close

Thursday, October 07, 2021

author photo
Cara mendaftar komcad

PojokReview - Beberapa waktu lalu, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Komponen Cadangan (Komcad) yang terdiri dari 3.103 anggota. Komcad ialah satuan di bawah komando Tentara Nasional Indonesia (TNI) namun status mereka tetap warga sipil.


Lebih jauh tentang Komcad, mereka adalah warga sipil yang mendaftar secara sukarela untuk menjadi bagian dari satuan pengamanan. Ini yang membedakan Komcad dengan wajib militer di berbagai negara. Yah, khusus di Indonesia, warga sipil yang mengikuti pelatihan militer pun mendaftarkan diri. 


Satu lagi tambahan, yah kostum atau seragam Komcad juga loreng-loreng dan mirip dengan seragam TNI. Hal itu wajar, mengingat Komcad ini memang ditujukan untuk mendukung TNI dan berada di bawah komando TNI.


Pendirian Komcad didasarkan pada UU No. 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara. Maka, Komcad disiapkan untuk mendukung komponen utama pertahanan (TNI) dalam rangka pertahanan negara.


Anggota Komcad tetap berstatus sebagai warga sipil hingga "kontraknya" selesai. Nanti, setelah kontrak tersebut selesai, maka warga sipil yang bersangkutan akan kembali lagi ke lingkungannya masing-masing, dan kemudian bekerja kembali seperti warga sipil lainnya.


Hanya saja, Komcad selama mengikuti pelatihan militer dan mendukung pertahanan negara, akan mendapatkan berbagai fasilitas. Antara lain uang saku, perlindungan jaminan kecelakaan kerja, perlengkapan perorangan, jaminan kematian, dan sebagainya. Namun, tidak disebutkan berapa besaran "gaji" dari anggota Komcad tersebut.


Cara Mendaftar Komcad


Informasi lain yang didapatkan PojokReview ialah, warga sipil di Indonesia bisa mendaftarkan diri sebagai anggota Komcad. Syaratnya ialah berstatus sebagai WNI, dan berusia 18 hingga 35 tahun. Bahkan, bila Anda berstatus sebagai ASN, karyawan, dan sebagainya, juga bisa mendaftarkan diri sebagai Komcad. Selama Anda mengikuti pelatihan militer tersebut, Anda juga bisa tetap mendapatkan gaji dari pekerjaan Anda.


Ketika mendaftar, Anda akan melewati berbagai tes dan seleksi yang dilakukan oleh TNI. Ketika lulus, baru anggota Komcad tersebut akan mendapatkan pelatihan militer oleh TNI, baik di Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara. Pelatihan tersebut dilakukan selama 3 bulan. 


Untuk mendaftar, Anda bisa mengunduh aplikasi KomcadAPP di PlayStore atau Google Play. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan lamaran lewat situs komcad.kemhan.go.id.


Cara lain adalah dengan mendaftar lewat WA ke nomor 08990170845. Sedangkan untuk pendaftaran Offline, bisa dilakukan di Kodam Jaya/Jayakarta (Jakarta), Kodam II/Siliwangi (Bandung), Kodam IV/Diponegoro (Semarang), dan Kodam V/Brawijaya (Surabaya).

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post