close

Monday, May 10, 2021

author photo
Mode Dry di AC



PojokReview - Anda pengguna AC (Air Conditioning) di rumah? Tentunya, Anda tahu bahwa setidaknya ada 4 mode dengan fungsi yang berbeda-beda di AC Anda yang bisa Anda manfaatkan sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah mode dry yang sangat berguna di musim hujan. Apa saja fungsi dan kelebihan dari mode dry ini?


Sebelum masuk ke ulasan mode dry alias mode kering, kita akan membahas terlebih dulu apa saja 4 mode yang minimal dimiliki oleh AC di rumah Anda. Keempat mode tersebut adalah mode fan (kipas), mode cool (mode dingin), mode auto, dan terakhir mode dry.


Mode fan alias mode kipas menjadikan AC unit di dalam ruangan atau AC indoor bekerja, namun AC unit yang berada di luar ruangan (AC outdoor) tidak beroperasi. Jadinya, kerjanya mirip seperti kipas angin, di mana angin yang dihirup dan dihembuskan oleh AC adalah udara dari ruangan yang sama. Bedanya dengan kipas angin, akan ada proses pendinginan terlebih dulu, sehingga angin yang dihembuskan akan lebih sejuk.


Mode cool alias mode dingin adalah mode yang berfungsi menjadikan ruangan lebih sejuk, dan kompresor akan bekerja lebih optimal. Nantinya setelah suhu sudah seperti yang dibutuhkan, maka kompresor mati dan giliran kipas AC yang akan bekerja. Biasanya, mode dingin ini akan digunakan ketika musim panas atau musim kemarau.


Lalu, ada mode otomatis (auto) yang ditujukan untuk AC bisa bekerja secara otomatis, mendeteksi suhu dan mengatur kerja kompresor, juga kecepatan kipas sesuai dengan suhu yang dibutuhkan.


Lalu bagaimana dengan mode dry? Mode dry atau mode kering berfungsi untuk menurunkan kadar air yang ada di udara. Biasanya, penggunaan mode dry ini akan lebih optimal di musim penghujan. Saat itu, udara mengandung lebih banyak kandungan air, sehingga ruangan menjadi lembab. Kelembaban udara yang sangat tinggi di musim hujan tentunya bisa membuat Anda terkena masalah kesehatan.


Karena itu mode dry diciptakan untuk menurunkan kelembaban udara, sekaligus menyejukkan. Dengan demikian, kinerja AC akan seperti dehumidifier, yang mampu menyejukkan ruangan namun sekaligus mengurangi kelembabannya.


Jadi, di musim penghujan, jangan gunakan mode cool, atau mode otomatis. Karena, AC tidak mengurangi kelembaban udara, dan kadar air di dalamnya. Hasilnya, udara yang basah di dalam ruangan akan tetap terhirup, dan akhirnya berpengaruh pada kesehatan paru-paru Anda.


Kelebihan Mode Dry di AC


Mode dry tidak hanya membuat Anda nyaman di ruangan ber-AC, tapi juga membuat daya listrik yang diperlukan AC menjadi berkurang. Karena mode dry menjadikan kompresor, serta kipas AC akan bekerja dengan lebih rendah. Hasilnya, keperluan tegangan listrik juga lebih rendah, yang berarti lebih hemat listrik. Apalagi, untuk mendapatkan hasil yang sama, maka Anda akan menggunakan dehumidifier dalam tenaga penuh, yang akan lebih boros penggunaan listriknya ketimbang mode dry di AC.


Dengan kinerja yang lebih ringan pada komponen-komponen dalam AC, tentunya AC Anda juga akan lebih hemat listrik. Itu berarti, Anda bisa menekan biaya bulanan atau tagihan listrik menjadi lebih murah hingga 40 persen. Tidak hanya itu, dengan kinerja yang cukup rendah, maka komponen di dalam AC akan lebih lama daya tahannya. Itu berarti, AC Anda juga akan menjadi lebih awet serta tidak terus-terusan harus menghubungi jasa service AC misalnya.


Cara mengaktifkan mode dry ini Anda tinggal menekan tombol dengan ikon Mode di remote AC Anda. Setelah itu, pilih mode Dry, atau terkadang berlambang seperti tetesan air yang ada garis di tengahnya.


Tambahan lainnya, Anda sebaiknya tetap menggunakan semacam lotion pelindung kelembaban kulit ketika berada di ruang ber-AC yang menggunakan mode dry. Apalagi, bila Anda terlalu lama berada di ruangan tersebut. Sebab, karena kelembaban udara berkurang, sebagian orang akan mendapat masalah kulit kering. Karena itu, lotion tadi akan sangat membantu untuk mencegah hal itu terjadi.


Jadi, bila Anda ingin mencari produk AC, disarankan AC yang Anda beli memiliki mode dry di dalamnya. Apalagi, bila disematkan dengan teknologi terbaru yang sangat ramah lingkungan, tentunya Anda menjadi pendukung lingkungan yang bersih dan sehat.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post