Jangan Takut Memasang Tabung Gas, Ini Tips Cara Memasang Regulator Gas yang Aman

Memasang regulator gas yang tepat

PojokReview - Ibu-ibu sangat suka memasak, tapi sayangnya tidak banyak yang berani memasang regulator gas pada tabung gasnya sendiri. Jadi, ketika habis gas dan suami tidak ada di rumah, dan juga tidak ada orang lain, maka tak jarang ibu-ibu tidak melanjutkan memasaknya.

Anda hanya perlu hati-hati dan teliti, tapi tidak perlu takut. Berikut ini, ada beberapa tips dari PojokReview bila Anda ingin memasang gas sendiri.

Tips Memasang Regulator Gas yang Tepat


1. Pastikan Kompor Dalam Keadaan Mati


Kadang ketika memasak, api sedang menyala, lalu tiba-tiba mengecil hingga mati karena habis gas. Nah, pastikan matikan dulu kompornya, jangan sampai Anda memasang gas ketika kompor masih dalam posisi menyala.

2. Cek Keadaan Tabung Gas


Setelah membeli tabung gas, pastikan dulu keadaan tabung gas tersebut. Pastikan jangan sampai Anda membeli tabung gas yang bocor. Cara pengecekan mudah, buat busa dari air sabun lalu letakkan di atas atau di mulut tabung gas.

Nah, kalau gelembungnya bertambah atau ada yang tertiup, atau ada reaksi seperti dorongan udara dari dalam tabung gas, maka tabung gas tersebut sudah bocor. Segera tukarkan dengan yang baru.

3. Cek Rubber Seal


Di dalam mulut tabung gas, akan disediakan langsung benda bulat kecil seperti cincin berbahan karet dan berwarna merah. Nah, benda itu disebut dengan rubber seal.

Benda ini memastikan regulator gas yang terpasang bisa lebih ketat sehingga terhindar dari kebocoran. Pastikan rubber seal tersebut tetap elastis, tidak retak dan masih dalam kondisi terbaik.

4. Pastikan Jendela dan Pintu Terbuka


Saat ingin memasang regulator gas, pastikan jendela dekat dapur terbuka. Hal ini ditujukan agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar, dan apabila ada kebocoran gas, maka gas tersebut akan segera terdorong ke luar.\

Saat pertama memasang gas, akan ada sedikit bau gas, hal itu wajar saja. Namun, bila bau gas bertahan lama, maka coba benarkan lagi posisi regulator gasnya.

5. Pastikan Regulator Gas Anda dalam Kondisi Terbaik


Regulator gas adalah bagian terpenting, jangan sampai regulator Anda sudah soak, rusak dan sebagainya. Regulator gas terbaik adalah yang dilengkapi dengan pengukur. Jadinya, bila gas terpasang dengan tepat, jarumnya akan bergerak menunjuk "full".

6. Coba Nyalakan Kompor


Setelah semuanya dilakukan dengan benar, dan Anda sudah memastikan tidak ada bau gas tercium, coba nyalakan kompor Anda. Tapi, agar lebih yakin, dekatkan telinga ke regulator, pastikan tidak terdengar bunyi berdesis dari sana.

Apabila ketika menyalakan api masih belum menyala, coba matikan dan nyalakan lagi. Masih belum menyala juga, berarti coba goyangkan sedikit tabung gas Anda, lalu pastikan tidak ada bunyi berdesis atau bau gas tercium dan nyalakan lagi.

Apabila masih belum menyala, coba lepaskan lagi regulator dan pasang lagi dengan benar. Pastikan jarum di petunjuk meternya mengarah ke "full".

No comments:

Powered by Blogger.