Ini Manfaat Anak Belajar Menggunting, Beserta Rekomendasi Gunting Anak yang Aman

Manfaat Menggunting bagi Anak
PojokReview - Ada banyak kegiatan yang mengharuskan orang tua menggunakan gunting. Entah itu untuk membuat karya, menggunting kertas, atau keperluan sehari-hari.

Saat itu, anak Anda melihat dan mulai tertarik untuk melakukan hal yang sama, yakni menggunting. Hanya saja, anak tentunya tidak mungkin menggunakan gunting biasa, apalagi bila anak masih berusia di bawah 10 tahun. Bisa-bisa, tangan dan tubuhnya terluka, atau bahkan bisa lebih buruk lagi.

Oleh karena itu, orang tua menjauhkan gunting dari anak-anaknya. Tidak jarang, seorang anak yang memiliki imajinasi dan daya kreativitas yang tinggi memilih untuk mencari sendiri gunting yang disembunyikan tersebut.

Manfaat Menggunting bagi Tumbuh Kembang Anak


Manfaat menggunting bagi anak

Ketika sedang menggunting, maka ada dua jari yang digunakan, mata untuk melihat lebih jeli, serta konsentrasi yang penuh agar bisa menggunting dengan tepat. Maka tanpa disadari hal itu melatih motorik sekaligus kepekaan indra, juga konsentrasi sekaligus. Kemudian, imajinasi dan kreativitas anak juga dilatih dengan membuat sesuatu dengan gunting dan kertas.

Tentunya, hal ini merupakan latihan yang sangat murah meriah bagi anak. Apalagi, bila anak sudah masuk usia sekolah dasar. Maka, ada banyak pelajaran, seperti kriya dan kerajinan tangan, yang membuat anak Anda perlu menggunakan gunting.

Tapi, gunting biasa tidak bisa digunakan untuk anak. Hal itu terlalu berbahaya, karena bisa membuat anak terluka. Anak Anda bisa melukai tangannya sendiri bila menggunakan gunting biasa. Tidak hanya itu, ukurannya juga lebih besar jadi anak tidak bisa menggenggamnya dengan baik, karena hanya menggunakan jari.

Hasilnya, gunting bisa terjatuh dan menimpa kakinya. Oleh karena itu, untuk anak, gunakan gunting khusus anak.

Cara Memilih Gunting Anak, Beserta Rekomendasi Gunting Anak yang Aman dan Harganya Terjangkau


Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum memilih gunting untuk anak. Pertama, dari keamanannya. Bahannya mesti benar-benar aman, dan tidak membuat anak terluka. Ukurannya juga kecil dan mudah digenggam untuk ukuran tangan anak.

Kedua, dari kenyamanannya. Desain gunting anak tersebut mesti ergonomis, serta dilengkapi bantalan karet atau bahan lainnya di bagian pegangan yang menjadikan anak bisa lebih nyaman berkreasi.

Ketiga, dari kegunaannya. Gunting tersebut, meski aman dan nyaman, tentunya mesti bisa menggunting, bukan? Gunting anak biasanya hanya bisa digunakan untuk menggunting kertas. Tidak bisa untuk menggunting kain, rambut dan sebagainya. Ada banyak gunting mainan yang ditemukan di pasaran, tentunya tidak bisa digunakan untuk menggunting apapun. Tentunya, gunting tersebut tidak bisa melatih kemampuan anak seperti yang dijabarkan di atas.

Berikut ini rekomendasi gunting anak yang aman, nyaman dan terjangkau harganya.

Faber Castell Kids Ergonomic Scissors


Produk yang pertama direkomendasikan adalah gunting anak dari Faber Castell. Brand ini tentunya sudah ternama sebagai produsen barang-barang keperluan belajar anak. Gunting yang satu ini dibuat dari bahan plastik keseluruhan, sehingga sangat aman untuk anak.

Berbeda dengan gunting biasa, gunting ini memiliki pegas untuk menjadikan gunting kembali ke tempat semula pegangannya setelah digunakan. Tentunya, hal itu sangat memudahkan anak belajar menggunting.


Deli Gunting Neon Zigzag 2 Warna


Gunting anak yang satu ini merupakan produksi dari brand Deli asal China yang populer dengan produk khusus anak. Bagian bilahnya terbuat dari stainless steel, namun tertutup plastik yang menjadikannya aman.

Bagian pegangannya didesain elegan, tapi ergonomis dan nyaman untuk anak. Gunting anak ini juga menjadi semakin aman karena bagian ujungnya didesain tumpul dan tidak bisa melukai.


Gunting Anak Fancy Penha 1765


Produk berikut ini merupakan gunting anak yang dibuat oleh Penha. Ukurannya hanya 13,5 x 7,5 x 1 cm sehingga sangat pas untuk anak Anda. Bagian mata gunting juga ditutup plastik yang menjadikan gunting ini sangat aman.

Tidak hanya itu, ada karakter Fancy yang lucu dan disukai anak-anak. Warnanya juga cerah, didesain khusus agar anak-anak menyukai gunting pertamanya tersebut.


Maped Gunting Kidikut 12 cm


Produk satu ini merupakan gunting khusus untuk balita, berusia di atas 3 tahun. Bahannya adalah plastik, sedangkan bilah pemotongnya terbuat dari bahan fiberglass.

Bahan tersebut bisa menggunting kertas, tapi tidak bisa melukai kulit, bahkan sekedar memotong rambut. Gunting ini juga tidak bisa menghantarkan listrik dan tersedia dalam banyak warna yang lucu dan disukai anak.

No comments:

Powered by Blogger.