Perbedaan Real Watch dan Fashion Watch, Serta Kenapa Real Watch Lebih Direkomendasikan

Daftar Isi [Tutup]


    PojokReview - Bagi para penggemar jam tangan, khususnya untuk para penggemar setianya, maka mereka membagi jam tangan menjadi dua jenis yakni real watch dan fashion watch. Apa perbedaannya?


    Real watch dikenal sebagai "jam asli" dan sudah hadir dalam sejarah panjang perkembangan jam tangan dari waktu ke waktu. Sedangkan fashion watch atau "jam gaya" adalah jam buatan brand fashion yang ditujukan lebih untuk menjadi item fashion. Bagi pecinta jam tangan, maka jam tangan yang real watch adalah pilihan terpenting.


    Fashion watch tidak memiliki sejarah panjang, serta tidak ikut mewarnai perkembangan jam tangan. Untuk urusan ini, ada dua negara yang terkenal sebagai penghasil real watch terkemuka dan disegani. Negara pertama adalah Swiss. Yah, negara satu ini dikenal sebagai kiblat industri jam tangan dunia. Ada tiga brand asal Swiss yang pertama Vacheron Constantin (The Old King), Patek Philippe (The King) dan terakhir Audemars Piguet (The Prince) yang sudah diproduksi sejak tahun 1800-an. Bahkan Vacheron Constantin sudah diproduksi sejak tahun 1755. Ketiga brand ini dikenal sebagai The Holy Trinity (Trinitas Suci) karena begitu diakui dan dikagumi dunia.


    Lebih mengagumkannya lagi, ketiga perusahaan tersebut masih tetap memproduksi jam tangan sampai detik ini. Ketiga brand tersebut menjadi salah satu jenis real watch karena telah begitu berpengaruh pada perkembangan jam tangan dunia.


    Sedangkan ciri khas produk fashion watch adalah pertama tidak ada sejarah terkait produknya. Kedua, biasanya mesin-mesin jam tersebut dibuat di tempat lain, sedangkan perusahaan induk hanya mendesain jam tangannya. Harganya cukup tinggi, dikarenakan mereknya rata-rata adalah merek populer. Jam tangan seperti Daniel Wellington, Alexandre Christy, Aigner, Fossil, Guess dan merek-merek kenamaan yang sudah dikenal di bidang fashion tentunya menjadi beberapa di antara merek fashion watch. 


    Apa kerugian membeli produk fashion watch? Bagi penggemar jam tangan, maka yang dibutuhkan adalah fungsi. Fungsi jam tangan lebih menang real watch ketimbang fashion watch. Itulah kenapa produk fashion watch seharga Rp5 jutaan bahkan secara fungsi setara dengan real watch seharga Rp 1 jutaan saja.


    Apa saja rekomendasi Real Watch yang bisa Anda pertimbangkan?


    Jepang


    Produk dari Jepang yang bisa Anda pertimbangkan pertama adalah Seiko. Yah, Seiko yang sudah diproduksi sejak tahun 1880-an ini menjadi rajanya jam tangan dari Asia. Tidak hanya Seiko, tapi ada sub-brand dari Seiko yang juga begitu dikenal dunia, seperti Alba. Seiko adalah jam tangan dengan teknologi quartz pertama di dunia yang menjadikan produk asal Jepang satu ini mengubah sejarah jam tangan dunia.


    Selain Seiko dan Alba, ada beberapa produk asal Jepang yang juga Anda bisa pertimbangkan. Beberapa di antaranya seperti Citizen yang ternama dengan mesin automatic-nya. Satu lagi brand populer dari Jepang yang direkomendasikan adalah Casio. Yah, Casio yang juga ternama dengan produk kalkulatornya ini menjadi salah satu brand ternama asal Jepang dengan produk G-Shock-nya yang terkenal itu. Jangan lupakan brand Orient yang juga menjadi salah satu jam tangan kenamaan asal Jepang, yang saat ini juga sudah diakuisisi oleh brand Seiko.


    Swiss


    Anda tentu mengenal jam tangan Rolex bukan? Yah, ini real watch yang populer dari Swiss. Selain Rolex, masih ada beberapa brand yang harganya cukup terjangkau namun termasuk real watch. Salah satunya Mido, yang menjadi brand asal Swiss dengan harga jam yang cukup terjangkau. Selain Mido, bila Anda ingin mencari produk Swiss yang harganya juga cukup terjangkau namun di atas Mido, ada brand Oris yang ternama dengan mesin Sellita-nya.


    Brand lain yang juga bisa Anda pertimbangkan adalah Tissot. Brand satu ini selain terkenal karena kualitasnya, juga menjadi ternama karena menjadi sponsor utama gelaran MotoGP.


    Tiongkok


    Tunggu sebentar, Tiongkok? Yah, jangan anggap rendah produk yang berasal dari China ini. Ada beberapa yang bisa Anda pertimbangkan dan termasuk kategori real watch antara lain brand Beijing dengan mesin setipe dengan Swiss namun lebih indah desainnya. 


    Selain itu, ada juga brand Fiyta yang dikenal sebagai brand yang begitu serius membuat produk jam tangan berkualitas, sehingga cukup membuat brand jam tangan terdahulu menjadi lebih waspada. Produk lain dari tanah Tiongkok adalah Seagull. Brand satu ini sudah menjadi jam tangan kenamaan di Eropa karena kualitasnya bisa diadu dengan jam asal Swiss dari kelas menengah.


    Tinggalkan Komentar