Apa Saja Penghasilan yang Bisa Didapatkan Blogger Lewat Blognya?



PojokReview - Meski saat ini vlogger dan Youtuber sedang trend dan banyak peminatnya, namun Blogger tetap menjadi ladang mencari uang bagi banyak orang. Blogger mencurahkan semua pemikirannya, pendapatnya, pandangannya dan sebagainya lewat tulisan. Dengan teknik tertentu (sering disebut teknik SEO), tulisannya mendapatkan posisi yang tinggi di pencarian laman Google dengan kata kunci tertentu.

Hasilnya, ada banyak kunjungan ke blognya, yang menjadikan blognya populer, dipercayai dan memiliki pengunjung tetap. Namun, bagaimana mendapatkan penghasilan dari blog?

Dalam artikel ini, akan dibahas 5 sumber utama penghasilan dari kebanyak blogger baik di dunia, maupun di Indonesia. Berikut di antaranya:

1. Iklan Pay-per-click (Google Adsense)


Ini yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh blogger seluruh dunia. Google Adsense menawarkan sejumlah iklan dan Anda akan mendapatkan penghasilan bila ada yang mengklik iklan Anda. Untuk blog berbahasa Indonesia, bayarannya cukup kecil ketimbang blog berbahasa Inggris. Dengan kunjungan minimal 1000 per hari, menurut beberapa survey kecil-kecilan PojokReview, rata-rata penghasilan blogger adalah Rp7 ribuan per hari. Jadi, untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar, kunjungan ke blog mesti besar juga. Beberapa blog Bahasa Indonesia yang memiliki kunjungan hingga 100.000 pageview per hari, punya penghasilan sekitar Rp700.000-an per hari.

2. Content Placement/Paid Article


Content Placement atau artikel berbayar terdiri dari dua jenis, ada artikel yang dituliskan oleh klien dan blogger tinggal mempublishnya di blog. Ada juga yang ditulis sendiri oleh blogger. Klien mengharapkan ada backlink dari blog Anda, menuju situs/website milik klien. Biasanya, bayarannya tergantung dari Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) blog Anda. Silahkan cek sendiri berapa DA/PA blog Anda di sejumlah DA/PA checker. (Silahkan cari di google)

Bayarannya, untuk DA/PA di bawah 10, biasanya berkisar Rp50.000 untuk content placement yang ditulis klien, dan Rp75.000 untuk content placement yang ditulis blogger. DA/PA di atas 10, di bawah 20, biasanya berkisar Rp100.000 - 150.000 untuk artikel ditulis klien, dan Rp150.000 - 250.000 untuk artikel ditulis blogger. DA/PA di atas 20, biayanya akan lebih besar lagi. Bahkan, untuk DA/PA di atas 50-an akan mendapatkan bayaran jutaan rupiah per artikel.

Bila Anda ingin mendapatkan job content placement, Anda bisa mendaftarkan blog Anda di sejumlah situs yang mempertemukan blogger dengan klien seperti Sosiago.com, Vira.id, atau bisa juga bergabung di sejumlah grup di sosial media bernama Job untuk Blogger.

3. Iklan Mandiri


Ini akan digunakan oleh blogger yang punya kunjungan yang banyak ke blognya. Blog dengan kunjungan minimal 1.000 per hari (pengunjung unik) biasanya akan menerapkan harga hingga Rp 1 juta per slot iklannya.

Semakin banyak kunjungan ke blognya (dibuktikan dengan Google Analytic) maka akan semakin besar pula biaya pemasangan iklan di blognya tersebut. Untuk blog yang pengunjungnya cukup kecil, atau di hanya sekitar 1.000 pv/ hari, maka harganya juga relatif murah.

4. Afliasi


Intinya, ketika Anda menulis, Anda akan mengarahkan pengunjung Anda ke situs online shop. Apabila ada pembelian, maka Anda akan mendapatkan komisi dari pembelian tersebut. Misalnya, blog Anda membahas alat elektronik, lalu membahas salah satu televisi yang dijual oleh online shop. Bila terjadi pembelian lewat link yang didapat di blog Anda, Anda akan mendapatkan komisi 5-7% dari total harga produk. Bila TV itu harganya Rp1 juta, maka komisi yang akan Anda dapatkan adalah Rp50 ribu.

Beberapa marketplace yang menyediakan jasa afliasi, antara lain Bhineka, Bukalapak, JD.id dan sebagainya.

5. Review Produk


Ini juga sering dilakukan oleh blogger tertentu. Tapi, biasanya bayarannya bukan berupa uang, melainkan produk tersebut. Ada juga yang akan memberikan bayaran sekaligus produk tertentu. Jadinya, Anda akan membahas dan mereview secara detail produk tertentu. Ada bisa mendapatkan kerjasama semacam ini bila bergabung dengan grup-grup di sejumlah sosial media yang berjudul Job untuk Blogger.

Nah, itu tadi sejumlah penghasilan yang didapat oleh blogger dari blognya, di luar jualan produk tentunya. Jadi, ada banyak blogger sukses yang penghasilannya bisa ratusan juta per bulan dengan kelima cara tersebut. Terpenting adalah kunjungan. Tingkatkan dulu kunjungan ke blog Anda, baru nantinya Anda akan mendapatkan hasil dari jerih payah Anda tersebut. 

No comments:

Powered by Blogger.