Dec 26, 2020

author photo



pojokreview.com - Saat Anda kesulitan dan membutuhkan bantuan, kadang kala otak tidak bisa berpikir dengan baik. Mungkin karena kalut atau tekanan dari masalah tersebut, sehingga seseorang bisa jadi akan semakin stres.


Meminta bantuan menjadi hal yang mutlak diperlukan dalam kondisi tersebut. Tapi, bagaimana bila Anda dalam kondisi depresi seperti itu, berlari kesana-sini mencari bantuan dan tidak juga mendapatkan?


Beberapa trik psikologis saat Anda meminta bantuan


1. Diam dan Mengatur Napas Selama 10-12 detik


Ini yang pertama Anda lakukan ketika mendapat masalah berat dan harus meminta bantuan. Fakta menunjukkan akan ada penurunan IQ yang signifikan ketika otak berada dalam tekanan. Karena itu, akan sangat penting memilih diam dan mengatur napas selama kurang lebih 12 detik untuk menormalkan kembali otak Anda.


Sebab, dalam keadaan tidak tenang dan "kisruh" Anda tidak akan bisa berpikir normal. Hasilnya, masalah Anda juga tidak akan selesai.


2. Minta Bantuan Pada 1 Orang, Hindari Keramaian


Kebanyakan orang akan memilih menjadi "pengamat" alih-laih "penyelamat" ketika Anda mendapatkan masalah. Kebanyakan orang yang mendapatkan masalah di tengah keramaian akan berteriak tanpa tujuan atau objek bicara yang jelas. Ia berharap ada satu dari banyak orang tersebut yang akan menolongnya.


Anda bisa mencoba seseorang yang terlihat tampak perhatian pada masalah Anda. Dekati dia, tatap matanya lalu mintalah pertolongan. Bila perlu Anda memelas dan minta dikasihani.


Itu jauh lebih besar peluang ditolong, ketimbang berteriak pada banyak orang. Yah, ingat meminta pertolongan pada "seseorang" jauh lebih baik ketimbang meminta pertolongan dari banyak orang.


3. Minta Tolong Hal yang Kecil Dulu Bila Membutuhkan Pertolongan Besar


Bila Anda membutuhkan pertolongan yang "besar" maka sebaiknya mulai dari pertolongan yang kecil dulu. Apabila seseorang tersebut melakukannya, maka peluang dia merespon pertolongan yang lebih besar akan naik.


4. Minta Tolong Hal yang Besar Dulu Bila Membutuhkan Pertolongan Kecil


Sebaliknya, bila Anda membutuhkan pertolongan yang kecil maka Anda bisa meminta pertolongan yang besar dulu dari seseorang yang Anda mintai tolong. Kemungkinan besar ia akan menolak, dan apabila ia menolak bantuan yang besar tersebut maka besar kemungkinan ia akan menolong hal yang kecil.


5. Jangan Berikan Perintah! Ia Penolongmu Bukan Anak Buahmu


Setelah seseorang itu menunjukkan ia akan menolongmu (baik hal besar maupun hal kecil) maka langkah selanjutnya adalah gunakan kalimat yang baik, dan terkesan memang meminta pertolongan. Jangan malah terkesan memerintah! Mereka adalah orang yang mengorbankan waktu dan tenaganya untuk menolong Anda, bukan anak buah Anda.


Itu tadi beberapa tips yang mungkin Anda perlukan dalam situasi mendesak dan berbahaya. Meski demikian, semoga kita tidak berada dalam posisi itu.

your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post