Tips Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Menanam Backlink di Situs Lain

Daftar Isi [Tutup]
    Tips Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Menanam Backlink di Situs Lain

    pojokreview.com - Meningkatkan pengunjung blog dengan cara yang tepat adalah menjadikan blog terlihat bagus di mata mesin pencari. Bagaimana caranya blog dapat terlihat baik di mata mesin pencari semacam Google, misalnya?  


    Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengunjung blog dengan peningkatan atau optimasi di mesin pencari. Salah satu yang paling sering digunakan karena cukup murah dan cepat adalah backlink. Maka kali ini, PojokReview akan mengulas terkait Tips Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Menanam Backlink di Situs Lain


    Konsepnya seperti ini, semakin banyak link yang mengarah ke blog atau situs Anda, maka situs Anda akan semakin terpercaya di mesin pencarian. Hasilnya, mesin tersebut akan menempatkan alamat situs Anda di posisi paling atas untuk kata kunci yang Anda rencanakan.


    Studi Kasus


    Untuk kali ini, salah satu situs yang akan menjadi contoh adalah situs pojokseni.com. Situs rekanan dari Pojokreview ini menurut Alexa saat ini berada di rangking 522.271 dunia (global) dan 6.890 Indonesia dengan jumlah tautan ke dalam (backlink) sekitar 71 backlink.


    PojokSeni mengejar kata kunci pencarian "Download Naskah Drama". Berikut hasilnya ketika kata kunci tersebut diketikkan di Google:




    Dari hasil di atas tentunya terlihat bahwa situs pojokseni.com berada di posisi teratas bahkan ada di nomor satu dan dua untuk pencarian kata kunci tersebut. Hasilnya, dari beberapa pencarian terakhir, nyaris seluruhnya akan berkunjung ke situs yang dimaksud.


    Hal itu disebabkan Pojok Seni memiliki kepercayaan yang baik di mata Google dan hasilnya berada di posisi satu. Salah satu faktor penyebabnya adalah ada banyak link yang mengarah ke Pojokseni. Hal itu menyebabkan kepercayaan mesin pencari kepada blog tersebut menjadi tinggi.


    Dilihat dari DA/PA, Pojok Seni memiliki DA sebesar 22 dan PA sebesar 31. Tentunya, meski tidak begitu tinggi namun jumlah tersebut tidak termasuk rendah, karena untuk situs dengan DA 15 ke atas saja sudah bisa mendapatkan perhatian dari mesin pencari. DA alias Domain Authority didapatkan dari link berkualitas yang datang ke situs Anda.


    Jenis Backlink


    Backlink ada dua jenis, yakni no-follow dan do-follow. Bila backlink do-follow adalah berarti link yang hidup dan bila diklik akan mengarah ke situs yang bersangkutan. Misalnya seperti ini:


    Sumber: pojokreview.com.


    Sedangkan backlink no-follow berarti link yang mati atau tidak mengarah ke situs yang bersangkutan. Misalnya seperti ini:


    Sumber gambar: pojokreview.com.


    Selain itu, backlink juga terbagi lagi sebagai backlink berkualitas dan backlink tidak berkualitas. Backlink berkualitas adalah backlink yang mampu menunjang situs Anda berada di halaman satu. Sedangkan backlink yang tidak berkualitas datang dari situs dengan otoritas domain (Domain Authority) alias DA yang lebih rendah dari situs Anda.


    Pertanyaannya, Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas?


    Ada dua cara, yakni cara organik dan cara berbayar. Mari kita bahas satu persatu.


    Cara Organik


    Cara organik bisa dengan dilakukan secara alami. Berarti, Anda menulis sebuah artikel yang menarik, bermanfaat, original dan berkualitas tinggi. Lalu, artikel tersebut menginspirasi orang lain dan ada yang membuat artikel dengan merujuk sumber ke situs Anda. Dengan demikian, Anda mendapatkan backlink alami.


    Atau, Anda menyematkan foto milik Anda sendiri. Lalu, ketika situs lain ingin mendapatkan foto yang sama, maka situs Anda akan dirujuk sebagai sumber foto.


    Hanya saja, hal ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Belum lagi bila backlinknya ternyata datang dari situs yang memiliki DA lebih rendah dari situs Anda. Atau, di bawah 10 poinnya. Tentunya hal itu tidak akan memberikan faedah apa-apa bagi situs Anda.


    Cara Berbayar


    Cara yang bisa Anda gunakan berikutnya adalah dengan paid backlink. Anda bisa mencari situs yang menyediakan jasa content placement di blognya. Tentunya, Anda mesti melihat profil dan data situsnya lebih lengkap untuk pemasangan content placement ini.


    Content placement berarti Anda membuat artikel yang sudah disematkan link ke situs Anda yang kemudian dimuat di situs bersangkutan. Harganya mulai dari Rp50.000 untuk blog dengan DA/PA di atas 10. Untuk DA 15 ke atas biasanya harganya mulai dari Rp100.000 dan DA 20 ke atas harganya mulai dari Rp200.000. Begitu seterusnya.


    Atau, Anda bisa mengambil paket agar lebih murah di situs penyedia jasa backlink di Indonesia seperti Sosiago, Vira, Rajabacklink dan sebagainya.


    (Bila blog Anda sudah memiliki DA/PA di atas 20-an, Anda juga bisa mendaftarkan diri untuk membuka peluang menerima content placement di situs tersebut. Salah satu yang direkomendasikan adalah RajaBacklink.)


    RajaBackLink.com

     

    Di situs ini, Anda bisa membeli satu paket untuk dipasangkan di 5-10 blog sekaligus. Tentunya, Anda bisa memilih situs yang tepat untuk pemasangan backlink tersebut.


    Jadi, bisa Anda coba mana yang sesuai dengan blog Anda. Bila Anda memiliki budget, tentunya Anda bisa mencoba cara berbayar agar pertumbuhan blog lebih cepat. Sedangkan dengan cara yang natural, Anda bisa tetap mencobanya, dan siapa tahu hasilnya juga cukup baik selama Anda terus mencoba.


    Tinggalkan Komentar