close

Saturday, October 09, 2021

author photo
Timnas Indonesia usai mencetak gol ke gawang Taiwan


PojokReview.com - Harus diakui bahwa Timnas Indonesia benar-benar terlalu tangguh atas lawannya, Chinese Taipei (Taiwan) pada leg pertama play-off kualifikasi Piala Asia 2023, hari Kamis (7/10/2021) lalu. Meski hanya unggul tipis, tapi penguasaan bola 76 persen membuktikan dominasi Indonesia atas Chinese Taipei di pertandingan yang digelar di Thailand tersebut.


Ditambah lagi dengan 9 shoot on goal berbanding 2, akurasi umpan 88% berbanding 74%, dan kita sama-sama melihat bagaimana Chinese Taipei dikurung dan diserang habis-habisan selama 90 menit pertandingan. Wajar saja bila publik menilai, Indonesia akan lebih mengamuk di leg kedua dan lebih besar kemungkinan lolos ketimbang Chinese Taipei.


Hanya butuh hasil imbang, Indonesia akan keluar sebagai pemenang dan lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Namun, babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 berarti masih jauh ke putaran final Piala Asia 2023. Di babak ketiga, Indonesia akan bertemu dengan 22 tim lainnya.


Hanya Indonesia dan pemenang antara Kamboja vs Guam yang belum memastikan diri ke babak ketiga. Total ada 24 tim di babak ketiga. Ada pula musuh bebuyutan Indonesia, yakni Malaysia, yang sudah duduk manis menunggu di babak ketiga. Juga ada raksasa Asia Tenggara, Thailand. Di zona Asia Tenggara, hanya ada Vietnam yang sudah pasti lolos ke putaran final piala Asia. Ditambah satu lagi, Australia.


Lalu, dari 24 tim tersebut, dengan catatan Indonesia berhasil mengalahkan Chinese Taipei, maka akan terbagi dalam 6 grup. Masing-masing grup berisi 4 tim. Dan dari satu grup, hanya ada satu tim yang pasti lolos, yah itu adalah juara grup.


Dengan demikian, hanya ada 6 tim yang pasti lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Ditambah dengan 12 tim yang sudah memastikan diri di putaran final (salah satunya Vietnam), serta tambahan tuan rumah piala Asia 2023, yakni China. Berarti, baru ada 13 tim, ditambah dengan 6 tim yang pasti lolos, berarti 19 tim.


Nah, masih kurang 5 tim lagi untuk melengkapinya menjadi 24 negara di putaran final. Lima tim ini didapatkan dari 5 runner up terbaik dari babak ketiga. Seandainya Indonesia menjadi runner up, masih belum tentu pula akan lolos ke Piala Asia. Ada 5 dari total 6 runner up yang akan lolos.


Lihat sendiri, bukan? Masih panjang dan berat jalan yang harus ditempuh timnas Indonesia untuk ke putaran final Piala Asia 2023. Berbeda dengan Timnas Putri yang sudah memastikan tempat di Piala Asia 2023, apakah timnas putra bisa melakukan hal yang sama?


Berarti, langkah yang harus ditempuh setelah mengalahkan Chinese Taipei adalah menghajar 3 tim yang bersama dengan Indonesia di babak ketiga kualifikasi nantinya. Atau, setidaknya Indonesia harus keluar sebagai salah satu dari 5 runner up terbaik di babak ketiga. Pertanyaannya, setelah hasil yang mengecewakan di kualifikasi Piala Dunia lalu, mampukah Indonesia bangkit dan menatap Piala Asia 2023 nantinya?

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post