Monday, March 08, 2021

author photo
Universitas swasta termurah di Indonesia
Universitas swasta termurah di Indonesia

PojokReview - Ujian akhir sebentar lagi dan tentunya siswa yang baru lulus dari SMA akan segera dihadapkan pada pilihan untuk kuliah di mana. Tentunya, semua tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di universitas negeri. Hal itu dikarenakan rata-rata universitas swasta dikenal dengan biayanya yang cukup mahal.


Sebut saja beberapa perguruan tinggi swasta (PTS) yang terkenal di Indonesia misalnya Bina Nusantara (Binus), Universitas Tri Sakti, Telecom University, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Guna Darma dan sebagainya (sekedar menyebut beberapa nama) memiliki biaya kuliah yang cukup tinggi. Bahkan, rata-rata di atas Rp10 juta per semester.


Tentunya, bagi kalangan menengah ke atas, biaya Rp10 juta ke atas per semester bisa dikatakan ringan. Namun bagi kalangan menengah ke bawah, bisa jadi akan sangat kesulitan membayarnya. Karena itu, universitas negeri akan menjadi incaran. Namun, kalau tidak lulus ketika ujian masuk universitas negeri, apakah ada universitas swasta yang biayanya cukup murah untuk menengah ke bawah?


Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Universitas Swasta dengan Biaya Murah




Orang-orang bilang, ada harga ada rupa. Makanya, universitas swasta yang sangat mahal tentunya tetap menjaga kualitasnya sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia. Karena itu, ketika memilih universitas swasta murah, Anda perlu jeli untuk mendapatkan universitas berkualitas.


Berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan sebelum memutuskan memilih universitas swasta murah.


Cek Rangking Universitas Swasta


Ini yang pertama kali bisa Anda lakukan sebelum memutuskan memilih universitas yang dituju. Pastikan kualitasnya dengan cek rangking universitas swasta tersebut. Anda bisa cek di situs resmi Kemenristekdikti untuk memastikannya. 


Bila Anda ingin kuliah di luar negeri dan menuju universitas swasta, Anda bisa cek dulu rangkingnya di QC World University Ranking. Dari pengecekan rangking, secara kasar Anda bisa langsung menakar kualitas dari universitas tersebut.


Perhatikan yang ada di atas dan di bawah universitas swasta tujuan Anda. Apakah universitas swasta tersebut cukup baik untuk bersaing dengan universitas lainnya, khususnya universitas negeri?


Cek Akreditasi Universitas Swasta


Selanjutnya, setelah melihat rangking universitas swasta tujuan Anda, cek pula akreditasinya. Ada akreditasi universitas secara keseluruhan, juga ada akreditasi jurusan, fakultas, sampai ke program studi (Prodi).


Tentunya, akreditasi yang terbaik adalah A, karena hal itu menunjukkan bahwa universitas swasta yang Anda tuju telah memenuhi kualitas yang baik di segala sisi. Mulai dari infrastruktur, fasilitas, pengajar, citra, sampai alumninya. Anda bisa mengunjungi website BAN-PT untuk melihat akreditasi dari universitas swasta yang Anda tuju.


Setidaknya, baik kampus, fakultas, jurusan, maupun prodi yang Anda tuju terakreditasi B. Akreditasi B masih berarti "baik", sedangkan C berarti "kurang baik". Hindari universitas yang belum terakreditasi.


Atau, bisa juga universitas swasta yang Anda tuju memiliki akreditasi yang kurang untuk keseluruhan. Anggap saja, kampusnya masih terakreditasi C. Namun, kebetulan jurusan yang Anda tuju malah terakreditasi A. Ini tentunya bisa juga dipertimbangkan.


Usia Kampus, Lokasi dan Fasilitas


Berikutnya, Anda bisa mencoba browsing dulu di internet untuk mencari tahu berapa lama usia kampus tersebut, di mana lokasinya serta apa saja fasilitas yang dimilikinya.


Usia kampus menunjukkan konsistensi dari kampus tersebut. Itu juga menunjukkan bahwa kampus ini tetap menjaga kualitas dalam kurun waktu yang lama.


Lokasi kampus tentunya akan memudahkan Anda untuk mencari tempat kos terdekat, juga akses transportasi ke kampus tersebut. 


Fasilitas, tentunya sangat penting karena kampus Anda harus lengkap fasilitasnya agar proses belajar menjadi lebih lancar dan aman.


Setelah memerhatikan poin-poin di atas, berikutnya PojokReview akan mencoba memberikan rekomendasi universitas swasta termurah yang berkualitas untuk Anda pertimbangkan. Apa saja? Simak rekomendasi universitas swasta termurah di Indonesia berikut ini:


STKIP Kumala Lampung


Universitas swasta yang pas untuk Anda yang ingin kuliah jurusan pendidikan dengan gelar S.Pd namun biaya kuliah sangat terjangkau adalah STKIP Kumala yang berada di Kota Metro, Provinsi Lampung. Beberapa tahun terakhir, STKIP Kumala menjadi universitas swasta dengan biaya termurah di Indonesia.


Biaya kuliahnya hanya Rp125.000 saja per semester. Sedangkan biaya termahal hanya Rp400.000 per semester. Tentunya sangat terjangkau, bukan?


STIE Mahardika Surabaya


Siapa bilang kuliah di kota besar melulu mahal? Universitas swasta yang terletak di Kota Surabaya alias kota terbesar nomor dua di Indonesia satu ini justru cukup murah. Bayangkan saja, SPP di STIE Mahardika Surabaya hanya sekitar Rp300 ribu per semester.


Karena sangat murah, wajar saja kalau STIE Mahardika selalu mendapatkan banyak mahasiswa setiap tahunnya. Meski murah, namun STIE Mahardika juga tetap menjaga mutu dan kualitas kampusnya.


Universitas Bung Karno (UBK)


Universitas swasta satu ini memang berada di bawah Yayasan Pendidikan Soekarno. Ditujukan untuk masyarakat kelas bawah yang ingin terus belajar untuk menjadi generasi maju dan siap bersaing.


Karena ditujukan untuk kelas bawah, meski berada di Kota Jakarta, namun biayanya sangat terjangkau. Rata-rata SPP di UBK hanya Rp400 ribu per semester.


Universitas Mercu Buana


Universitas swasta yang bisa Anda tuju di Yogyakarta dengan biaya yang sangat murah adalah Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Dengan fasilitas yang cukup mumpuni serta kualifikasi pengajar yang bersaing, biaya kuliah di UMBY justru sangat murah.


Rata-rata biaya kuliah di Universitas Mercu Buana adalah Rp400.000 hingga Rp500.000 per semester untuk kelas regulernya. Ditambah lagi, Yogyakarta juga dikenal cukup murah untuk biaya hidupnya, jadi bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda.


Universitas Sawerigading


Menyebut universitas swasta di Makassar, maka Anda akan mendengarkan nama Universitas Sawerigading. Universitas ini sangat pas untuk Anda yang ingin kuliah di universitas swasta yang memiliki kualitas baik.


Biayanya juga ramah di kantong. Rata-rata SPP di universitas satu ini adalah Rp500 ribu hingga Rp600 ribu per semester.


Universitas Selamat Sri


Universitas swasta satu ini terletak di Kendal, Jawa Tengah. UNISS Kendal, begitu kampus ini sering disebut, dikenal pula sebagai salah satu universitas swasta termurah di Indonesia.


Bagaimana tidak, universitas yang dimiliki Yayasan Wakaf Selamat Rahayu Kendal ini hanya mematok biaya mulai dari Rp250.000 per semester untuk mahasiswanya.


Universitas Pamulang


Berikutnya, bila Anda ingin kuliah di Tangerang, Banten maka Anda bisa mencoba di Unipam alias Universitas Pamulang Tangerang. Unipam memang dilahirkan untuk mendukung pendidikan tinggi bagi masyarakat menengah ke bawah.


Meski demikian, fasilitas dan infrastrukturnya cukup baik untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Ditambah lagi, kualifikasi pengajarnya juga bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. Biayanya sangat murah, yakni Rp100.000 per bulan atau Rp600.000 per semester. Yah, Anda bisa membayar per bulan, atau per semester untuk kuliah di sini.


Itu tadi 7 universitas swasta dengan biaya termurah di Indonesia. Kesemuanya memiliki biaya di bawah Rp 1 juta per semester yang jadinya tidak memberatkan orang tua Anda, bukan? Jadi, jangan putus kuliah karena takut bayar mahal.


Tentunya, rekomendasi universitas swasta biaya termurah di atas bisa jadi bahan pertimbangan sebelum Anda benar-benar memutuskan kuliah selepas SMA ini.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post