close

Wednesday, June 23, 2021

author photo

PojokReview - Gambar meme di atas tentunya hanya lucu-lucuan, begitu juga tulisannya. Faktanya dari acara Benteng Takeshi (Takeshi Castle) disiarkan di negara asalnya, Jepang sampai keseluruh negara lainnya termasuk Indonesia, sampai akhir hanya ada 8 orang yang mampu mengalahkan Takeshi di partai terakhir.


Acara satu ini salah satu tontonan di awal tahun 2000-an yang disiarkan di TPI (sekarang MNC TV) sekitar pukul 16.00. Meski saat ini di-remake ke versi Indonesia, tentu kenangan Takeshi Castle yang asli tidak akan hilang dari ingatan anak-anak era itu (yang sekarang rata-rata sudah jadi ayah dan ibu muda). 


Raja Takeshi diperankan oleh Takeshi Kitano, seorang aktor kenamaan di Jepang. Perlu dicatat bahwa acara ini merupakan acara mingguan dan sebanyak 15 juta orang menonton acara ini setiap episodenya di Jepang (disiarkan oleh Toky Broadcasting System).


Satu hal yang perlu diketahui adalah, sejak awal bermula hingga acara tersebut dihentikan, hanya ada 8 orang saja yang berhasil mengalahkan Raja Takeshi. Para pemenang ini mendapatkan hadiah 1 juta won, jumlah yang sangat besar bahkan bisa membuat pemenangnya bertahan hidup hingga belasan tahun ke depan.


Tapi tahukah Anda, bahwa jumlah orang yang berhasil mengalahkan raja Takeshi tersebut kalah dengan jumlah orang yang pernah menginjakkan kaki ke bulan. Hingga ada meme seperti di atas, yang menyebutkan bahwa memenangkan Takeshi Castle tersebut lebih sulit daripada ke bulan, mengingat jumlah yang berhasil jauh lebih sedikit.


Diikuti ratusan peserta, sampai final hanya tinggal 1 - 6 orang


Awalnya, ada ratusan peserta yang mengikuti tantangan untuk mengalahkan raja Takeshi. Ratusan peserta itu terseleksi lewat tantangan-tantangan yang harus dilewati untuk menuju benteng Takeshi.


Puluhan orang gugur di setiap rintangan menyisahkan hanya satu sampai enam orang saja yang berhasil berhadapan dengan Raja Takeshi secara langsung. Lalu, mereka akan "perang" dengan pistol air, di mana peserta menggunakan pistol berlaras pendek, sedangkan raja Takeshi menggunakan senapan laras panjang. Tentunya tekanan airnya juga berbeda.


Tidak ada korban meninggal karena mengikuti acara ini. Tapi, jumlah korban cedera sampai ratusan orang. Berikut data jumlah kontestan yang cedera setelah mengikuti acara Takeshi Castle.


  1. Tulang rusuk patah 41 orang
  2. Rahang patah 19 orang
  3. Dagu memar 312 orang
  4. Tulang kering memar 282 orang
  5. Pingsan 9 orang
  6. Gegar otak 35 orang
  7. Jatuh terdorong angin 276 orang
  8. Tengkorak retak 2 orang
  9. Gangguan pada mata 112 orang
  10. Otot robek 62 orang


Kisah yang paling viral di saat itu adalah seorang mahasiswa bernama Takahiro Saito yang masih berusia 19 tahun saat menjadi kontestan Takeshi Castle. Ia terjatuh dalam ketinggian hampir 2 meter dan kakinya masuk dalam parit berair sedalam 1,2 meter. Kejadian itu membuat mahasiswa menderita patah kaki.


Melihat data yang cukup mengerikan tersebut, acara Benteng Takeshi bisa dikatakan salah satu reality show tersulit untuk dikalahkan oleh pesertanya. Acara ini sempat ditayangkan ulang beberapa kali, hingga akhirnya diremake dalam berbagai versi, mulai dari Thailand, sampai Indonesia. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post