Hal Penting yang Harus Anda Lakukan Bila Ingin Blog Menghasilkan Uang



PojokReview - Memiliki blog nyatanya sangat mudah. Anda tinggal daftarkan alamat email di platform blog semacam blogger atau wordpress, lalu mulai menulis. Nah, yang sulit itu ada dua; 

  • Memastikan blog itu tidak menjadi tempat "sarang laba-laba".
  • Mencari kemungkinan blog tersebut menghasilkan uang.

1. Memastikan Blog Tidak Menjadi Sarang Laba-Laba


Untuk hal yang pertama, tentunya yang dibutuhkan kontinyuitas. Bila Anda hanya bisa menulis blog di hari minggu, maka pastikan setiap hari minggu Anda menulis blog Anda. Usahakan jangan ada satupun artikel yang copy-paste alias nyalin-tempel.

Kecuali Anda punya budget tak terbatas, maka Anda bisa mengakalinya dengan mencari jasa penulis handal. Jadinya, blog Anda yang tidak terurus bisa terus hidup dan "mungkin" akan menghasilkan uang.

2. Mencari Kemungkinan Blog Tersebut Menghasilkan Uang


Ada banyak yang berkata, di zaman sekarang lebih mudah mencari uang lewat YouTube. Penyebabnya literasi yang rendah di Indonesia membuat orang lebih suka menonton ketimbang membaca. Itu sama sekali tidak benar.

Faktanya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita tidak akan membahas YouTube dalam artikel ini. Tapi, untuk blog, Anda bisa mengandalkan sang raksasa yang bahkan sering dianggap Dewa Segala Tahu; yah apalagi kalau bukan Google.

Dengan mengandalkan mesin pencari, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan banyak pengunjung organik ke blog Anda. Mulai dari memiliki pengunjung tetap sekitar 500 orang saja per hari, maka blog Anda sudah mulai bisa menghasilkan. 

Setidaknya, bila Anda berselancar di dunia maya mencari tahu apa saja yang diperlukan agar blog bisa menghasilkan uang, beberapa hal di bawah ini akan menjadi jawabannya.

1. Beli Domain


Yah, sebenarnya mau blog gratisan maupun berbayar, kemungkinan menghasilkan uangnya sama apabila sama-sama bersandar pada Google Adsense. Tapi, bila Anda mencoba untuk mencari peruntungan lain, semacam iklan mandiri, content placement, jasa review, kerjasama, sponsorship dan lain-lain sebagainya, maka harus kita katakan bahwa membeli domain menjadi wajib hukumnya.

2. Meningkatkan Pengunjung


Nah, ini penting. Bahkan sangat penting dan paling penting di antara segalanya. Trafik adalah hal yang menentukan blog Anda punya penghasilan atau tidak. Anda bisa mempelajari teknik SEO (Search Engine Optimization) alias mengoptimasi mesin pencari. Anda bisa mulai dengan mencari kata kunci yang pas untuk blog Anda, dan sebagainya. Ada banyak blog, situs dan buku yang mengulas perkara satu ini. Bila ternyata Anda terlalu banyak kesibukan sampai tak sempat menulis blog, maka jasa penulis blog bisa Anda pertimbangkan. (Ini Jenis-jenis Artikel yang Disediakan Penulis Konten untuk Website atau Blog)

3. Meningkatkan Rangking Blog


Ada banyak hal terkait rangking blog ini, bisa berbentuk rangking dari Alexa, bisa juga dari MOZ score, bisa pula DA (domain authority), PA (page authority) dan sebagainya. Cara meningkatkannya, mulai dari meningkatkan pengunjung serta mendapatkan backlink ke situs kita secara natural. Cara terbaik adalah membuat artikel terbaik.

4. Mendaftarkan Blog ke Google Adsense


Kalau segala cara di atas sudah dipenuhi, maka selanjutnya daftarkan blog Anda ke Google Adsense. Yah, inilah nantinya yang akan jadi sumber penghasilan utama blog Anda. Di samping itu, ada berbagai penghasilan sampingan yang bisa menambah pundi-pundi uang Anda.

5. Mencari Penghasilan Sampingan


Nah, khusus untuk ini, PojokReview sudah pernah mengulasnya di artikel berikut ini:


Selesai. Memang mudah mengatakannya, tapi percayalah, akan sulit melakukannya. Apabila yang Anda pikirkan pertama ketika membuat blog adalah menghasilkan uang, maka semuanya jadi akan lebih sulit. Anda bahkan kehilangan semangat menulis ketika blog Anda tak kunjung menghasilkan uang.

Jadi, kunci yang pertama adalah semangat. Blog adalah tempat Anda menulis, berbagi cerita, inspirasi dan pengetahuan. Lakukan yang terbaik, maka Anda akan mendapatkan yang terbaik juga.

No comments:

Powered by Blogger.