close

Wednesday, August 25, 2021

author photo

Rp3 Juta Dapat Laptop Apa?


PojokReview - PPKM berlanjut lagi, dan sekolah tatap muka tak kunjung digelar. Itu artinya, dalam beberapa waktu ke depan hingga batas waktu yang belum bisa dipastikan, siswa SD hingga SMA di sejumlah kota Indonesia masih akan belajar online dari rumah. Namun, bila hanya memiliki uang Rp3 juta, dapat laptop apa?


Bila Anda atau mungkin anak Anda masih belum punya laptop hingga saat ini, mungkin sudah sebaiknya mempertimbangkan membeli laptop terbaru. Tentunya, untuk belajar online, laptop yang dibutuhkan tidak perlu yang spesifikasinya terlalu tinggi. Salah-salah malah nanti digunakan anak Anda bermain game alih-alih belajar.


Namun, karena kondisi pandemi yang menurunkan daya beli masyarakat, tentunya laptop yang diperlukan sebisanya harganya murah. Meski murah, tapi laptop tersebut mampu menunjang proses belajar di rumah, juga tidak lemot. Dari hal tersebut maka bisa disimpulkan bahwa laptop yang dibutuhkan adalah laptop yang tidak mahal, tapi tidak lemot ketika digunakan belajar dan mengakses internet, dan sebaiknya tahan lama baterainya.


Untuk itu, direkomendasikan laptop yang harganya sekitar Rp3 jutaan, punya RAM minimal 2GB, prosesor minimal Intel Celeron atau setaranya, dan ROM atau daya tampung minimal 200 GB. Berikut deretan laptop murah seharga Rp3 jutaan yang direkomendasikan untuk Anda.


Laptop untuk belajar online seharga Rp3 jutaan


1. ASUS A407MA


Produk pertama adalah laptop dari brand ASUS, yakni Asus A407MA. Laptop satu ini punya spesifikasi yang lumayan baik untuk mendukung belajar online dengan dukungan prosesor Intel N4000 serta VGA Intel HD Graphic yang disematkan di dalamnya.


Layar seluas 14 inch LED Backlit HD dengan resolusi 1.366x768 Piksel menghadirkan gambar yang sangat jernih dan tajam, berkat dukungan teknologi ASUS Tru2Life. Tidak hanya itu, laptop dengan OS Windows 10 ini diperkuat dengan RAM 4GB DDR4. Ditambah lagi dengan daya tampung HDD hingga 1TB tentunya menjadikan proses belajar dan penyimpanan file belajar bisa tetap aman dan tak mengganggu kinerja.


Baterainya juga tahan lama, sehingga Anda tidak perlu terus-terusan mencari colokan charger. Untuk penawaran termurah, Anda bisa membeli produk ini di Shopee seharga Rp2.599.000.



2. Lenovo IdeaPad 130 14AST


Produk berikutnya dari brand Lenovo, yakni Lenovo IdeaPad 130 14AST. Produk satu ini merupakan laptop yang diperkuat dengan prosesor AMD APU A4-9125 (generasi ke-7) yang mampu dipacu hingga kecepatan 2,6GHz.


Prosesor tersebut mampu bekerja dengan baik dengan dukungan RAM 4GB DDR4. Kabar baiknya, IdeaPad 130 ini juga bisa diupgrade RAM-nya hingga 8GB. Untuk segi grafis, dukungan dari VGA AMD Radeon R3 mampu menjadikan layar 14 inch ini menghadirkan gambar yang tajam dan jernih. 


Untuk harddisk, Lenovo IdeaPad 130 memiliki HDD sebesar 500GB yang mampu menampung lebih banyak file dan dokumen belajar. Sedangkan OS-nya adalah Windows 10 Home. Tawaran termurah bisa Anda temukan di Shopee, dengan harga Rp2.050.000 saja.


 3. HP 14 CM0091AU


Produk selanjutnya adalah laptop dari brand HP. Laptop yang direkomendasikan adalah HP 14-CM0091AU. Produk satu ini salah satu kelebihannya adalah SSD berkapasitas 128 GB yang menjadikan kinerjanya semakin baik. 


Untuk dapur pacu, prosesor AMD A4-9125 yang didukung dengan RAM 4 GB DDR4 menjadikannya mampu bekerja di kecepatan 2,3GHz bahkan dengan dukungan turbo core bisa menyentuh kecepatan 2,6GHz. 


Grafis menjadi semakin tajam dengan dukungan AMD Radeon R3 Graphic, sedangkan layarnya adalah TFT LCD HD BrightView WLED Backlight seluas 14 inch beresolusi 1366x768 piksel. Tawaran termurah untuk produk ini bisa Anda temukan di Shopee dengan harga hanya Rp1.600.000 saja.





4. HP Pavilion X360 11 AB128TU


Ingin laptop foldable yang kekinian namun harganya terjangkau? Produk HP Pavilion X360 11 AB128TU tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Laptop dengan layar seluas 11,6 inch ini dilengkapi dengan teknologi touchscreen dan bisa dilipat hingga 360 derajat.


Tidak hanya itu, dukungan dari prosesor Intel Celeron N4000 berkecepatan 2,60GHz menjadikan kinerjanya lebih baik. Apalagi dukungan RAM 4GB DDR3L, serta Intel HD Graphics 400 yang jadikan gambar tajam dan bisa bermain game ringan.


Kapasitas penyimpanan hingga 500GB tentunya sangat mencukupi kebutuhan Anda saat ini. Produk satu ini dijual dengan harga mulai dari Rp3,7 jutaan. Tawaran termurah bisa Anda temukan di Shopee, dengan harga Rp2.750.000.


5.  Acer Aspire A314-32


Rekomendasi terakhir dalam kesempatan kali ini adalah Acer Aspire 3 A314-32. Meski disebut sebagai "laptop kentang" dan harganya hanya Rp3 jutaan, namun kinerjanya sangat pas untuk kategori pelajar yang belajar online. Apalagi, desainnya yang stylish tentunya disukai anak muda.


Layarnya seluas 14 inch yang menghadirkan gambar beresolusi HD. Dukungan teknologi Acer ComfyView serta grafis Intel UHD Graphics 600 tentunya sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan belajar online dan komputasi sehari-hari. Dukungan dari RAM 4GB DDR4 di dalamnya menjadikan kinerja laptop semakin mantab tanpa lemot.


Untuk penggunaan tanpa henti, laptop ini bisa bertahan hingga 8 jam. HDD hingga 1TB menjadikan daya tampungnya sangat lebih dari cukup untuk kebutuhan pelajar. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp2.850.000.





Itu tadi 5 rekomendasi laptop harga Rp3 jutaan yang pas untuk pelajar. Jadi, jangan sampai belajar online tapi laptopnya justru menumpang ke tetangga sebelah. Dengan harga yang cukup terjangkau, tentunya laptop dengan spesifikasi yang cukup untuk kebutuhan Anda di atas bisa menjadi pilihan yang tepat.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post