close

Tuesday, August 03, 2021

author photo


PojokReview.com - Berapa lama Anda membuat dan membangun blog Anda? Apakah pengunjungnya sudah cukup stabil misalnya di angka 500 saja? Terpenting, untuk jumlah pengunjung silahkan cek di Google Analityc, bukan di dasbor blogger untuk melihat jumlah asli dari pengunjung Anda.


Salah satu cara untuk membuat Anda bisa stabil berada di halaman satu Google adalah dengan riset keyword yang tepat untuk blog Anda. Bagaimana cara riset keyword untuk pemula agar mampu tembus halaman satu Google?


Sebenarnya, untuk menembus halaman satu Google atau mesin pencari, tentunya ada banyak hal yang harus dipenuhi. Keyword menjadi salah satu dari sekian banyak faktor yang harus dipenuhi. Namun, keyword alias kata kunci ini menjadi penting karena blog Anda mesti mendapatkan posisi yagn baik di mesin pencari. Dengan berada di halaman satu Google, tentunya lebih banyak pengunjung yang datang ke blog Anda. 


Apa saja hal yang harus dilakukan, atau step-step yang mesti dikerjakan untuk meriset keyword blog Anda? Tidak hanya itu, cara riset keyword yang tepat untuk pemula agar blognya mampu menembus halaman satu Google, apakah ada cara khusus atau cara tertentu?


Analisis niche atau tema blog Anda


Ini langkah pertama yang harus Anda lakukan. Pelajari betul apa sebenarnya niche atau tema blog Anda. Perlu dicatat, bahwa blog yang gado-gado, alias blog yang mengulas banyak tema (seperti PojokReview.com contohnya) akan mendapatkan lebih sedikit peluang untuk menguasai keyword ketimbang blog yang punya niche khusus (seperti pojokseni.com misalnya). 


Jadi, bila blog Anda membahas satu niche, maka Anda bisa memilih dan menggali banyak ide dari niche tersebut. Misalnya, kita anggap saja niche blog Anda adalah tentang bayi, maka artikel dengan keyword ini: 

  • bedak bayi, 
  • popok, 
  • baju bayi, 
  • jaket bayi, 
  • cara menggendong, 
  • ASI, 
  • memilih susu, 
  • musik untuk bayi tidur, 
  • gantungan kamar, 


Dan lain sebagainya bisa masuk dalam list Anda bukan?



Dari sebanyak itu ide, misalnya kita anggap saja salah satu ide di atas adalah baju bayi. Dari baju bayi, Anda bisa menulis artikel tentang: 


  • baju bayi yang murah, 
  • baju bayi termahal, 
  • baju bayi bahan katun, 
  • baju bayi lembut dan tebal, 
  • baju bayi laki-laki, 
  • baju bayi perempuan, dan sebagainya.
  • dan sebagainya


Terbayang Anda sebenarnya Anda bisa mendapatkan ribuan ide, yang akhirnya menjadi ribuan artikel untuk blog Anda, bila Anda ingin menggali tema Anda lebih banyak, bukan?


Berpikir dengan perspektif pengunjung


Ketika membuat blog, sadarilah bahwa blog Anda akan tergantung pada trafik alias pengunjung. Maka, untuk mendapatkan pengunjung, Anda mesti mempertimbangkan perspektif pengunjung Anda dalam mencari keyword, tema, dan sebagainya. Misalnya, apa sebenarnya yang paling dicari, atau masalah yang paling sering ditemukan oleh "calon" pemirsa Anda?


Apakah Anda mampu membuat artikel yang menjadi solusi dari masalah tersebut? Apakah solusi yang Anda berikan benar-benar ampuh? Apakah bila seseorang membaca artikel Anda, ia akan kembali lagi ke blog Anda suatu hari nanti? 


Terpenting, apakah artikel yang Anda tulis itu bermanfaat untuk orang lain?


Misalnya, terkait bayi, tapi Anda menulis satu artikel berjudul cara melatih bayi srigala mencari makanan. Tentunya, artikel itu mungkin tidak begitu bermanfaat bagi orang lain, jadinya hanya akan terlewat saja tanpa ada orang yang mencari keyword tersebut di Google.


Bisa dibayangkan, kalaupun ada orang yang mengetik kata kunci "melatih bayi srigala makan", maka siapakah orang itu? Dan berapa orang jumlahnya?


Daftar kata kunci unggulan


Dari sebanyak itu kata kunci yang bisa Anda analisis dari niche blog Anda, tentunya mungkin tidak semuanya adalah kata kunci yang Anda kuasai, bukan? Tidak hanya itu, bisa jadi kata kunci yang Anda kejar tersebut ternyata terlalu banyak saingannya. Atau, kata kunci yang lainnya terlalu sedikit orang yang mencari.


Karena itu, Anda perlu kata kunci unggulan. Kata kunci unggulan tersebut menjadi salah satu kata kunci yang paling banyak mengirimkan pengunjung ke blog Anda, juga sekaligus menjadi kata kunci utama yang menjadi kekuatan blog Anda.


Kata kunci unggulan ini sering disebut seed keyword. Dari seed keyword ini, riset keyword berikutnya bisa dilakukan. Misalnya, kata kunci unggulan Anda adalah "menyelimuti bayi", maka Anda bisa mendapatkan kata kunci lain yang berkaitan dengan seed keyword tersebut, seperti "menyelimuti bayi dengan kain", "menyelimuti bayi ketika hari cukup panas", "menyelimuti bayi ketika hari sangat dingin" dan sebagainya. Kata kunci yang lain itu juga akan sangat berguna untuk memperkuat kata kunci unggulan Anda.


Gunakan Keyword Tools


Meski demikian, Anda perlu juga menggunakan keyword tools. Sebab, dengan keyword tools, pertama Anda setidaknya mengetahui kata kunci apa saja yang selama ini berhasil mendatangkan trafik ke situs Anda. Selanjutnya, Anda juga akan melakukan pengecekan, seberapa kuat atau sulit kata kunci tersebut bisa dikuasai, berapa banyak saingan, berapa banyak jumlah yang mencari dan jumlah klik, dan berapa pula harga CPC (cost per click) dari keyword tersebut.


Beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan antara lain Ubersuggest, Ahrefs, dan sebagainya. Dari situ juga Anda bisa mempelajari kompetitor Anda dan bagaimana cara mereka bisa memenangkan persaingan kata kunci tersebut.


Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk memperkuat blog Anda dengan kata kunci terbaik dan paling berkemungkinan mengantar blog Anda ke pembacanya.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post