close

Sunday, December 26, 2021

author photo
Indonesia vs Thailand final AFF
Pertemuan Indonesia dengan Thailand di Final AFF adalah pertemuan keempat.

pojokreview - Thailand sukses melaju ke partai final piala AFF 2021 usai menahan imbang Vietnam di leg kedua semifinal. Sebelumnya, Thailand berhasil unggul 2 gol tanpa balas di leg pertama. Dengan agregat 2-0, maka Thailand menjadi penantang bagi timnas Indonesia yang sudah terlebih dulu menjejakkan kakinya di partai final, usai menang dramatis 4-2 melawan timnas Singapura.


Maka, partai klasik Indonesia vs Thailand di final kembali tersaji pada tanggal 29 Desember 2021 dan leg kedua pada tanggal 1 Januari 2021 mendatang di National Stadium, Singapura. Ini merupakan keempat kalinya final piala AFF mempertemukan kedua kesebelasan. Indonesia pertama kali bertemu dengan Thailand di final pada tahun 2000, saat itu Indonesia dikalahkan dengan skor mencolok 4-1.


Pertemuan keduanya di final piala AFF terjadi dua tahun kemudian. Indonesia dan Thailand bermain imbang 2-2, hingga pertandingan dilanjutkan ke babak adu pinalti. Thailand kembali menang pada pertemuan kedua.


Final berikutnya yang mempertemukan Indonesia dengan Thailand terjadi tahun 2016 lalu. Indonesia sempat unggul di leg pertama dengan skor 2-1, namun kalah dengan skor 0-2 di leg kedua. Dan kali ini adalah pertemuan keempat kedua kesebelasan ini di partai final. Thailand memegang rekor sebagai juara terbanyak piala AFF (5 kali) melawan Indonesia yang memegang rekor sebagai finalis terbanyak piala AFF (6 kali) akan saling baku hantam di final kali ini.


Pertandingan Terakhir Indonesia vs Thailand


Pertemuan kedua tim terakhir terjadi di kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat itu, meski Indonesia tidak bermain baik dan selalu kalah melawan tim di grup, namun Indonesia menahan imbang Teerasil Dangda dan kawan-kawan dengan skor 2-2 di pertandingan yang digelar pada tanggal 3 Juni 2021 lalu. Dengan demikian, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah memiliki bekal karena pernah melawan timnas Thailand.


Meski demikian, pertemuan terakhir sebenarnya milik Thailand. Total 22 shot (berbanding 7) dan 66% penguasaan bola menjadi bukti sahihnya. Sayang, Thailand hanya memiliki tendangan ke arah gawang 4 saja, dari 22 tembakan yang dilepaskan. Bandingkan dengan Indonesia yang hanya punya 7 tembakan, namun 4 di antaranya tepat sasaran. Dengan tembakan yang mengarah sama-sama 4, dan yang berhasil menjadi gol sama-sama 2, Indonesia sebenarnya justru lebih efektif ketimbang Thailand.


Meski demikian, Indonesia mengoleksi 2 kartu kuning dari 18 pelanggaran dalam pertandingan tersebut. Justru dua kali lipat dari yang dilakukan Thailand, yakni 9 kali pelanggaran dan 1 kartu kuning. Intinya, bila Anda menyaksikan partai tersebut, Anda akan sepakat bahwa timnas Indonesia benar-benar dikurung oleh Thailand sepanjang pertandingan.


Lalu, bagaimana dengan pertandingan kali ini? Tentunya, sebagai pertemuan keempat di final, maka pertandingan kali ini mesti menjadi misi balas dendam bagi timnas Indonesia. Timnas Indonesia menjadi tim paling produktif di AFF 2021 menceploskan total 17 gol. Sebenarnya unggul jauh dari timnas Thailand yang menceploskan total 12 gol hingga saat ini. Namun, sayangnya untuk pertahanan, Timnas Thailand justru menjadi tim terbaik untuk urusan pertahanan, dengan hanya 1 gol yang melesak ke gawangnya hingga saat ini. Sedangkan Indonesia, justru sudah kejebolan 6 kali. 


Jadi, apakah timnas Indonesia mampu menjadi juara AFF untuk pertama kalinya tahun ini? Kita lihat saja sepak terjang awak Garuda, yang akan bertempur habis-habisan dengan tim Gajah Putih di partai puncak AFF Suzuki Cup 2021.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post