Fakta Unik dari 4 Stadion Sepak Bola Kenamaan di Inggris

Daftar Isi [Tutup]

    Ilustrasi stadion sepakbola






    PojokReview - Bicara sepak bola tentunya Anda mesti menyebut Inggris sebagai salah satu negara sepak bola. Wajar saja, karena bahkan sepak bola diciptakan oleh orang Inggris.


    Liga Inggris menjadi salah satu liga elit di Eropa bahkan dunia dengan jutaan pasang mata yang menonton setiap pertandingannya. Sejumlah klub elit bertarung untuk menjadi yang terbaik di liga tersebut.


    Sejumlah bintang besar sepak bola juga muncul di Liga Inggris. Dan liga Inggris juga menjadi barometer kesuksesan dalam perspektif banyak pemain bola.


    Ditambah lagi stadion sepak bola yang ada di Inggris begitu megah dan memukau. Tidak hanya menyajikan keindahan para pemain bola mengolah si kulit bundar. Tapi juga memberikan orkestrasi yang menarik dari para penontonnya.


    Ada banyak stadion besar yang menjadi markas timnas Inggris juga klub sepak bola di Inggris. Namun kali ini, PojokReview akan memberikan review atau ulasan fakta menarik dari 4 stadion besar kenamaan di Inggris. 


    Apa saja fakta menarik dari stadion sepakbola kenamaan di Inggris? Simak di bawah ini.


    Fakta Menarik Stadion Sepak Bola di Inggris


    1. Fakta Menarik Stadion Wembley


    Stadion Wembley


    Bila menyebut stadion di Inggris, maka nama pertama yang akan tersebut adalah Wembley Stadium. Yah, ini adalah markas Timnas Inggris dan menjadi stadion terkemuka di negeri Ratu Elizabeth II tersebut.


    Meski sepakbola adalah olahraga yang berasal dari Inggris, namun Inggris justru tidak banyak menjuarai Piala Dunia. Salah satu keberhasilan Inggris menjadi jawara Piala Dunia adalah di tahun 1966.


    Saat itu, Inggris mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2. Nah, pertandingan ini terjadi di Wembley Stadium. Karena itu stadion ini menjadi begitu bersejarah karena keberhasilan pertama Inggris menjadi juara Piala Dunia terjadi di stadion ini.


    Stadion Wembley juga menjadi stadion terbesar yang mampu membuka dan menutup atapnya. Jadi, penonton bisa terlindungi dari hujan sepenuhnya.


    Tapi, tahukah Anda bahwa awalnya stadion ini bernama Empire Stadium. Lama kelamaan, baru namanya diubah menjadi Stadion Wembley. Stadion ini juga menjadi stadion sepakbola dengan toilet terbanyak di dunia, total 2000-an toilet ada di Wembley.


    Selain menggelar pertandingan sepakbola, sejumlah konser dari band dan musisi legendaris juga pernah dihelat di sini. Megaband seperti Queen, Rolling Stones dan sebagainya juga pernah tampil di Wembley. Tidak hanya itu, sang bintang pop dunia Michael Jackson pernah menggetarkan Wembley di tahun 1988.


    2. Fakta Menarik Stadion Old Trafford


    Stadion Old Trafford


    Stadion Old Trafford adalah stadion sepakbola legendaris yang menjadi markas bagi klub bola yang juga legendaris, Manchester United. Sejak tahun 1998, ada museum di dalam stadion ini yang memamerkan apa saja yang pernah diraih oleh Manchester United. 


    Old Trafford berada di kota Manchester, tentunya bertetangga dengan markas Manchester City. Hanya saja, sejak dulu ketika berdiri, Old Trafford belum pernah dijual ke sponsor.


    Old Trafford adalah stadion terbesar kedua di Inggris dengan kapasitas hampir 80 ribu orang. Tapi, tahukah Anda bahwa Old Trafford yang disebut oleh Sir Bobby Charlton sebagai "The teatre of dreams" ini hancur di tahun 1941?


    Yah, Old Trafford hancur lebur karena bom pada Perang Dunia 2 di tahun itu. Kemudian stadion ini direnovasi total. Tahun 1949 proses renovasi selesai dan kembali dibuka.


    Old Trafford adalah salah satu stadion "bintang 5" dengan status istimewa dari UEFA.


    3. Fakta Menarik Stadion Anfield


    Stadion Anfield


    Markas Liverpool ini juga disebut-sebut sebagai salah satu stadion "terangker". Apalagi ketika Liverpool berhasil keluar sebagai jawara liga Inggris musim lalu.


    Fakta membuktikan, 85 pertandingan kandang sejak tahun 1978 hingga 1981, Liverpool tak terkalahkan di kandang. Bahkan sejumlah klub, pelatih dan pemain dari klub lain mengakui betapa angkernya atmosfer Anfield yang bisa bikin klub manapun menjadi gentar. Yah, para pendukung Liverpool yang menjadikan atmosfer khas Anfield tersebut.


    Dulu, di tahun 1891, Anfiel Stadium menjadi markas klub Everton. Everton terkena masalah hutang piutang dan sewa stadion. Lalu, Everton meninggalkan Anfield dan bermarkas di Stadion Goodison Park yang berjarak sekitar kurang lebih 1 km saja dari Anfield.


    Anfield kemudian menjadi markas Liverpool yang berdiri tahun 1892. Dengan jarak yang terlalu dekat tersebut, Anda bahkan bisa mendengarkan nyanyian You'll Never Walk Alone (lagu kebangsaan fans Liverpool) dinyanyikan puluhan ribu orang di Anfield dari markas Everton di Goodison Park.


    4. Fakta Menarik Tottenham Hotspur Stadium


    Stadion Tottenham Hotspur


    Kenapa namanya Tottenham Hotspur Stadium? Yah, markas baru Tottenham Hotspur menggantikan White Hart Line Stadium ini memang sengaja masih belum punya nama yang paten. Karena, rencananya akan dijual ke sponsor.


    Kapasitasnya nyaris dua kali lebih besar dari White Hart Line, yaitu total 62.000 kursi. Fakta menariknya, bila Anda duduk di kursi yang premium maka Anda akan mendapatkan fasilitas USB port di kursi tersebut. Jadi, tidak usah bingung bila smartphone Anda kehabisan baterai untuk merekam aksi para bintang lapangan hijau.


    Fakta menarik lainnya, di kursi VIP dan premium ada pemanas khusus di musim dingin!


    Dengan demikian, Tottenham Hotspur Stadium menjadi salah satu stadion dengan teknologi yang memanjakan penonton di Inggris.


    Itu tadi fakta menarik dari beberapa stadion di Inggris. Tentunya bagi Anda yang penggila bola, tertarik untuk menyaksikan aksi bintang favorit Anda langsung di depan mata, bukan?  

    Tinggalkan Komentar