close

Sunday, August 15, 2021

author photo
Rekomendasi 5 Situs Cek Plagiarisme Online

PojokReview.com - Di era teknologi seperti saat ini, semua sumber tulisan bisa dengan mudah diakses. Karena itu, Anda bisa menulis artikel dengan tema apa saja dengan mengumpulkan berbagai sumber dari internet. Namun, berhati-hati karena bisa jadi artikel Anda dicap sebagai artikel plagiat.


Artikel plagiat tentunya akan berdampak buruk bagi citra dan reputasi Anda sendiri. Bagi mahasiswa, apabila tugas, artikel, makalah, dan sebagainya terdeteksi plagiarisme, tentunya akan berdampak buruk bagi nilai yang didapatkan. Sedangkan untuk blogger misalnya, konten yang terdeteksi sebagai plagiarisme tentunya akan memberi dampak buruk pada penghasilan, trafik, dan pencarian di Google.


Belum lagi, Anda bisa saja bermasalah dengan hukum apabila terbukti artikel Anda adalah plagiat. Lalu, bila Anda membuat artikel yang berdasar pada artikel lain sebagai sumber atau rujukan, atau mungkin membuat artikel yang kebetulan mirip, bagaimana agar terhindar dari plagiarisme?


Caranya, sebelum artikel atau tulisan tersebut dipublikasikan, atau dikirimkan, lakukan cek plagiarisme terlebih dulu. Situs atau aplikasi untuk cek plagiarisme ini biasa digunakan oleh para penyedia jasa penulis artikel agar artikel yang dikirimkan pada kliennya benar-benar unik. 


Nantinya, artikel Anda akan dipindai per kalimat. Apabila ditemukan kesamaan struktur kalimat, atau malah kesamaan kalimat, maka kalimat tersebut akan terdeteksi sebagai artikel plagiat. Artikel yang bebas plagiarisme berarti 100% unik alias 0% plagiat. Namun, bila kadar plagiarismenya masih berkutat di angka 10%, biasanya artikel tersebut masih akan dideteksi sebagai artikel unik atau bebas plagiarisme. Berhati-hati saja apabila kadar plagiarismenya berada di atas angka 15% atau malah yang paling parah di atas 30%.


Berikut beberapa situs yang direkomendasikan untuk cek plagiarisme online.


1. SmallSEOtools


Situs satu ini menawarkan banyak fitur, mulai dari SEO tools, pengecekan DA/PA, pemeriksaan grammar, dan sebagainya. Salah satu yang paling sering digunakan dari situs ini adalah cek plagiarisme (plagiarisme checker).


Kelebihannya adalah Anda tidak perlu sign in, atau log in. Juga gratis untuk pengecekan per 1000 kata. Bila artikel yang ingin Anda periksa lebih dari 1000 kata, maka Anda bisa melakukan pengecekan berulang. Jadi, periksa 1000 kata pertama, baru periksa 1000 kata berikutnya hingga selesai.


Cara kerjanya juga mudah, Anda tinggal klik alamat situs SmallSEOtools lalu pilih Plagiarisme Checker di menu atas. Berikutnya, Anda bisa memilih antara unggah file Anda dalam bentuk word dan sebagainya, atau Anda bisa men-copy tulisan Anda dan letakkan (paste) di kotak cek.


Langkah berikutnya adalah centang terlebih dulu rechaptca lalu klik Check Plagiarisme. Berikutnya, Anda tinggal menunggu mesin memindai semua kalimat di artikel Anda. Bila kalimat berwarna hijau, maka selamat kalimat tersebut bebas plagiat. Bila berwarna merah, itu berarti kalimat tersebut plagiat dan akan diberikan tautan menuju artikel yang aslinya.


2. Duplichecker.com


Satu lagi situs yang menyediakan jasa cek plagiarisme online yang gratis dan akurat adalah Duplichecker.com. Cara kerjanya sama seperti situs sebelumnya, Anda tinggal masuk ke situs duplichecker.com dan klik cek plagiarisme. 


Untuk pengecekan gratis, Anda hanya bisa melakukan per 1000 kata. 


3. Grammarly.com


Berikutnya ada situs Grammarly.com yang populer sebagai situs pengecekan grammar atau struktur kalimat berbahasa Inggris. Namun, Grammarly juga menawarkan cek plagiarisme. 


Caranya, Anda masuk ke situs Grammarly.com kemudian klik Plagiarism Detection. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Grammarly.com untuk kemudahan akses dan fitur menarik lainnya.


4. Searchenginereports.net


Situs berikutnya adalah searchenginereports.net. Ada banyak yang ditawarkan oleh situs ini, seperti SEO tools, grammar, dan sebagainya. Tentunya, salah satu yang diandalkannya adalah cek plagiarisme. 


Sama seperti situs-situs sebelumnya, pengecekan di situs ini juga gratis, cepat dan akurat. Tentunya, bila artikel Anda dideteksi sebagai plagiat, di bagian atau kalimat yang dianggap plagiat akan diberikan tautan ke artikel sumbernya.


5. Plagiarsmdetector.net


Bisa dibilang situs satu ini merupakan situs yang khusus mendedikasikan dirinya sebagai alat pendeteksi plagiarisme daring. Bahkan, di halaman muka situs ini, mereka mengklaim dirinya sebagai alat cek plagiarisme paling terpercaya di internet.


Tentunya, sama seperti situs sebelumnya, situs ini juga menawarkan deteksi plagiarisme dengan gratis. Tidak hanya itu, pelaporan hasilnya juga rinci dan akurat dengan bersumber dari miliaran situs web yang ada di muka bumi.


Itu tadi lima rekomendasi cek plagiarisme online yang bisa Anda andalkan untuk menghindarkan artikel Anda dari plagiarisme. Tentunya, Anda bisa mencoba salah satu di antaranya agar terhindar dari plagiarisme yang berdampak buruk bagi diri Anda.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post