close

Wednesday, July 07, 2021

author photo
Perbedaan "Merah" di Bendera Indonesia, Polandia, dan Monaco
Perbedaan "Merah" di Bendera Indonesia, Polandia, dan Monaco

PojokReview - Bendera Polandia berkibar di perhelatan Euro 2020, dengan mengedepankan nama Lewandowsky. Sayang sekali, langkah Polandia terpaksa terhenti karena dikalahkan Swedia di partai terakhir. Alhasil, bendera putih merah Polandia tidak berkibar lagi di Euro.


Selain di Euro, bendera merah putih juga tampak berkibar ketika Grand Prix F1 Monaco dihelat. Sejumlah pengemudi jet darat terkenal dunia saling beradu untuk berdiri di atas podium di jalanan sirkuit Monaco. Dalam perhelatan balap jet darat terbesar di dunia itu, bendera merah putih juga terus berkibar.


Ditambah lagi dengan kedigdayaan klub AS Monaco asal negara kecil tersebut yang bergabung di Liga Prancis. AS Monaco melaju ke final Piala Perancis sebelum kalah dengan PSG, juga ikut berjibaku di liga klub sepak bola tertinggi di benua biru, Liga Champions.


Namun, apakah warna merah putih tersebut sama dengan bendera Indonesia yang juga berwarna merah putih? Apa perbedaan merah putih Indonesia dengan warna bendera Monaco, juga Polandia (putih-merah)?


Apakah bendera Indonesia adalah bendera Polandia yang dibalik? Atau, jangan-jangan di kedutaan Indonesia di Polandia (juga kedutaan Polandia di Indonesia) mereka cukup menggunakan bendera setempat yang dibalik?


Oh, ternyata tidak semudah itu ferguso! Bendera adalah harga diri bangsa, dan tidak bisa dianggap seenteng itu. Masing-masing warna memiliki filosofi sendiri. Mungkin Anda pernah melihat meme di bawah ini sebelumnya.


Yah, ternyata untuk warna "merah" saja di gambar di atas terdiri dari 3 jenis yang disebutnya sebagai "wine red", "dark red", dan "scarlet". Tapi bila Anda melihat kode warna RGB untuk warna merah, masih terlalu banyak pilihan warna merah lainnya. Warna merah yang sesungguhnya menggunakan kode heksadesimal #FF000 dan RGB 255.


Namun masih ada juga merah karat (rusty red), merah pigmen (pigment red), merah damkar (fire engine red), scarlet, cardinal, merah ruby, crimson, imperial red, merah spanyol, merah tua, merah salmon, merah coral, merah muda, dan sebagainya. Setiap "merah" itu punya ciri, sifat, dan filosofi sendiri.


Kembali ke bendera tiga negara; Indonesia, Monaco, dan Polandia. Perlu diketahui bahwa warna merah dari setiap negara ini berbeda!


Perbedaan warna merah di bendera Indonesia, Monaco, dan Polandia


Merah di Bendera Indonesia

Merah di Bendera Indonesia

Merah di bendera Indonesia dalam skema warna RGB adalah 255-0-0. Dengan kata lain, merah yang digunakan di Indonesia adalah "merah sebenar-benarnya" dengan kode heksadesimal #FF000.


Merah di Bendera Monaco

Merah di bendera Monaco

Warna merah di bendera Monaco, jauh lebih muda. Merah dalam skema warna RGB adalah 206-17-38. Itu berarti, ada campuran sedikit hijau (17) dan biru (38) yang dikombinasikan dengan warna merah untuk membentuk warna bendera Monaco.


Merah di Bendera Polandia

Merah di bendera Polandia

Polandia justru sangat berbeda, karena kode warna "merah" di benderanya adalah #DC143C yang dikategorikan sebagai "Crimson" dengan skema warna RGB 220-20-60. Dengan perbedaan yang kentara, tentunya Anda akan "ketahuan" bila mengibarkan bendera Monaco, atau malah bendera Polandia terbalik di depan rumah saat perayaan 17 Agustusan, yah!


Perbedaan rasio


Selain perbedaan di warna merahnya, juga perbedaan kentara terlihat dari rasio tinggi banding lebarnya. 




  • Bendera Indonesia memiliki rasio 2:3. Kira-kira untuk ukuran bendera standar adalah 120x180 cm untuk penggunaan umum. 
  • Bendera Monaco memiliki rasio 4:5 jadi lebih condong ke persegi.
  • Bendera Polandia memiliki rasio 5:8. 


Ketiganya memiliki rasio ukuran yang sangat jauh berbeda. Ditambah dengan warna merah yang digunakan juga sangat berbeda.


Sejarah bendera ketiga negara


Secara singkat, kita sepakati bahwa bendera Merah Putih Indonesia diresmikan tahun 1945, itu pengibaran pertama bendera Indonesia. Namun, bendera Merah Putih Indonesia bersumber dari bendera yang digunakan Kerajaan Majapahit sejak abad ke-8.


Bendera Monaco diresmikan ketika tahun 1881, dan warna bendera tersebut bersumber dari bendera Grimaldi Family yang mendirikan Monaco di abad ke-14.


Bendera Polandia diresmikan tahun 1919, dan sumber inspirasinya adalah warna persemakmuran Pola-Lithuania sejak abad ke-16.


Yah, dari fakta sejarah tersebut, bendera Merah Putih Indonesia adalah bendera yang "cikal-bakalnya" berusia paling tua. Namun, sebagai bendera resmi negara, bendera Merah Putih Indonesia adalah yang paling muda.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post