Wednesday, May 05, 2021

author photo
Resep minuman segar dari Dawet

PojokReview.com - Jajanan tradisional tidak akan pernah lekang oleh waktu. Sehingga kini masih banyak yang suka karena tidak menimbulkan kebosanan ketika dikonsumsi. Salah satu jajanan tradisional yaitu dawet. Dawet ini dibuat dari tepung beras sehingga mengenyangkan. Dawet biasanya dicampurkan dengan minuman yang enak. Selain minuman ternyata dibuat jadi cemilan juga enak. Sebelum mengolah dawet menjadi berbagai minuman dan cemilan enak. Berikut resep minuman segar cara membuat dawet yang mudah.


Bahan-Bahan Dawet


  1. Tepung beras 4 sendok makan
  2. Tepung tapioka 4 sendok makan
  3. Air 370 ml
  4. Garam 1 sendok teh lebih dikit
  5. Pewarna hijau secukupnya
  6. Plastic segitiga
  7. Es batu
  8. Air di dalam wadah besar


Cara membuat Dawet


  1. Campurkan tepung tapioka, tepung beras, air 370ml, garam dan pewarna hijau secukupnya saja. Terlalu banyak nanti pahit. 
  2. Aduk hingga semuanya tercampur dan masak hingga mendidih dan kental. 
  3. Setelah itu masukkan ke dalam plasti dan lubangi ujungnya.
  4. Masukkan adonan cendolnya sesuai ukuran plastik.
  5. Cetak ke dalam wadah berisi air dan es batu
  6. Sekarang dawet sudah jadi dan taruh di wadah.
  7. Dawet siap dibuat berbagai minuman atau cemilan


Bermacam Resep Minuman dan Camilan dari Dawet


Es Cendol Dawet Gula Merah


Membuat es cendol dawet jadi minuman yang menyegarkan enak sekali. Bahan-bahan yang dibutuhkan dawet ayu secukupnya, gula merah, daun pandan, air dan santan kelapa. Siapkan es batu secukupnya.


Anda masak air dan gula merah dahulu hingga mendidih. Jangan lupa masukkan daun pandan dan kemudian masukkan santan kelapanya. Aduk terus hingga mendidih. Setelah itu tuangkan pada gelas yang berisi dawet ayu dan berikan es batu.


Agar-Agar Cendol Manis


Siapkan bahan-bahan yaitu agar-agar 1 sachet, gula putih 100 gram, dawet ayu, santan kelapa 1 sachet dan air 200 ml. Siapkan juga coklat bubuk 1 sendok makan. Anda siapkan wadah kotak untuk agarnya.


Tuangkan agar-agar ke dalam panci, tambahkan gula dan airnya. Masak dengan api sedang dan masukkan coklat bubuknya setelah itu aduk hingga mendidih dan kemudian setelah matang masukkan dawetnya dan tuangkan ke dalam wadah kotak tadi.


Es Cendol Dawet Nangka


Siapkan dawet ayu sesuai keinginan anda, nangka 2 buah, gula merah 3 buah, daun pandan 3 lembar, santan kelapa 1 sachet. Pilih santan kelapa kara yang isinya 60 n0 ml. siapkan air 300 ml.


Tuang air ke dalam panci dan masukkan gula merah dan daun pandan. Tambahkan santan kelapa dan kemudian aduk agar tidak pecah. Santan yang pecah akan menyebabkan tidak enak dan bercerai airnya. Setelah itu masukkan ke dalam gelas berisi dawet dan selanjutnya berikan irisan nangkanya.


Es Dawet Mutiara Manis


Siapkan bahan-bahan seperti tepung sagu Mutiara, gula merah 4 buah, daun pandan 2 lembar, santan kelapa kara 60 ml, dawet ayu. Siapkan topping tambahan yaitu buah kelapa muda yang sudah diserut secukupnya.


Masak tepung sagu Mutiara dengan air hingga kenyal dan sisihkan. Masak gula dan santan bersama daun pandan yang diberikan air. Setelah itu tuang ke dalam mangkuk berisi sagu Mutiara dan dawetnya. Sekarang tambahkan es batu dan juga kelapa muda serut tadi. anda bisa menambahkan kental manis jika merasa kurang manis.


Keempat resep dawet olahan diatas bisa anda coba dengan mudah bukan? Selamat mencoba dan share di media sosial agar banyak yang suka. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post