close

Saturday, February 27, 2021

author photo
30 juta dapat mobil apa?
Rp 30 Juta Dapat Mobil Apa?

PojokReview - Kebutuhan akan mobil saat ini sudah tidak masuk lagi dalam kategori tersier. Malahan, kebutuhan akan kendaraan sekarang sudah masuk kategori sekunder, nyaris sama dengan kebutuhan akan rumah.


Penyebabnya, era sudah semakin cepat dan semua orang membutuhkan mobilitas yang serba cepat. Itulah kenapa, banyak orang memilih untuk membeli motor dan mobil terlebih dulu, sebelum membeli rumah. Alasannya simpel, memiliki motor dan mobil bisa mencari uang, yang akhirnya bisa membeli rumah. Betul bukan?


Berbeda dengan motor yang "nyaris" masuk dalam kategori kebutuhan primer manusia, membeli mobil masih masuk dalam kategori kebutuhan kelas menengah ke atas. Padahal, kelas menengah ke bawah justru lebih membutuhkannya.


Apalagi bagi pemilik usaha seperti mendirikan sanggar kesenian, kerajinan tangan seperti logam dan alumunium, atau malah unit kegiatan masyarakat (UKM) seperti kuliner dan fashion. Ternyata, lebih membutuhkan kendaraan roda empat ini sebagai kendaraan operasional.


Belum lagi keluarga yang memiliki anak cukup banyak dan berdempet-dempetan. Punya 3 orang anak, dan hanya menggunakan motor untuk mudik saat lebaran misalnya. Tentunya hal itu akan sangat sulit dilakukan.


Hasilnya, membeli mobil menjadi salah satu hal yang mesti dilakukan kebanyakan orang. Namun, harga mobil masih cukup tinggi bahkan rata-rata di atas Rp100 juta. Yah, cara mengakalinya dengan membeli mobil bekas.


Namun bila hanya mengantongi Rp30 juta apakah bisa mendapatkan mobil bekas yang bagus? Bisa saja, asalkan Anda pintar-pintar dalam memilih. Mobil bekas dengan harga Rp30 jutaan ke bawah tentunya rata-rata sudah berumur dan sudah menempuh jarak di atas ribuan kilometer.


Tips Membeli Mobil Bekas Harga Rp30 Jutaan


Untuk mencari mobil bekas yang murah namun tetap dalam kondisi baik, berikut hal-hal yang bisa Anda pertimbangkan.


Mengenali Pemiliknya


Karena Anda akan membeli mobil, ada baiknya Anda mengenali pemiliknya terlebih dulu. Dari mengenali pemiliknya, Anda akan bisa mengetahui bagaimana perawatan dan perlakuan pemilik sebelumnya pada mobilnya. Apabila pemilik terdahulu melakukan pengecekan pada mesin, aki, kaki-kaki dan mengganti oli dengan rutin maka biasanya mobilnya masih dalam kondisi yang baik meski sudah berusia di atas 10 tahun.


Kenali Mobilnya


Berikutnya, setelah Anda mengenali pemilik dari mobil sebelumnya, Anda mulai bisa mengenali mobil yang akan Anda beli tersebut. Spesifikasi mobil, tipe mobil dan sebagainya. Anda bisa berkonsultasi dengan orang yang lebih ahli untuk urusan mobil, atau bisa juga mencoba browsing di internet tentang mobil tersebut.


Dari hasil riset kecil-kecilan Anda, tentunya Anda bisa mulai memperhitungkan berapa harga mobil tersebut di pasaran.


Riset Harga


Anda mulai bisa mencari tahu harga setiap mobil dengan tipe tersebut di internet atau bisa juga dengan bertanya di dealer mobil bekas. Anda akhirnya tahu harga pasaran dan bisa mencari yang termurah.


Tapi, tetap hati-hati pula dengan tawaran mobil dengan harga termurah. Terpenting, Anda sudah mengenali dengan baik mobil yang akan Anda beli. Jangan sampai karena membeli mobil murah, Anda harus menghabiskan banyak uang untuk reparasi dan pergantian suku cadang mobil tersebut.


Rekomendasi Mobil Bekas Harga di Bawah Rp30 Jutaan


Berikut ada beberapa mobil dengan harga di bawah Rp 30 Juta yang bisa Anda pertimbangkan.


Daihatsu Zebra Espass


Ini adalah pilihan minivan yang cocok jadi mobil keluarga. Mobil dengan mesin 1.300 CC ini juga sangat pas untuk jadi kendaraan Anda ketika mudik dengan keluarga. Kendaraan ini juga bisa menjadi kendaraan penumpang. Terlebih, mobil keluaran tahun 1995 ini sekarang dibanderol dengan harga Rp30 jutaan ke bawah.


Isuzu Panther


Mobil keluarga berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Isuzu Panther. Mobil yang begitu terkenal di era 1990-an akhir ini bisa menjadi mobil keluarga yang tangguh dan bentuknya mirip MPV yang sekarang sedang ramai ada di jalanan. Namun, untuk mendapatkan mobil Isuzu Panther dengan harga di bawah Rp30 jutaan, Anda mesti mencari mobil generasi pertamanya.


Suzuki Katana


Bagi penggemar off-road tentunya mobil jenis jeep adalah pilihan yang tepat. Nah, mobil Suzuki Katana bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Mobil off-road 4x2 satu ini dirilis pada tahun 1986 dan sampai sekarang masih menjadi andalan banyak pecinta off-road.


Toyota Kijang Super


Ini bisa dibilang sebagai mobil sejuta umatnya tahun 1990-an. Yah, mobil dengan mesin berkapasitas 1.500 CC ini masih sangat banyak ditemukan di jalanan. Daya tampungnya besar, kekuatannya bandel dan bisa menjadi kendaraan keluarga yang tepat. Rata-rata mobil Kijang Super saat ini dibanderol seharga Rp30 jutaan ke bawah dan masih tetap bandel meski berusia tua.


Mistsubishi Lancer


Bagi pecinta sedan, tentunya bisa mempertimbangkan Mitsubishi Lancer sebagai pilihan utamanya. Body-nya tetap oke dan keren serta punya tenaga yang mumpuni yakni 1.500 CC. Mobil satu ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp30 jutaan, apabila Anda mencari yang keluaran tahun 1988.


Honda Accord Prestige


Honda Accord juga menjadi pilihan bagi pecinta sedan. Tenaganya cukup besar hampir 2000 cc yang menjadikan sedan ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Mobil sedan satu ini bisa Anda dapatkan seharga Rp30 jutaan ke bawah apabila Anda memilih generasi ke-3 yang dirilis pertama kali tahun 1986.


Penutup


Karena rata-rata mobil ini sudah berusia di atas 30 tahun, itulah kenapa Anda harus mengenali siapa pemilik sebelumnya. Namun, mobil-mobil yang direkomendasikan di atas tentunya bisa tetap mendukung kinerja Anda dan lebih mobile ketika bekerja.


Terpenting, pelajari dulu mobil yang Anda beli sebelum memutuskan untuk membelinya. Lagipula, membeli mobil bekas seharga Rp30 jutaan masih menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki kebutuhan penting akan mobil, terutama untuk pekerjaan dan hal-hal lain yang produktif.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post