close

Friday, August 20, 2021

author photo


PojokReview.com - Menjadi guru di era teknologi sekaligus masih dirundung pandemi seperti saat ini, berarti memerlukan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni. Pertanyaannya, apa spesifikasi dan rekomendasi laptop terbaik untuk guru di era teknologi seperti saat ini?


Sebelum membahas spesifikasi laptopnya, sebelumnya kita cari tahu dulu apa saja kegunaan laptop bagi guru. Dengan melihat kegunaannya, maka kita bisa menganalisa spesifikasi minimal yang bisa membuat guru tetap mampu bekerja dengan baik.


Laptop terbaik yang sesuai kebutuhan guru


Sekarang, pertanyaannya adalah Anda guru di sekolah dasar, SMP, atau SMA? Karena kebutuhan ketiganya sangat berbeda. Meski demikian, kita tetap melihat dulu apa saja yang diperlukan seorang guru dari laptopnya.


Pertama, laptop yang mampu membuat slide presentasi sekaligus mempresentasikannya. Itu berarti, laptop Anda cukup mumpuni untuk membuat Ms Power Point bisa bekerja dengan baik dan tidak nge-lag. Tidak hanya ketika membuat slide tersebut, tapi juga ketika akan mempresentasikannya.


Kedua, laptop terbaik untuk menginstal sejumlah aplikasi atau software penting seperti pengisian nilai, data guru, data siswa, dan sebagainya.


Ketiga, laptop terbaik yang mampu bekerja di website tertentu. Sebab, sekolah biasanya memiliki website dan proses belajar mengajar biasa dilakukan melalui website tersebut. Tentunya, diperlukan laptop yang tetap tidak lemot ketika masuk di website untuk hal-hal tertentu. Apalagi, kita tahu bahwa Google Chrome merupakan salah satu aplikasi yang membutuhkan banyak memori untuk bisa berjalan tanpa nge-lag.


Keempat, laptop terbaik untuk zoom, google meet atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mengajar daring tanpa nge-lag.


Mungkin masih banyak hal lain yang diperlukan guru dari laptop yang dimilikinya. Namun, keempat hal di atas merupakan yang utama dan mutlak dipenuhi. Nah, sekarang apa spesifikasi laptop terbaik untuk memenuhi pekerjaan guru di era teknologi ini?


Laptop terbaik untuk bisa mengerjakan semua yang dibutuhkan guru di atas minimal memiliki prosesor dengan kecepatan gigahertz (GHz) yang cepat. Selain itu, Anda juga membutuhkan RAM yang cukup banyak agar beberapa aplikasi yang digunakan bisa berjalan dengan baik.


Selanjutnya, Anda juga membutuhkan Hard Disk alias ruang penyimpanan yang besar sehingga bisa menampung lebih banyak file. Apalagi, rata-rata tugas anak berbentuk presentasi, video, dan dokumen. Anda tentunya membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan di laptop Anda.


Mengacu dari hal-hal di atas, setidaknya Anda memiliki laptop dengan spesifikasi sebagai berikut.


  • Prosesor minimal Intel Core 3
  • RAM minimal 4GB
  • Hard drive minimal 120 GB untuk SSD dan 500 GB untuk HDD
  • OS atau sistem operasi minimal adalah Windows 10
  • Browser minimal adalah Google Chrome atau Mozila Firefox.


Dengan spesifikasi tersebut, tentunya kinerja Anda akan lebih baik. Berikut beberapa rekomendasi laptop terbaik untuk guru. Untuk harga, PojokReview mengambil sampel dari situs Ceklist.id.


Laptop Dell XPS 13



Laptop satu ini merupakan laptop super tipis dengan ketebalan hanya 8 mm dan 13,7 mm saja. Layar ultrasharp QHDSHarp + 3200x1800 pixel mampu menghadirkan gambar super tajam.


Terpenting, laptop ini memiliki RAM 16GB dan SSD hingga 1 TB yang bisa menampung semua pekerjaan dan file Anda hingga 1 tahun pelajaran. Laptop ini juga memiliki suhu yang selalu normal, jadi tidak perlu bawa kipas laptop ke mana-mana. Ditambah lagi, bobotnya hanya 1,2 kg. 


Kelebihan lainnya adalah, bisa diputar 360 derajat layarnya. Dilengkapi pula dengan pena Dell Actie Pen yang bisa membuat Anda menulis tangan di layarnya. Satu-satunya "kekurangan" dari laptop ini adalah harganya yang cukup tinggi mencapai Rp14 jutaan. 


Laptop Asus ZenBook Flip UX461UN



Laptop terbaik berikutnya adalah laptop Asus ZenBook Flip UX461UN. Laptop satu ini diklaim sebagai laptop tertipis di dunia, serta sangat ringan bobotnya. Layarnya juga bisa dilipat 360 derajat dan layarnya bisa touch screen.


Terpenting adalah, spesifikasi laptop untuk sangat mumpuni untuk mendukung kerja. Intel Core i7 yang didukung RAM 16 GB tentunya menjadikan semua aplikasi bisa berjalan lancar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuka lebih banyak aplikasi bersamaan tanpa takut nge-lag.


Harganya juga masih cukup tinggi, mengingat spesifikasi maksimalnya. Laptop satu ini dibanderol dengan harga Rp12 juta.


Apple Macbook Air 2020



Berikutnya adalah produk dari Apple, yakni Apple Macbok Air 2020. Produk satu ini menjadi salah satu andalan dari Apple yang sangat efektik digunakan untuk bekerja. Prosesor dual core i5 bekerja dengan baik dengan dukungan RAM 6GB.


Tidak hanya itu, laptop dengan layar 13,3 inch ini memiliki bobot yang ringan, yakni hanya 1,29 kg. Ruang penyimpanan mulai dari 256 GB hingga 1 TB menjadikan Macbook Air 2020 mampu menyimpan lebih banyak dokumen.


Produk ini dibanderol seharga Rp16 jutaan di pasaran.


Laptop Acer ChromeBook 514



Selanjutnya ada produk andalan dari brand Acer. Produk yang direkomendasikan adalah Acer Chromebook 514. Produk satu ini memiliki layar touch screen seluas 14 inch.


Kelebihan lainnya adalah baterainya bisa tahan hingga 12 jam ketika digunakan penuh. Ditambah lagi spesifikasinya sangat mumpuni untuk memenuhi pekerjaan Anda. Bahan pembuat laptopnya juga metal yang menjadikannya lebih kokoh dan kuat. 


Laptop ini juga bisa menjadi pilihan yang terjangkau karena harganya masih cukup murah ketimbang beberapa rekomendasi laptop terbaik di atas. Harganya mulai dari Rp7 jutaan.


Laptop Toshiba Portege X20W


Sekarang giliran brand asal Jepang, Toshiba yang punya produk pas untuk Anda. Laptop yang direkomendasikan berikutnya adalah Toshiba Portege X20W. Produk ini diperkuat dengan core i7-7500U di dapur pacunya, yang menjadikan kecepatan kerja bisa menyentuh angka 3,5GHz.


Layarnya 12,5 inch yang menghadirkan gambar super jernih, serta dilindungi oleh corning gorilla glass 4. Tidak hanya itu, laptop ini juga memiliki ruang penyimpanan yang besar, bahkan SSD-nya mencapai 256 GB. RAM 8GB menjadikan kinerja laptop ini anti lelet.


Produk satu ini juga memiliki daya tahan baterai yang memukau. Untuk harga, produk ini dibanderol seharga mulai dari Rp6 jutaan.


Itu tadi rekomendasi laptop terbaik yang bisa digunakan oleh guru agar mengajar dengan lebih aman dari gangguan lemot atau nge-lag. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post