Bisa Sampai Ratusan Juta Rupiah, Ini Tips Memasang Iklan Mandiri di Blog

iklan mandiri di blog


PojokReview - Pernah mendengar blogger yang punya penghasilan sampai ratusan juta rupiah per bulan? Itu bukan sebuah mitos, dan Anda juga bisa mendapatkan yang sama dengan syarat-syarat tertentu.

Blog yang dikelola dengan baik dan profesional, serta disiplin yang tinggi tentunya bisa mendapatkan penghasilan yang besar. Selain Google Adsense, iklan mandiri bisa menjadi satu sumber penghasilan blog terbesar.

Tapi, ada syarat-syarat yang mesti (bahkan mutlak) Anda penuhi. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Blog Dikelola Profesional


Syarat pertama adalah blog memang dikelola untuk bisnis. Bisa blog traveling, tips, atau berbagi ilmu pengetahuan. Terpenting, sebisanya domain blog gunakan yang berbayar, serta template gunakan yang terbaik (bila perlu berbayar).

Advertiser tentunya akan lebih percaya dengan blog yang dikelola dengan baik, ketimbang blog yang awut-awutan. Tulisan mesti berkualitas, serta rutin diposting. 

Apabila blog Anda sudah masuk kategori di atas, maka lanjut ke step kedua.

2. Tingkatkan Pengunjung, Ranking, Authority Blog Anda


Syarat kedua, blog Anda mesti punya pengunjung yang banyak. Setidaknya, memiliki 10.000 visitor per bulan, akan lebih baik bila lebih banyak. 

Untuk iklan mandiri di blog, jumlah visitor akan sangat menentukan apakah advertiser mau atau tidak menggunakan jasa iklan blog Anda. 

Terus update artikel terbaru, riset kata kunci, buat artikel berkualitas tinggi kemudian rajin share postingan terbaru tentunya akan sangat berpengaruh pada meningkatnya pengunjung Anda.

Anda juga bisa mempelajari teknik SEO agar blog Anda mampu bersaing di pencarian kata kunci mesin pencari. Sosial media juga mesti dimanfaatkan untuk hasil terbaik.

Authority dan rangking blog juga menjadi hal yang penting bagi para advertiser. Blog dengan DA (domain authority) dan PA (page authority) yang tinggi tentunya akan lebih dipertimbangkan.

Bila blog Anda sudah memenuhi syarat di atas, maka masuk ke step berikutnya.

3. Pasang Banner Spot Iklan Mandiri di blog Anda


Berikutnya, Anda bisa membuat banner untuk spot iklan di blog Anda. Usahakan tidak lebih banyak dari 3 unit, karena bisa berdampak pada kecepatan loading blog Anda.

Siapkan juga halaman khusus untuk menjelaskan pada calon advertiser Anda informasi terkait blog Anda. Mulai dari jumlah pengujung (dari Google Analytic), rangking blog (dari Alexa Rank), authority blog (dari MOZ) dan sebagainya yang bisa menambah ketertarikan advertiser untuk beriklan di blog Anda.

Beri informasi juga alamat email, atau nomor HP yang bisa dihubungi bila calon advertiser ingin memasang iklan di blog Anda. Semuanya harus jelas dan tidak ada data yang menipu.

Contoh banner yang bisa Anda coba pasang di blog Anda seperti di bawah ini.



Bila spot iklan dan halaman khusus tadi sudah dibuat, masuk ke step berikutnya.

4. Cari Daftar Advertiser, Cari yang Sesuai dengan Tema Blog 


Berikutnya Anda bisa mulai berselancar di Google mencari sejumlah blog yang sudah bekerjasama dengan advertiser. Anda bisa membuat daftar advertiser yang paling dekat dengan tema blog Anda.

Misalnya Anda memiliki blog travelling, maka pengusaha travel, pariwisata dan sebagainya bisa masuk dalam calon advertiser potensial. 

Urutkan daftar advertiser tersebut, kemudian cari alamat email untuk menghubunginya. Kemudian siapkan lampiran seperti halaman khusus yang Anda buat berisi data-data blog dan kontak yang bisa dihubungi. Lampirkan bersama semacam proposal penawaran pemasangan iklan di blog Anda. 

Ini merupakan cara aktif, bila Anda memilih untuk mendapatkan iklan dengan cepat. Atau, Anda bisa memilih cara pasif yakni memasang spot iklan dan menunggu ada advertiser yang tertarik memasang di blog Anda.

Namun cara yang kedua tentunya cukup lama mendapatkan advertiser yang diinginkan.

Tarif Harga yang Sesuai untuk Iklan Mandiri


Walaupun Anda mungkin ingin mendapatkan penghasilan yang sangat besar, namun tarif harga di blog Anda jangan sampai keterlaluan. Maksudnya, berlebihan karena tidak sesuai dengan jumlah visitor.

Memasang tarif harga mesti disesuaikan dengan jumlah visitor. Bila visitor Anda sekitar 5000 visitor sampai 10 ribu visitor, tentunya akan terlalu tinggi bila Anda memasang tarif iklan jutaan rupiah.

Berikut kisaran harga yang bisa Anda pertimbangkan untuk pemasangan slot iklan. Kita ambil sampel iklan berbentuk persegi (300x300) di samping kanan/kiri postingan.

Jumlah visitor: kisaran tarif harga


  • 5000 - 10.000 v/bulan: Rp50.000/bulan
  • 11.000 - 20.000 v/bulan: Rp100.000/bulan
  • 20.000 - 50.000 v/bulan: Rp100.000 - Rp200.000/bulan
  • 50.000 - 80.000 v/bulan: Rp250.000 - Rp500.000
  • 80.000 - 100.000 v/bulan: Rp500.000 - Rp700.000
  • Di atas 100.000v/ bulan: Rp 750.000 - Rp2.500.000
  • Di atas 500.000v/bulan: Rp2.500 - Rp4.000.000
  • Di atas 1.000.000v/bulan: Rp5.000.000 ke atas
  • Di atas 10.000.000v/bulan: Rp10.000.000 ke atas

Begitu seterusnya. Semakin tinggi angka pengunjung Anda per bulan, maka berarti semakin tinggi pula tarif per bulannya. Angka di atas adalah tarif harga rata-rata dari beberapa blogger di Indonesia. 

Bila Anda punya pengunjung sampai 1 juta per hari, maka akan sangat meyakinkan bila Anda menawar angka hingga Rp100 juta ke atas untuk iklan di blog Anda.

Jadi, jangan patah semangat. Mari memulai sejak detik ini.

No comments:

Powered by Blogger.