close

Wednesday, December 08, 2021

author photo
Fungsi cermin di peruncing pensil zaman dulu
Apa fungsi cermin di peruncing pensil zaman dulu?

PojokReview.com - Tahun 1990-an sampai 2000-an awal, tentunya sangat lekat di ingatan bahwa rautan pensil berbentuk bulat dengan warna cerah memiliki cermin kecil di belakangnya. 


Bahkan, sejumlah anak kecil yang mencoba nakal akan menggunakan rautan atau peruncing pensil tersebut sebagai alat untuk "mengintip". Mereka mengikatkan peruncing tersebut di sepatu dengan bagian cermin kecilnya menghadap atas, lalu digunakan untuk mengintip pakaian dalam teman-teman perempuannya.


Tentunya, bukan untuk itu cermin kecil di rautan pensil diciptakan. Jadi, untuk apa sebenarnya cermin kecil tersebut?


Ternyata, kegunaannya ialah untuk melihat alis wanita. Yah, tahukah Anda, bahwa peruncing tersebut diciptakan untuk meruncing pensil alis di sekitar tahun 70-an. Di saat itu, para wanita yang selesai meruncing pensil alisnya, akan meletakkan peruncing tersebut di kepala pensilnya, lalu menggunakannya untuk melihat secara detail dan dekat alis yang baru saja dilukisnya.


Atau, setidaknya cermin tersebut memang ditujukan untuk melihat seberapa hasil dari pensil alis yang baru diruncingnya. Bila kurang, maka akan diraut kembali. 


Jadi, peruncing pensil dengan cermin itu kebetulan saja juga digunakan oleh anak SD hingga SMP karena harganya murah dan juga sangat ampuh untuk meruncing pensil yang digunakan untuk menulis. Keberadaan cermin tersebut bisa dikatakan mungkin tidak begitu berguna untuk siswa, namun sesuai alasan "penciptaannya", peruncing atau rautan pensil tersebut memang ditujukan untuk pensil alis.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post