menguras tenaga dan pikiran agar artikel yang Anda buat di blog Anda juga bisa menjadi inspirasi bagi blogger lain dan akhirnya mendapatkan backlink yang lebih natural.

No comments:

Powered by Blogger.