close

Monday, August 28, 2023

author photo
cara memasang lantai parket kayu

Pojok Review - Lantai kayu memang memberikan kesan artistik dan mewah, bila didesain dengan tepat. Karena itu, lantai parket menjadi pilihan paling tepat untuk memberikan kenyamanan sekaligus kemewahan di rumah Anda.


Apalagi, parket ini menjadikan lantai benar-benar berasa bersih, serta mengurangi senyawa organik berbahaya yang timbul karena tekanan uap di ruangan. Berarti, tidak hanya indah dipandang, tapi lantai parket juga membuat Anda dan orang-orang tersayang di dalam rumah menjadi lebih sehat.


Lantai parket ada yang terbuat dari bahan kayu sintetis atau laminate, dan kayu solid. Untuk parket yang dibuat dari bahan kayu solid, biasanya menggunakan kayu-kayu berkualitas tinggi seperti meranti, jati, dan sebagainya. Karena itulah, harga parket ini relatif lebih mahal ketimbang bahan lainnya.


Selain itu, ada parket yang terbuat dari bahan kayu laminated alias kayu sintetis.  Perbedaannya adalah, bagian bawahnya terbuat dari bahan laminated, sedangkan bagian atasnya terbuat dari lapisan kayu atau veneer. 


Sekilas tampak tidak ada bedanya antara kayu laminated dengan kayu solid. Namun, perbedaan utamanya bukan hanya di masalah harga. Ini beberapa perbedaan antara parket kayu solid dengan parket laminated.


Perbedaan Parket Kayu Solid dan Laminated


  1. Perbedaan paling utama antara parket kayu solid dan laminated adalah di ketahanannya. Parket kayu solid akan jauh lebih awet ketimbang kayu sintetis atau laminated. 
  2. Parket kayu solid jauh lebih kuat dari serangan rayap, ketimbang parket kayu laminated.
  3. Parket kayu solid lebih tahan dengan kelembapan, sedangkan kayu laminated bagian bawahnya cukup rentan dengan kelembapan.
  4. Parket kayu laminated cukup simpel digunakan, apalagi yang menggunakan sistem one-click langsung tersambung. Untuk urusan pemasangan, parket kayu laminated lebih mudah dipasang, ketimbang parket kayu solid.
  5. Bobot parket kayu laminated lebih ringan dari parket kayu solid. Ini juga mendukung pemasangan parket kayu laminated menjadi relatif lebih gampang.
  6. Kayu solid harganya lebih mahal ketimbang parket kayu laminated.


Meski demikian, keduanya tetap bisa tahan lama bila dipasang dengan tepat. Bagaimana memasang parket kayu dengan pas di lantai?


Ini tips memasang parket kayu pada lantai. Cara yang diberikan Pojok Review di bawah ini berlaku untuk semua jenis parket kayu.


Cara Memasang Parket Kayu pada Lantai


STEP I: Membersihkan Lantai


Pertama kali yang harus dilakukan adalah memastikan lantai benar-benar bersih. Lantai perlu disapu dan dipel agar benar-benar bersih dan aman dari kuman. Pastikan lantai benar-benar dalam posisi kering sebelum proses pemasangan dilakukan.


cara memasang lantai parket
Step 1 memasang lantai parket; membersihkan lantai semaksimal mungkin

STEP II: Memasang Lapisan Foam

Langkah kedua adalah memasang lapisan foam di atas lantai tersebut. Pastikan semua lantai Anda tertutup dengan foam underlayer ini.


cara memasang lantai parket
Langkah 2 memasang lantai parket: memasang underlayer foam di atas lantai

Pastikan underlayer foam yang Anda pasang benar-benar ditujukan untuk lantai parket. Salah satu yang direkomendasikan Pojok Review adalah Underlayer PE Foam Lantai Kayu Parkit SPC 2mm (Harga Promo).



PE Foam setebal 2 mm ini memiliki lebar 1,1 meter dan dijual seharga Rp 12.000 per meter. Pembelian bisa Anda lakukan di Shopee.



STEP III: Memasang Parket Kayu

 

Setelah foam dipasang di atas lantai, sekarang giliran pemasangan lantai parket kayu. Untuk pemasangan ini, Anda memerlukan palu, untuk mengaitkan antara potongan parket yang satu dengan lainnya. 


Perlu dicatat bahwa saat memasang lantai parket kayu, beri jarak sekitar 8 - 10 mm dengan dinding. Jarak ini dibutuhkan untuk ruang bila kayu di lantai parket ini memuai.


cara memasang lantai parket
Langkah 3 memasang lantai parket: menyambungkan satu per satu bilah papan. Satukan dengan palu.

Bila Anda ingin parket kayu laminated, produk yang direkomendasikan Pojok Review adalah Lantai Kayu Parket/Parquet/Parkit/Laminate Flooring Murah (Harga Pabrik) yang bisa Anda beli di Shopee seharga Rp354.269 per box (isi 10 keping).


Rekomendasi lantai parket

Produk ini memiliki panjang sekitar 122 cm, lebar 19,8 cm, dan ketebalan 8 mm. Dengan kata lain, satu box-nya bisa menutupi lantai seluas 2,41 meter2. Anda bisa membelinya lewat link di bawah ini.



Bila Anda ingin lantai kayu parket berbahan kayu solid, produk yang direkomendasikan adalah Lantai Kayu Solid Parket-Parquet Merbau. Produk ini memiliki panjang 30 cm, dengan lebar 9 cm dan ketebalan 1,5 cm. Untuk 1 meter persegi, dibutuhkan sekitar 3 keping dengan harga Rp100.000 per kepingnya.


rekomendasi lantai parket kayu solid
Rekomendasi lantai parket kayu solid

Produk lantai parket kayu solid di atas bisa Anda dapatkan di Shopee. Atau, Anda bisa klik link pembelian di bawah ini.


Setelah membeli lantai parket yang tepat untuk Anda, sekarang pasangkan lantai parket tersebut ke atas lantai yang sudah dipasang underlayer foam.


STEP IV: Memasang Skirting


Seperti yang disebutkan di step sebelumnya, ketika memasang lantai parket, Anda mesti memberi jarak 8-10 mm untuk jarak memuai lantai parket tersebut. Berikan pembatas seperti potongan kayu kecil agar lantai parket tersebut tidak langsung menempel ke dinding. 


Tentunya, ada jarak tadi membuat lantai Anda terlihat jenjang, bukan? Celah tersebut bisa Anda tutup dengan menggunakan skirting atau plint. 


cara memasang lantai parket
Step 4 memasang lantai parket: memasang skirting.

Selain menutup celah tadi, skirting atau plint ini juga menjadikan tampilan lantai menjadi lebih indah. Salah satu produk skirting yang direkomendasikan adalah Plint PVC Board Padat / Plin List Lantai / Skirting


Produk ini memiliki tinggi sekitar 10 cm, dengan tebal 1 cm, dan panjangnya 2,4 meter. Bobotnya ringan, tapi tidak mudah lapuk, serta memiliki ketahanan yang kuat terhadap cuaca dan kelembaban. 


Hal ini dikarenakan produk ini sangat solid atau padat. Sehingga tidak berongga, yang menjadikannya lebih kuat terhadap benturan, juga lebih kuat terhadap goresan.


Produk ini dijual seharga Rp90 ribu per batang, dan bisa Anda beli di bawah ini.



STEP V: Membersihkan Lantai Parket


Step terakhir adalah membersihkan dan mengilapkan lantai parket yang sudah terpasang. Anda bisa mengepelnya dengan pengepel lantai biasa. Namun, untuk pertama kali agar kayunya lebih mengilap, Anda bisa menggunakan pembersih khusus untuk lantai parket.


cara memasang lantai parket
Step V: Mengkilapkan kayu dengan pembersih khusus lantai parket 

Salah satu produk yang direkomendasikan untuk menjadikan lantai kayu parket Anda jadi mengkilap adalah NUVA - Parquet Floor Cleaner Pembersih Lantai Parket




Produk satu ini dijual seharga Rp57.700 per botol kemasan 500 ml. Untuk sekali pembersihan menggunakan 1 liter air, Anda hanya membutuhkan dua tutup botol saja.


Gunakan lap yang lembut untuk membersihkan lantai kayu parket. Produk ini memiliki formula anti bakterial, serta aroma yang harum untuk lantai Anda. Ditambah lagi, produk ini bisa menjadikan kilap alami dari tekstur kayu di lantai Anda bisa kembali. Fungsi lainnya adalah menjadikan lantai kayu jadi lebih awet.


Produk ini bisa Anda beli di Shopee atau klik link di bawah ini.



Setelah step-step tersebut Anda lewati, maka lantai baru Anda sudah bisa dipergunakan. Tentunya, dengan kesan yang lebih mewah, alami, serta artistik menjadikan desain interior Anda menjadi lebih memukau. 

Tertarik untuk mendesain ulang lantai Anda dengan lantai parket? Yuk dicoba. Apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. 

Jangan lupa bagikan di kolom komentar bagaimana bentuk lantai Anda setelah diganti dengan lantai parket, yah. 


This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post