close

Thursday, February 29, 2024

author photo
aturan dasar untuk bermain domino
Permainan domino tulang dalam kotak kayu yang berasal dari abad ke-19. Saat ini tersimpan di Museum Rotterdam.


Pojok Review - Bermain domino adalah permainan yang menggunakan hitungan angka untuk memenangkannya. Di Indonesia, permainan ini disebut gaplek yang menggunakan kartu kecil, membedakannya dari domino yang menggunakan seperti ubin persegi panjang yang kecil.


Domino berarti penguasa, diambil dari kata dominus. Itu berarti, dengan kemampuan dasar matematika dan deret angka, Anda mesti menguasai permainan. Dan tahukah Anda, memang ada banyak cara untuk bermain domino, tapi selalu ada satu aturan dasar (basic rules) untuk memenangkan pertandingan domino. 


Seorang pemikir dan matematikawan asal Tiongkok bernama Qu You (diduga lahir 1341 dan meninggal 1437) menulis buku yang berjudul Manual of the Xuanhe Period yang juga memuat bagaimana cara bermain domino ala Tiongkok (yang mirip seperti kartu remi). Berarti, sejak abad ke-14, sudah ada yang menulis tentang permainan domino. Dugaan paling kuat, domino sudah dikenal di Tiongkok Utara dengan nama Gwat Pai.


Namun, permainan domino yang kita kenal saat ini berasal dari Eropa. Ada banyak jenis pemainan yang disesuaikan dengan masing-masing kebudayaan negara di Eropa, tapi Domino Whist adalah permainan domino yang paling populer. 


Domino whist adalah jenis permainan yang dimainkan oleh empat orang, masing-masing mengambil 7 buah ubin/kartu domino. Permainan ini baru selesai bila seseorang menurunkan semua buah dominonya, atau kedua ujungnya diblokir sehingga permainan harus berhenti. Siapapun yang memiliki poin paling kecil adalah pemenangnya dalam situasi tersebut.


Aturan Dasar bermain Domino


aturan dasar bermain domino


Yah, aturan paling dasar adalah, domino harus diletakkan terbalik di atas meja, kemudian diacak secara merata, lalu masing-masing pemain mengambil 7 buah domino. Total ada 28 kartu domino di atas meja.


Aturan kedua, untuk paling pertama berjalan adalah double (atau sering disebut Balak) kosong. Kartu double kosong diletakkan di tengah sebagai pemulai langkah berikutnya. 


Langkah dilakukan dengan putaran searah jarum jam. Kartu yang bisa dipasang adalah kartu sesuai dengan angka yang ada di atas meja. Karena di atas meja tadi hanya ada angka 0 (kosong), maka kartu yang bisa dipasang adalah 0/1 hingga 0/6. Begitu seterusnya.


Di permainan domino ala Eropa, domino bisa berjalan ke empat arah dari kartu pertama. Namun, dalam permainan gaplek ala Indonesia, hanya bisa dua arah.


Turnamen domino internasional di Puerto Rico


Kita akan fokus ke gaple dua arah sebagaimana yang sering dimainkan dalam domino gaplek. Bahkan aturan domino internasional juga berjalan dalam dua arah.


Poin yang Didapatkan Pemenang


Untuk poin penentu siapa yang keluar sebagai juara, tergantung pemenang bisa memenangkan pertandingan dengan cara bagaimana.



  1. Bisa dengan memblokir kedua ujungnya, dengan buah tersisa mendapatkan angka terkecil maka poinnya dikali satu.
  2. Bisa masuk buah terakhirnya sehingga habis sebelum yang lain, mendapatkan poin yang double (dikali dua).
  3. Bisa masuk buah terakhir yakni kartu ganda (balak) namun ujung yang lain adalah angka yang berbeda, mendapatkan poin dikali tiga.
  4. Bisa masuk buah terakhir menjadikan kedua ujung di angka yang sama, maka poin dikali empat.
  5. Tertinggi, bisa memasukkan buah ganda sebagai kartu terakhir, dengan kedua ujung merupakan kartu yang sama.


Bagaimana memenangkan permainan domino? Apakah ada tips dan trik memenangkan domino untuk permainan empat orang? Anda bisa membaca hal tersebut lebih lengkap di artikel ini: Tips dan trik memenangkan pertandingan domino melawan 4 orang 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post