Hungaria di Euro 2020: Lolos Playoff, Masuk Grup Neraka

Daftar Isi [Tutup]

    Timnas Hungaria
    Timnas Hungaria saat ini
     


    PojokReview - Perjalanan Hungaria untuk menjadi finalis Piala Eropa tahun 2020 (yang gelarannya ditunda tahun 2021) cukup keras. Ia menjadi salah satu dari empat negara yang lolos lewat play-off.


    Empat negara tersebut, selain Hungaria adalah Slovakia, Skotlandia, dan Makedonia Utara.


    Hungaria berhadapan dengan negara kecil yang mengejutkan dunia karena lolos ke Piala Dunia 2016 lalu, Islandia. Lebih mengejutkan karen cukup merepotkan negara-negara yang difavoritkan keluar sebagai juara yakni Argentina dan Kroasia.


    Bentrok dengan Islandia di Stadion Ferenc Puskas Jumat (13/11/2020) lalu, Hungaria justru tertinggal di menit ke-11. Perjuangan Hungaria yang tak kenal menyerah terus diperlihatkan sampai menit akhir.


    Alhasil, Hungaria berhasil menggulingkan Islandia di kandang mereka sendiri. Impian Hungaria untuk kembali datang ke Euro kembali terwujud. Sudah lama, terakhir tahun 1950-an saat Ferenc Puskas masih menjadi pemain timnas Hungaria, saat itu Hungaria menjadi negara yang kuat dalam urusan sepakbola.


    Kemenangan yang membuat Hungaria bersemangat kembali menatap Euro 2020. Ini saatnya kembali menjadi Magnificent Magyars, julukan yang disematkan ke Hungaria era 1950-an.


    Hungaria berhasil, dan tergabung dengan grup F Euro 2020. Eh, tunggu dulu... grup F?


    Grup Neraka di Euro 2020


    Timnas Hungaria tahun 1950 yang dijuluki Magnificent Magyars

    Yah, Hungaria yang jungkir balik berjuang lewat penyisihan dan playoff tersebut justru tergabung di grup F. Ada tiga negara yang telah menantinya di sana, Portugal, Prancis dan Jerman.


    Mungkin pemain Hungaria akan gigit jari ketika mengetahui calon lawan-lawannya tersebut. Prancis saat ini menjadi negara pertama yang masuk ke Semifinal UEFA Nation League setelah mengandaskan Portugal dengan skor tipis 1-0 Sabtu (14/11/2020).


    Selain itu, Prancis masih memegang status sebagai juara bertahan Piala Dunia setelah di final Piala Dunia 2018 silam mengalahkan Kroasia di partai puncak.


    Sedangkan Jerman, adalah negara yang sangat diunggulkan baik di Euro maupun di Piala Dunia. Tiga kali juara Eropa dan 6 kali jadi finalis Eropa ditambah dengan 4 kali juara dunia dengan 8 kali jadi finalis menjadikan Jerman adalah timnas yang harus diperhitungkan oleh setiap lawannya.


    Bagaimana dengan Portugal? Portugal menjadi jawara Euro di tahun 2016 silam. Diperkuat megabintang Christiano Ronaldo, Portugal juga punya bintang-bintang baru yang bakal bersinar di Eropa.


    Hungaria mesti mempersiapkan timnya sebaik mungkin agar mampu bersaing dengan tiga raksasa di atas. Tentunya, masih belum ada yang tahu hasil di atas lapangan, meski di atas kertas Hungaria tidak diunggulkan. Apakah akan ada kejutan dari tim legendaris ini?


    Kita tunggu saja di tahun 2021 mendatang. 

    Tinggalkan Komentar