Kabar Baik yang Mengejutkan, Harimau Jawa Dilaporkan Belum Punah!

Daftar Isi [Tutup]

     

    pojokreview - Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) yang sudah dilaporkan punah sejak tahun 1970, secara mengejutkan ditemukan kembali. Seperti dilansir dari Detik, kamis (13/8/2020), disebutkan bahwa karnivora asal pulau Jawa ini masih ada di hutan Jawa Tengah.


    Hal itu dibenarkan oleh Didik Raharyono, yang merupakan Direktur Peduli Karnivor Jawa (PKJ) yang telah menyembunyikan temuan dan bukti keberadaan Harimau Jawa ini selama 2 tahun. Ada foto harimau ini yang sudah didapatkan oleh satu komunitas berburu babi hutan di Jawa Tengah. Foto ini yang kemudian diberikan pada Didik Raharyono, pada tanggal 3 September 2018. 


    Berkelang beberapa bulan, Didik mendatangi lokasi untuk memastikan tempat penemuan harimau tersebut. Tidak hanya itu, Didik tidak buru-buru menyampaikan temuan tersebut. Ia juga memeriksa saksi, lokasi, kronologi dan sebagainya untuk memastikan bahwa foto yang didapatkan komunitas tersebut memang benar harimau jawa.

    Foto harimau jawa yang ditemukan di Jateng

    Setelah semuanya sudah benar-benar pasti, Didik menyampaikan kabar baik yang mengejutkan tersebut dalam forum webinar Global Tiger Day 2020 yang digelar oleh PP Kagama Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana bulan Agustus silam. Saat itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pronowo hadir dan terkejut dengan pemaparan tersebut.


    Didik tidak menyampaikan lokasinya secara spesifik karena takut akan ada banyak warga yang justru penasaran dan datang ke wilayah tersebut. Jadinya, perlindungan terhadap hewan yang dinyatakan punah oleh WWF (World Wildlife Fund) di tahun 1996 ini jadi terganggu. Perlu dicatat bahwa tahun 1970-an The Union for Conservation of Nature (IUCN) sudah menyatakan kepunahan raja hutan dari pulau Jawa ini. 

    Tinggalkan Komentar