close

Sunday, October 31, 2021

author photo
Ernando Ari Sutaryadi
Ernando Ari Sutaryadi setelah berhasil menepis pinalti pemain Thailand di final AFF U-19 tahun 2018

pojokreview.com - Meski Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan dua kali melawan Timnas Australia U-23 dengan skor 2-3 dan 1-0 (agregat 4-2), namun ada secercah harapan datang dari sosok yang berada di bawah tiang gawang Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi. Kalau saja bukan Ernando Ari Sutardyadi yang berada di bawah mistar gawang, mungkin ceritanya akan lain.


Melawan Australia, Ernando Ari Sutaryadi harus memungut bola 3 kali dari gawang. Tapi, ia tercatat melakukan 5 penyelamatan penting. Timnas Australia tercatat melepaskan 8 kali tembakan mengarah ke gawang, dari 14 kali percobaan ke gawang Indonesia. Lima di antaranya berhasil ditepis oleh Ernando Ari Sutaryadi. 


Salah satunya adalah tendangan pinalti yang didapatkan Australia di menit-menit awal pertandingan leg ke-2. Menepis tendangan pinalti membuat jebolan timnas Indonesia U-16 ini semakin harum namanya.


Ernando adalah pemain bola kelahiran Semarang, Jawa Tengah tanggal 2 Februari 2002. Di usianya yang baru menginjak 19 tahun, ia sudah bermain dengan Timnas Indonesia U-17 sebanyak 13 kali dan Timnas U-19 sebanyak 6 kali. Ernando juga sudah menandatangani karir profesional dengan klub kebanggaan Surabaya, Persebaya Surabaya.


Meski tingginya tidak begitu menjulang, yakni hanya sekitar 1,77 meter, namun kecepatan dan ketenangannya perlu diacungi jempol. Ia bahkan disebut sebagai man of the match dalam pertandingan melawan Australia lalu.


Ernando Ari Sutaryadi
Ernando Ari Sutaryadi resmi dikontrak Persebaya


Tentunya, publik pecinta bola Indonesia masih mengingat jelas momentum Timnas Indonesia menjadi jawara AFF U-18 tahun 2018, bukan? Di partai final Indonesia bertemu dengan Thailand yang berakhir dengan adu pinalti.


Saat itu, dua tendangan pinalti Thailand berhasil digagalkan oleh Ernando Ari Sutaryadi yang masih berusia 16 tahun. Keberhasilan menepis tendangan pinalti tersebut membuat Indonesia keluar sebagai juara AFF U-18. Saat itu, nama Ernando Ari Sutaryadi mencuat ke permukaan. Sehingga menarik minat tim besar di Indonesia, seperti Persebaya yang berhasil mendapatkan tandatangannya.


Tentunya, sangat menarik menanti apa lagi yang akan dicapai oleh Ernando Ari Sutaryadi ke depannya. Di timnas U-23, Ernando Ari Sutaryadi bekerjasama dengan Asnawi yang bermain di Liga Korea Selatan. Apakah nantinya Ernando Ari Sutaryadi juga akan mengembangkan sayapnya dengan bermain di liga luar negeri? 


Kita tunggu saja.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post