Cegah Corona Dari Rumah, Ini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri
Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri
PojokReview - Ketika Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa virus Corona (COVID-19) dari Wuhan, China sebagai pandemik, maka masker dan hand sanitizer mendadak langka di pasaran.

Hal ini disebabkan oleh panic buying, alias pembelian mendadak besar-besaran yang dilakukan banyak orang, sebagai dampak menyebarnya penyakit berbahaya tersebut. Apalagi, saat ini kasus Corona di Indonesia sudah mencapai ratusan kasus dan beberapa di antaranya meninggal dunia.

Tapi, jangan takut bila hand sanitizer mendadak habis atau harganya sangat mahal. Anda bisa membuat sendiri hand sanitizer di rumah, untuk mencegah penyebaran Corona dari rumah Anda.

Berikut beberapa cara membuat hand sanitizer sendiri. Beberapa cara membuat hand sanitizer sendiri ini dipilih yang paling aman, mudah, praktis serta alami.

1. Cara membuat hand sanitizer dengan bahan cuka putih


Cuka putih yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan untuk melezatkan makanan, ternyata bisa menjadi hal yang ampuh untuk membunuh kuman.

Penyebabnya, cuka putih memiliki konsentrasi asam yang cukup tinggi, sehingga bisa membunuh kuman, bakteri dan jamur. Maka dari itu, kita bisa memanfaatkan cuka putih sebagai bahan utama untuk membuat hand sanitizer sendiri.

Cara membuat hand sanitizer sendiri berbahan cuka putih, pertama siapkan dulu botol spray yang sudah dibersihkan dan steril. Kemudian, masukkan cuka putih dan air secukupnya sebagai pelarut. Lalu, semprotkan di beberapa tempat yang sering Anda sentuh di rumah Anda. Agar kualitasnya tetap terjaga, Anda bisa menyimpannya di lemari es.

2. Minyak Lavender


Bahan kedua yang bisa menjadi bahan alami membuat hand sanitizer sendiri di rumah adalah lavender. Anda perlu minyak esensial lavender untuk membuat hand sanitizer satu ini.

Caranya juga sama seperti sebelumnya, Anda hanya perlu mencampurkan dengan sedikit air sebagai pelarut dan masukkan ke dalam botol spray. Kelebihannya adalah, wanginya yang harum dan seperti menggunakan parfum.

3. Minyak Pohon Teh


Bahan berikutnya yang bisa Anda temukan adalah minyak pohon teh. Minyak pohon teh mengandung antibakteri yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari berbagai gangguan bakteri, kuman dan virus.

Cara membuat hand sanitizer berbahan minyak pohon teh juga sama seperti yang sebelumnya.

4. Minyak Jeruk/lemon


Minyak jeruk didapatkan dari kulit jeruk yang sangat baik untuk mencegah pertumbuhan virus. Tidak hanya itu, sifat antioksidannya juga melindungi Anda dari berbagai penyakit.

Cara membuat hand sanitizer berbahan minyak jeruk juga bisa diaplikasikan sama dengan cara di atas untuk cara yang lebih sederhana.

Cara Membuat Hand Sanitizer Berbahan Minyak Alami


Beberapa bahan yang disebutkan di atas adalah bahan-bahan berbentuk minyak esensial. Agar lebih paten dan bisa lebih efektif digunakan, Anda bisa mencampurkannya dengan gel lidah buaya dan isopropyl alkohol (IPA). 

Cara membuat hand sanitizer berbahan minyak esensial ini dimulai dengan mendapatkan gel lidah buaya dan IPA di apotek. Siapkan 3 sendok makan gel lidah buaya, lalu 1 sendok IPA masukkan dalam wadah kaca.

Ingat, sebisanya wadah tersebut berbahan kaca, jangan plastik. Sebab, bahan-bahan di atas bisa merusak plastik.

Setelah itu, gunakan salah satu minyak esensial yang Anda dapatkan (bisa minyak jeruk/lemon, lavender atau pohon teh). Gunakan hanya sekitar 8 tetes saja.

Setelah itu, aduk rata dan pastikan merata. Masukkan seluruh larutan yang telah tercampur tersebut dalam botol spray kecil. Khusus untuk botol spray, Anda bisa menggunakan bahan plastik yang kuat, tapi bersih dan steril.

Nah, sekarang handsanitizer buatan sendiri sudah bisa digunakan.

Sumber: Merdeka

No comments:

Powered by Blogger.