Benarkah Mandi dengan Sabun Antiseptik Mampu Melindungi Diri dari Corona?

Daftar Isi [Tutup]
    Pentingnya Sabun Antiseptik di Masa Kini

    PojokReview - Banyak yang bilang, mandi dengan sabun antiseptik termasuk mampu dengan efektif melindungi seseorang dari bakteri, virus, kuman termasuk di antaranya virus Corona. Apa iya?


    Kenapa harus mandi dengan sabun antiseptik? Apakah cuci tangan saja tidak cukup? Ternyata, ketika virus tersebut sampai ke tangan, tentunya seseorang tersebut tidak menyadarinya. Sebelum akhirnya mencuci tangannya, virus tersebut bisa jadi sudah menyebar kemana-mana. Termasuk ke wajah!


    Sebagian Besar Penderita Corona Tertular Karena Memegang Wajah




    Manusia normal setidaknya menyentuh wajahnya sebanyak 20 kali dalam satu jam. Di waktu biasa, mungkin hal itu adalah hal yang normal dan tidak mengakibatkan apa-apa. Setidaknya hal itu yang dikatakan oleh peneliti dan tenaga medis.


    Tetapi, saat pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang tak kunjung usai ini, nyatanya memegang wajah tersebut bisa menimbulkan masalah besar. Yah, informasi yang beredar bahwa sebagian besar penderita Corona tertula karena memegang wajahnya. 


    Padahal, memegang wajah bisa jadi sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Alhasil, virus Corona yang menyebar lewat penderitanya karena bersin dan sebagainya lalu menempel di mana-mana. Kemudian, tersentuh oleh tangan dan sebelum sempat mencuci tangan, memegang wajahnya. Nah, hal inilah yang menyebabkan seseorang tersebut tertular penyakit tersebut.


    Langkah awal yang bisa dilakukan tentunya menghentikan kebiasaan tersebut. Apabila sudah terlalu sulit, maka hal yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah menggunakan sarung tangan.


    Ada lagi yang bisa Anda coba, yakni terus membawa hand-sanitizer di dalam tas atau kantong agar bisa langsung digunakan ketika menyentuh permukaan benda di tempat umum. Namun tetap berhati-hati, terlalu banyak menggunakan hand-sanitizer justru bisa berbahaya bagi kulit Anda. 


    Atau, Anda lebih sering mencuci tangan ketika kontak dengan permukaan benda di tempat umum. Sebelum mencuci tangan, tahan sebisa mungkin tangan Anda untuk menyentuh wajah. 


    Ketika pulang dari perjalanan, apalagi menggunakan kendaraan umum, maka cara satu-satunya adalah langsung mandi dan mengganti pakaian. Khusus untuk pandemi ini, sangat penting menggunakan sabun antiseptik. Karena, perbedaannya dengan sabun biasa adalah sabun antiseptik sangat ampuh untuk membunuh bakteri dan virus yang kemungkinan sudah lengket atau menempel di tubuh Anda.


    Pentingnya Sabun Antiseptik di Masa Kini


    Pentingnya Sabun Antiseptik di masa kini


    Karena situasi yang tak terprediksi, virus bisa saja ada di mana-mana. Maka, di sini letak pentingnya sabun antiseptik di masa kini, khususnya ketika pandemi Covid-19 ini. Apalagi, berbagai kota sudah mulai membuka kembali aktivitas seperti biasa, meski tetap mengikuti protokol kesehatan. 


    Anda tentunya masih ragu dan takut untuk berkunjung ke tempat wisata, tempat hiburan, mall, bioskop yang sudah satu-persatu mulai beroperasi. Tapi, Anda bisa tetap menjaga diri Anda terbebas dari virus tersebut apabila tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebagai pelengkapnya, ketika pulang ke rumah, sebelum berinteraksi dengan siapapun orang di rumah Anda, terlebih dulu rendam pakaian Anda dan mandi dengan sabun antiseptik.


    Berbagai asosiasi kesehatan internasional, seperti APIC (Association for Professionalsin Infection Control and Epidemiology) serta US CDC (US Centre for Disesase Control) sama-sama sepakat merekomendasikan mandi dengan sabun antiseptik untuk menghindari kuman, bakteri dan patogen yang beredar luas di luaran. Meski demikian, sabun antiseptik yang mesti Anda pilih harus mengandung povidone iodine karena memiliki spektrum yang lebih luas, termasuk untuk virus apapun itu. 


    Kelebihan lain dari povidone iodine adalah mampu menghancurkan virus. Prosesnya adalah interaksi dengan lemak di dinding sel mikroorganisme seperti bakteri, virus, kuman dan patogen. Selanjutnya, lemak yang terintervensi tersebut akan pecah yang mengakibatkan matinya virus tersebut. Bisa disebut, cara povidone iodine menghancurkan virus adalah membunuhnya dari dalam tubuh virus atau mikroorganisme itu sendiri.


    Selain menghindari Corona, sabun antiseptik juga melindungi Anda dari masalah seperti panu, kudis, kurap, gatal-gatal, komedo, jerawat dan sebagainya. Jadi, sambil menyelam meminum air, bukan?


    Bahaya Bila Salah Memilih Sabun Antiseptik




    Salah memilih sabun antiseptik bisa menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh, loh. Misalnya, sabun antiseptik yang Anda pilih ternyata mengandung zat kimia tertentu seperti deterjen, pewarna, pewangi, pengawet dan lain sebagainya.


    Ditambah lagi, kandungan antibacterial yang kimiawi juga berdampak buruk bagi kulit. Jadi, selain mengandung povidone iodine sebisanya Anda memilih sabun antiseptik yang alami.


    Sabun antiseptik yang terlalu tinggi kadar antibakteri misalnya justru akan membuat minyak di tubuh dan wajah akan berkurang. Akibatnya, kulit justru menjadi kering, kasar dan malah menimbulkan masalah lain seperti memerah dan gatal.


    Sedangkan kandungan triclosan yang terlalu tinggi justru akan berpengaruh pada hormon Anda. Akibatnya bisa buruk karena akan terjadi perubahan hormon.


    Ditambah lagi, bila Anda memiliki alergi kulit. Maka memilih sabun antiseptik yang salah juga bisa mengakibatkan alergi Anda bisa bertambah parah. Bahkan menjadikan sistem imun di kulit menjadi semakin lemah.


    Karena itu, mandi dengan sabun antiseptik juga tidak disarankan terlalu sering. Atau, kalau Anda memang ingin lebih sering mandi, maka pilihlah sabun antiseptik yang alami sehingga manfaatnya akan lebih besar bila dibandingkan dengan risikonya.


    Rekomendasi Sabun Antiseptik yang Alami


    Sabun Antiseptik yang alami


    Bila Anda ingin mencari sabun antiseptik yang alami, salah satu yang direkomendasikan adalah sabun SEBU. Sabun Sebu merupakan salah satu brand yang khusus memproduksi produk perawatan kecantikan wajah, kesehatan kulit dengan bahan-bahan yang alami. Sebu di Indonesia didistribusikan oleh PT Multi Marketindo Jaya.


    Untuk produk sabun mandi antiseptik adalah Sebu Antiseptik. Produk sabun antiseptik satu ini dibuat dari bahan madu, zaitun, minyak VCO (Virgin Coconut Oil alias minyak kelapa murni), minyak sawit dan lemon. Bahan-bahan yang alami tersebut sudah memiliki wangi sendiri yang disukai banyak orang. Jadinya, tidak perlu tambahan pewangi lagi. Bahan-bahan tersebut juga mengandung zat Povidone Iodine yang dibutuhkan untuk menghancurkan virus di tubuh Anda.


    Bahan-bahan tersebut juga diolah tanpa bahan kimia berbahaya tambahan. Jadinya, produk ini sangat aman digunakan siapa saja, baik anak-anak sampai orang tua. Semakin nyaman karena produk ini juga sudah mendapatkan izin dari BPOM, serta sertifikat halal dari MUI. Produk ini juga mendapatkan berbagai penghargaan atas kepuasan konsumennya.


    Jadi, sudah siap menyongsong era new normal ini tanpa takut tertular Corona? Tentunya tips dan rekomendasi dari PojokReview di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda.

    Tinggalkan Komentar