close

Sunday, August 22, 2021

author photo


PojokReview.com - Ketika seseorang terkena masalah psikologis, tentunya datang ke psikolog adalah pilihan yang paling tepat. Meski demikian, tidak semua hal akan dikatakan oleh psikolog kepadamu. Bila Anda adalah (anggap saja) seorang pasien seorang psikolog, maka Anda harus tahu bahwa tidak semua hal terkait masalah Anda akan disampaikan oleh psikolog tersebut. Ada beberapa hal lainnya justru menjadi sebuah rahasia. Apa saja rahasia dari seorang psikolog yang biasanya jarang dikatakan pada pasiennya?


Pertama, ini mungkin yang paling sering ditemukan meski tidak semua psikolog melakukan hal yang sama. Sebagian besar psikolog akan mengetahui apa akar dari masalah Anda di beberapa sesi terapi awal. Namun, psikolog memilih untuk tidak menyampaikan hal tersebut pada pasiennya. Bila Anda bertanya mengapa hal tersebut terjadi, jawabannya adalah sebagian besar psikolog akan memilih untuk menuntun pasiennya untuk menemukan jawaban itu sendiri. Sebab solusi dari masalah Anda adalah dari dalam diri Anda sendiri, sehingga justru psikolog akan menuntun Anda untuk mengetahui apa akar dari masalah Anda.


Kedua, psikolog akan menyimpan informasi penting terkait pasien tersebut. Hal itu biasanya ditujukan demi kebaikan pasien itu sendiri. 


Ketiga, terkadang psikolog juga punya masalah yang harus ia selesaikan. Hal itu dikarenakan psikolog juga manusia biasa. Maka, jangan terkejut kalau Anda justru akan menemukan psikolog yang mendatangi psikolog lain untuk sesi terapi. Kenapa psikolog justru membutuhkan sesi terapi, alih-alih menyembuhkan masalahnya sendiri? Ternyata, hal itu dikarenakan bahkan seorang psikolog pun butuh perspektif lain untuk dapat menyelesaikan masalah pribadinya.


Keempat, percayalah bahwa sebenarnya ada pembatasan yang diberlakukan seorang psikolog untuk dirinya dengan pasiennya. Dengan kata lain, psikolog tidak boleh dan tidak bisa tidak terlibat dengan kehidupan dan masalah pasiennya, tapi juga tidak boleh dan tidak bisa terlalu terlibat. Dengan pembatasan tersebut, psikolog mampu melakukan penanganan masalah pada pasiennya secara profesional.


Kelima, dari beberapa survey pada para psikolog, diketahui bahwa masalah Narcissistic Personality Disoder, Anti Social Personality Disoder, Paranoid Personality Disoder, dan Boderline Personality Disoder berada di urutan teratas untuk kategori permasalahan yang paling sulit diselesaikan.


Keenam, rata-rata psikolog akan menyelesaikan suatu masalah berbasis pengalaman masa lalu dari psikolog tersebut. Namun apabila ternyata hal itu tampak tidak berpengaruh pada masalah Anda, maka segera katakan pada psikolog Anda. Maka, psikolog Anda akan segera menyarankan psikolog yang lain untuk Anda, yang sesuai dengan masalah Anda.


Ketujuh, psikolog tentunya akan memberikan arahan bahkan tugas untuk pasiennya agar bisa sembuh. Namun, bila Anda tidak melakukannya, mereka akan segera memberikan saran yang sama untuk dilakukan. Bila Anda tetap bebal dan tak melakukannya, psikolog masih akan terus memberikan saran yang sama. Kemungkinan besar, psikolog itu menahan rasa kesalnya pada Anda agar masalah Anda bisa teratasi dan tidak menambah masalah lain.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post