Mau Jadi Youtuber? Ini Spesifikasi Minimal Laptop untuk Edit Video

Daftar Isi [Tutup]
    laptop untuk mengedit video

    PojokReview.com - Youtuber sudah menjadi pekerjaan yang menjanjikan saat ini. Gadget wajib yang diperlukan Youtuber adalah laptop untuk mengedit video.


    Nah, sekarang seperti apa spesifikasi minimal laptop untuk mengedit video?


    Berikut ini Pojokreview akan mengulas spesifikasi minimal dan rekomendasi laptop untuk mengedit video. Simak, yah.


    Tentang Youtuber




    Youtuber menjadi salah satu pekerjaan ketika situs Youtube mulai melakukan monetisasi untuk Youtube. Situs ini pertama kali diluncurkan tahun 2005 dengan video berjudul Jawed yang menjadi saluran pertama.


    Di tahun 2015, tercatat sudah ada lebih dari 44.000 saluran dan jutaan video yang diunggah ke Youtube.


    Berpenghasilan Lewat Youtube




    Agar memiliki penghasilan dari Youtube, video Anda setidaknya ditonton sekitar 1 juta penonton selama satu bulan. 


    Namun ada banyak Youtuber yang bahkan sudah memiliki penonton sebesar itu hanya untuk satu video.


    Jadi, kalau dalam satu bulan mengunggah sekitar 4-5 video saja, maka penghasilan Youtuber ditaksir sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan.


    Gadget atau gawai yang dibutuhkan Youtuber di antaranya peralatan untuk mengambil video, peralatan untuk rekaman (recording) dan terpenting adalah laptop untuk mengedit video.


    Spesifikasi Laptop untuk Mengedit Video


    Prosesor


    Bila dianalogikan tubuh, maka prosesor adalah otak. Bentuknya seperti chip namun semua kerja komputer atau laptop akan bergantung pada prosesor Anda.


    Maka dari itu, laptop untuk mengedit video mesti memiliki prosesor terbaik.


    Prosesor yang ditanamkan di laptop biasanya seri Intel Pentium dan E-AMD.


    Untuk seri Intel Pentium, Anda bisa memilih prosesor i5 yang memiliki jumlah core minimal 4 (sering pula disebut quad-core).


    Sedangkan untuk seri AMD, Anda bisa memilih prosesor minimal 4 core. Untuk hasil terbaik Anda bisa memilih yang 8 core.


    Seri AMD biasanya harganya lebih murah ketimbang Intel Pentium.


    Selain itu, ada juga Intel Atom dan Intel Core M CPU. Namun harganya lebih tinggi.


    RAM


    RAM (Random Access Memory) adalah bagian yang berfungsi untuk menyimpan instruksi program dan data lainnya. RAM tidak diakses secara beraturan, karena itulah disebut random akses.


    RAM sering pula disebut memori utama atau penyimpanan utama. Kinerja suatu laptop bisa cepat, tepat dan efektif bergantung pada besarnya RAM. Laptop yang sering lemot biasanya memiliki RAM yang terlalu kecil dan gampang penuh.


    Bila Anda ingin mengedit video tanpa hambatan, sebaiknya memilih laptop dengan minimal RAM 6 GB. Namun agar semakin aman hasil kerjanya maka sebaiknya Anda memilih mulai dari 8 GB dan 16 GB.


    HDD dan SDD


    Keduanya digunakan untuk menyimpan file di laptop atau PC Anda. Perbedaannya adalah HDD adalah Hard Disk Drive sedangkan SDD adalah Solid State Drive yang kapasitasnya lebih kecil namun lebih kuat performanya.


    Untuk hasil kerja yang lebih baik Anda harus memiliki HDD atau SDD dengan kapasitas yang lebih besar. Kapasitas yang luas tersebut juga mesti ditunjang dengan kecepatan akses yang baik.


    Untuk HDD minimal adalah HDD 320 GB. Agar lebih baik dan kapasitas lebih besar, sebaiknya pilih 500 GB.


    Sedangkan untuk SDD, Anda bisa memilih minimal yang 128 GB.


    Graphic Card


    Terpenting berikutnya adalah Graphic Card atau sering pula disebut VGA. Untuk laptop biasa, VGA yang sudah disematkan sejak awal namun cukup untuk mengedit video adalah Intel Skylake.


    Untuk hasil yang lebih baik Anda bisa memilih laptop yang sudah disematkan graphic card dari NVidia.


    Display/Resolusi Layar


    Laptop untuk mengedit video setidaknya memiliki resolusi minimal 1366x768 piksel. Anda bisa membuat video yang lebih baik dengan resolusi yang lebih besar.


    Misalnya, resolusi 1600 x 900 atau untuk yang lebih HD Anda bisa memilih laptop dengan resolusi layar 1920x1080.


    Perangkat Lunak/Aplikasi


    Perangkat lunak atau software mutlak dibutuhkan agar laptop mampu mengedit video dengan aman. Beberapa yang direkomendasikan misalnya Adobe Primiere pro, Final Cut pro dan sebagainya.


    Keduanya biasa menjadi aplikasi bawaan laptop. Anda juga bisa mengunduh atau membeli aplikasi lain yang membantu proses mengedit video di laptop menjadi lebih lancar.



    Rekomendasi Laptop untuk Mengedit Video


    Berikut ini PojokReview akan memberikan rekomendasi laptop untuk mengedit video yang bisa Anda pertimbangkan.


    1. Asus ZenBook Pro Duo UX581GV-H2036T Laptop




    Produk satu ini menjadi laptop dengan kekuatan yang mumpuni untuk mengedit video tanpa hambatan. Diperkuat dengan processor Core i7-9750H. 


    Kinerjanya semakin baik dengan dukungan RAM 32GB DDR4 dan 1 TB SSD. Dengan layar 15,6 inch UHD mampu menghadirkan gambar terbaik dengan dukungan graphic card Nvidia GeForce RTX2060 6 GB.


    Harganya berkisar di angka Rp45 jutaan. Namun ada promo dari Bukalapak jadi Anda bisa mendapatkan produk ini seharga Rp33.599.200. Cek di sini sebelum kehabisan.


    2. Dell XPS 15 7590 




    Laptop satu ini memiliki prosesor Core i-7 yang up to 4.50GHz. Graphic card NVidia GeForce GTX 1650 4GB menjadikan gambar yang dihadirkan di layar 15,6 inch semakin tajam.


    Penyimpanan 512GB yang luas dan lapang menjadikan Anda bisa menyimpan lebih banyak file. Produk ini biasa dijual seharga Rp35 jutaan. Tapi, Anda bisa memanfaatkan promo dari Bukalapak dan mendapatkan produk ini seharga Rp25 jutaan saja.


    Cek di sini sebelum kehabisan.


    3. HP Envy 13-aq0018TX




    Berikutnya, ada produk dari HP yakni HP Envy 13-aq0018TX. Laptop satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengedit video semakin lebih efektif dan baik. Produk ini didukung dengan graphic card NVidia GeForce MX250 untuk menghadirkan gambar yang lebih tajam di layar 13,3 inch-nya.


    Didukung pula dengan prosesor Intel Core i7 dengan RAM 16 GB DDR4 dan Storage hingga 512GB. Produk ini dijual seharga Rp20 jutaan. 


    Namun ada promo di Bukalapak sehingga Anda bisa mendapatkan produk ini seharga Rp18 jutaan saja. Cek di sini sebelum kehabisan.


    Nah itu tadi tiga rekomendasi laptop untuk mengedit video yang bisa Anda pertimbangkan. Simak pojokreview terus untuk mendapatkan rekomendasi, review dan ulasan menarik lainnya.

    Tinggalkan Komentar