close

Wednesday, August 11, 2021

author photo
Nyeri sendi menganggu fungsi dari sendi di lutut
Nyeri sendi menganggu fungsi dari sendi di lutut

PojokReview -Seringkali sendi di lutut terasa nyeri, kebanyakan disebabkan oleh cedera dan radang sendi. Padahal, hal itu bahkan membuat seseorang menjadi sulit untuk berjalan. Yah, fungsi dari sendi di lutut adalah sebagai sendi engsel yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah. Bisa dikatakan, fungsi dari sendi di lutut ialah menjadikan kaki bisa ditekuk dan diluruskan.


Oleh karena itu, nyeri sendi di lutut akan membuat lutut akan terasa sangat sakit dan nyeri hebat ketika digunakan untuk berjalan. Agar terhindar dari nyeri sendi, ada beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan.


Cara mencegah nyeri sendi di lutut


Pertama, pastikan dulu bahwa Anda menggunakan sepatu atau sandal yang ukurannya pas serta nyaman. Terlalu sering menggunakan sepatu dengan hak tinggi misalnya, akan membuat Anda lebih sering terserang nyeri sendi.


Kedua, pastikan Anda selalu melakukan pemanasan yang cukup sebelum berolahraga. Kurang pemanasan akan membuat Anda rentan cedera. Dan bila cedera terjadi di lutut, maka Anda akan sering mengalami nyeri sendi di lutut.


Ketiga, kurangi berat banda Anda dengan diet yang tepat serta pola makan yang baik. Berat badan berlebih tidak hanya akan berdampak pada sendi lutut, tapi juga sakit pada pinggang belakang. Hal itu dikarenakan bagian tubuh bawah akan langsung mendapatkan beban yang berat setiap harinya. Pilih juga makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 agar terhindar dari peradangan sendi yang membuat gejala nyeri.


Keempat, minum susu tulang yang tepat agar kebutuhan kalsium harian Anda terpenuhi. Meski secara tidak langsung menghilangkan nyeri sendi, namun setidaknya Anda akan terhindar dari masalah yang sama di kemudian hari.


Solusi mengobati nyeri sendi di lutut


Pertama, perhatikan dulu apa yang terjadi dengan lutut Anda. Apabila dalam tiga hari ternyata Anda tidak kunjung membaik, juga tidak mampu berdiri dan berjalan dengan sempurna, maka sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter.


Apalagi, bila nyeri sendi di lutut tersebut dibarengi dengan demam, bahkan lutut Anda tampak berubah bentuk. Hal ini mesti ditangani oleh dokter. Apabila Anda biarkan, maka fungsi sendi di lutut akan terus terganggu.


Kedua, bisa jadi nyeri sendi di lutut yang Anda rasakan adalah dampak dari penyakit tertentu. Misalnya penyakit asam urat, kanker, Osgood-Schlatter, Osteoarthritis, dan sebagainya. Apabila nyeri sendi di lutut disebabkan oleh penyakit tersebut, itu berarti tanda bagi Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter.


Ketiga, apabila nyeri lutut Anda cukup ringan, maka Anda bisa mengonsumsi paracetamol atau obat antiinflamasi nonsteroid. Namun sebaiknya lakukan dengan berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter Anda agar tidak salah dosis.


Keempat, bila lutut Anda terasa lemah ketika berdiri dan fungsi sendi di lutut tidak berjalan dengan baik karena penyakit tertentu, maka sebaiknya Anda mengikuti fisioterapi.


Kelima, Anda bisa meminta suntik di sendi lutut untuk meredakan nyeri. Untuk hal ini sebaiknya Anda juga berkonsultasi ke dokter.


Keenam, apabila nyeri sendi di lutut disebabkan karena kelebihan berat badan atau obesitas, maka pilihan terbaik adalah turunkan berat badan Anda sebisa mungkin hingga ideal.


Itu tadi ulasan tentang cara mencegah nyeri sendi di lutut serta beberapa solusi apabila hal tersebut tak kunjung sembuh. Anda juga bisa mencoba mengurangi rokok, mengonsumsi makanan sehat, serta memenuhi kebutuhan kalsium dengan susu kalsium, agar terhindar dari masalah yang sama di masa depan.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post