close

Friday, November 26, 2021

author photo



Apa yang terbayang pertama kali ketika mendengar nama David Beckham? Yah, mantan gelandang tim nasional Inggris ini dikenal dengan tendangan bebasnya yang sangat indah namun mematikan. Tendangan yang kemudian dikenal dengan nama "banana shoot" ini juga sering diperagakan pemain Timnas Brazil, Argentina, Spanyol, Prancis, dan negara-negara lainnya.

Tendangan melengkung memberi penegasan bahwa sepak bola memang bukan masalah menang atau kalah. Tapi bagaimana permainan sepak bola menjadi sebuah tontonan yang menyentuh hati para penontonnya. Itulah kenapa Sir Alex Ferguson, mantan pelatih Manchester United, menyebut stadion kandang MU (Old Trafford) sebagai "teater impian" (Theater of Dreams). Karena, penonton tidak hanya sedang menyaksikan pertandingan sepak bola, tapi sebuah pertunjukan seni yang indah.

Bagaimana tidak, penonton bisa melihat aksi dribling yang indah dan berbahaya dari Christiano Ronaldo, kecerdasan seorang Ryan Giggs, akuratnya Ole Gunar Solkjaer, kokohnya pertahanan Rio Ferdinand, lengketnya tangkapan Van der Sar, indahnya tendangan melengkung David Beckham, kekuatan dan kengototan Park Ji Sung, dan permainan penuh keindahan yang dipertunjukkan pemain Manchester United lainnya.

Kali ini, pembahasan tentang seni dalam sepak bola akan dikhususkan ke tendangan melengkung ala David Beckham. Selain itu, pertanyaannya adalah, bagaimana cara melakukan tendangan seperti itu? Tentunya bagi para pemain bola pemula, akan sangat tertarik untuk mempelajari tendangan ikonik satu ini.

Berikut beberapa petunjuk cara melakukan tendangan bebas dari berbagai sumber:




  1. Saat mengambil ancang-ancang tendangan, ambil posisi sedikit miring dari arah bola. Bila Anda kidal, maka ambil posisi sedikit miring ke kanan. Begitu pula sebaliknya.
  2. Sangat penting untuk memastikan pijakan kaki lebih kuat dan pijakan lebih mantap agar tidak terpeleset atau salah menendang.
  3. Tangan dijadikan penyeimbang agar badan tidak terjatuh. Karena ketika menendang, posisi badan Anda akan lebih miring.
  4. Bagian yang digunakan untuk menendang bola adalah bagian dalam kaki. Bagian yang digunakan tersebut tetapnya adalah bagian pertemuan antara jari dengan telapak kaki Anda.
  5. Bagian kaki pijakan tetap menjadi tumpuan yang kuat dan jangan bergerak.
  6. Tendang bagian bawah bola untuk menjadikan bola terangkat atau naik.
  7. Ayunkan kaki bersama bola yang sudah ditendang (follow through)


Itu tadi cara menendang "banana shoot" yang fenomenal. Tentunya, Anda tidak bisa melakukannya hanya satu kali. Anda perlu melakukannya berkali-kali hingga terbiasa dan mampu mengarahkan bola ke sasaran dengan baik.

Setelah itu, tentunya Anda bisa menghadirkan kejutan yang bahkan bisa berbuah gol bagi tim Anda. Tentunya, Anda mengingat bagaimana tendangan dari David Beckham memberikan assist yang berbuah gol ketika berseragam MU, Real Madrid, AC Milan, hingga LA Galaxy. Juga jangan lupakan tendangan fenomenal Roberto Carlos yang menjadikan timnas Brazil menang atas Prancis lewat tendangan pisangnya yang masih terngiang hingga hari ini.

Tentunya Anda bisa membuat sejarah baru dengan klub Anda, memenangkan sejumlah pertandingan sepakbola dan menjadi bintang masa depan. Yah, tendangan banana shoot ini bisa menjadi salah satu yang akan membuat Anda dikenang.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post