Musim Hujan Sering Datang Bersama Flu, Ini Cara Alami yang Tepat Menyembuhkannya

Daftar Isi [Tutup]
    Cara alami mengobati flu
    Cara alami mengobati flu

    PojokReview - Musim hujan dan dingin tentunya sangat berpotensi membuat Anda terserang flu. Banyak yang mengira bahwa hujan dan dingin itu penyebab utamanya. Faktanya bukan seperti itu, melainkan karena virus influenza justru menjadi lebih banyak dan lebih kuat di cuaca lembab dan dingin.

    Oleh karena itu, Anda perlu menjaga stamina dan daya tahan tubuh secara lebih di musim penghujan ini. Apalagi, sekarang sedang menyebar dengan masif virus Corona (COVID-19) di seluruh dunia. Dalam keadaan flu, karena virus influenza, maka kemungkinan Anda tertular virus Covid-19 juga akan semakin besar, apabila terpapar secara langsung dengan penderitanya.

    Ingin mencegah, atau mungkin mengobati flu dengan cara yang alami? Tentu saja sangat baik karena cara alami berarti menghindari efek samping dari obat-obatan kimia. Berikut beberapa cara alami mengobati influenza.

    Istirahat yang Cukup


    Istirahat yang cukup
    Istirahat yang cukup
    Influenza akan menyerang orang-orang dengan daya tahan tubuh rendah, juga orang yang kurang istirahat. Jadinya, ketika Anda merasa tubuh Anda menampakkan gejala flu, itu berarti waktunya untuk beristirahat.

    Sebenarnya, seperti diungkapkan para dokter, bahwa istirahat berada di urutan teratas untuk penyembuhan flu yang paling mujarab. Flu, ISPA, batuk, bersin, hidung tersumbat dan meler, dan sebagainya menunjukkan bahwa Anda perlu istirahat dan jangan memaksakan diri untuk bekerja.

    Minum Air Putih yang Cukup


    Minum air putih yang cukup
    Minum air putih yang cukup

    Selain istirahat, minum air putih yang cukup juga menjadi kewajiban ketika Anda terkena influenza. Akan lebih baik bila Anda meminum air hangat, setidaknya 8 gelas (ukuran 250 ml) per hari.

    Apabila lebih dari 8 gelas per hari, juga tidak apa-apa, malahan lebih baik. Ketika Anda mulai merasa haus, maka segera minum, meski sudah melebihi 8 gelas tersebut. Karena, ketika flu, maka cairan tubuh lebih cepat berkurang, maka Anda perlu segera mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut dengan cepat.

    Tentang air hangat, virus influenza akan menyerang sekitaran area pernafasan, seperti hidung, tenggorokan, mulut dan sekitarnya. Maka air hangat akan berfungsi untuk mengusir virus dan bakteri di daerah tersebut, sehingga pernafasan lebih lancar.

    Berkumur dengan Air Garam


    Air garam
    Air garam

    Berbagai jurnal dan penelitian menyebutkan bahwa air garam sangat efektif menghilangkan kuman, bakteri dan virus. Oleh karena itu, untuk menghilangkan virus influenza dan jenis virus lainnya yang bersarang di sekitaran saluran pernafasan dan mulut, Anda bisa berkumur dengan air garam.

    Caranya, Anda tinggal menyiapkan garam satu sendok teh saja, campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, gunakan untuk berkumur-kumur.

    Selain berkumur, Anda juga bisa mencuci hidung Anda dengan air garam tersebut. Hal itu bisa menjadikan lendir di hidung, termasuk yang sudah mengering, bisa segera keluar dan nafas Anda melalui hidung bisa lebih lancar.

    Minum Madu


    Minum madu

    Madu sejak lama sudah dipercaya sebagai obat dari banyak penyakit. Sebab, glukosa dan fruktosa serta karbohidrat di dalam madu, bisa menjadi sumber energi dan memperkuat daya tahan tubuh.

    Ditambah lagi, di dalam madu juga terkandung antioksidan alami yang melindungi Anda dari radikal bebas yang berdampak negatif bagi kesehatan. Lebih lanjut, madu juga tidak hanya membantu mencegah terkena flu, tapi juga meredakan flu.

    Minum air hangat yang dicampur madu, untuk meredakan batuk, pilek, flu dan ISPA dengan cepat dan aman.

    Rekomendasi Produk Madu Asli



    Oles Minyak Esensial


    Oles minyak esensial

    Ini yang paling sering dilakukan, bahkan sejak zaman nenek moyang. Mengusap minyak esensial, baik minyak kayu putih, lavender, dan bahan-bahan lainnya, tentunya memberikan kehangatan dan fresh pada saluran pernafasan.

    Anda bisa menggunakan minyak yang digosokkan di punggung, leher dan sebagainya. Atau, bisa juga menggunakan diffuser untuk menghembuskan uap dari minyak tersebut ke hidung.

    Dengan cara-cara alami di atas, tentunya Anda bisa mengobati flu dengan cepat. Tetap sehat, dan jangan lupa untuk tetap berada di rumah agar terhindar dari pandemi Corona yang tengah mewabah. 
    Tinggalkan Komentar