Manfaat Tomat Untuk Tangkal Kanker dan Kolesterol Serta Cara Membuat Saus Tomat di Rumah


PojokReview - Bila tumbuhan hijau dipengaruhi oleh klorofil, maka yang berwarna merah seperti tomat misalnya dipengaruhi oleh Likopen (lycopene-C40H56). Nah, pernah mendengar apa saja manfaat likopen ini?

Anda penggemar makan tomat? Maka beruntunglah, berarti likopen alias pigmen kemerahan di tomat dan buah-buahan lainnya ini tercukupi di tubuh Anda. Kabar baiknya adalah, likopen adalah molekul antioksidan yang punya pengaruh baik dalam mengendalikan radikal bebas.

"Catatan: Tomat adalah Jenis Buah, bukan Sayur. Bahkan, Tomat termasuk di dalam Berry"

Tentu saja karena memberikan pigmen warna merah, maka Anda bisa mudah mengenali buah atau sayuran yang mengandung likopen. Yah, likopen terkandung dalam jumlah banyak di buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah. Selain tomat, juga ada semangka yang banyak mengandung likopen ini.

Tapi tidak hanya pewarna, likopen sebagai molekul antioksidan memiliki banyak kemampuan. Sebagai antioksidan, likopen tentunya akan sangat baik untuk menjadi penangkal sel kanker. Jadinya, pertumbuhan sel kanker bisa dicegah dan diperlambat oleh likopen.

"Likopen memiliki kemampuan yang baik sebagai penangkal kanker"

Tidak hanya sel kanker, tapi likopen juga dikenal dengan kemampuannya menurunkan kadar kolesterol jahat, dan di waktu yang bersamaan juga menaikkan kadar kolesterol baik. Hasilnya adalah, tentunya akan membantu tubuh Anda lebih sehat, terutama jantung.

"Likopen memiliki kelebihan sebagai penangkal kolesterol jahat"

Kemampuan lainnya adalah melindungi mata, serta memperlambat pembentukan katarak di mata. Tidak hanya itu, sejumlah jurnal juga menyebutkan bahwa pasta buah tomat mampu melindungi tubuh/kulit dari sunburn. 

Selanjutnya, likopen juga sangat baik pengaruhnya untuk otak Anda. Karena likopen memiliki potensi untuk menjaga kesehatan otak.

"Likopen berpotensi sebagai penjaga kesehatan mata, kulit dan otak."

Bisakah Diganti Saus Tomat

Tomat

Nah, karena likopen ada banyak di dalam tomat, tentunya Anda juga mesti memperbanyak konsumsi tomat per hari, bukan? Tenang saja, karena Anda bisa menggantinya dengan saus tomat ketika makan, apabila Anda agak kesulitan untuk memakan tomat langsung.

Tapi, terpenting saat menikmati saus tomat adalah gunakan saus tomat asli. Tidak hanya itu, saus tomat yang asli juga mesti terbuat dari bahan-bahan berkualitas jadinya semua kebaikan dari likopen bisa berfungsi di tubuh Anda.

Pertimbangkan juga brandnya agar memastikan Anda mendapatkan produk yang benar-benar berkualitas. Brand ternama seperti ABC, Indofood dan Del Monte tentunya bisa dipertimbangkan.

Cara Membuat Saus Tomat di Rumah

Cara Membuat Saus Tomat di Rumah

Atau, Anda bisa mencoba membuat saus tomat di rumah. Tentu saja, ini bisa lebih ekonomis dan Anda sudah bisa memastikan bahan bakunya serta higienis.

Untuk membuatnya, Anda bisa menyiapkan: 


  • 1/2 kg tomat, 
  • 50 gram bawang putih, 
  • gula pasir 200 gram, 
  • garam 2 sdm
  • 1/2 liter air
  • 3 sdm tepung maizena

Cara membuatnya, pertama rebus tomat dan bawang putih. Lalu, bahan-bahan yang sudah direbus silahkan diblender sampai benar-benar halus. 

Setelah itu, keluarkan dan letakkan langsung ke wajan. Masukkan air, tepung maizena, gula pasir dan garam. Aduk-aduk sampai merata dan mulai mengental. Matikan api, lalu simpan saus tomat yang sudah jadi tadi di botol atau tempat penyimpanan lainnya.

Nah, saus tomat buatan rumah sudah siap.

No comments:

Powered by Blogger.