close

Monday, December 06, 2021

author photo
P2P Fintech Modal Rakyat

PojokReview - Anda sudah pernah mendengar istilah P2P Lending? P2P Lending atau Peer to Peer Lending adalah semacam platform daring yang memberikan fasilitas bagi pendana atau lender, untuk memberikan pinjaman pada peminjam/debitur (borrower) dengan biaya pengembalian yang lebih tinggi. Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor 77/POJK.01/2016, P2P Lending disebut sebagai "layanan pinjam meminjam uang dengan mata uang rupiah secara langsung antara kreditur (pemberi pinjaman/lender) dan debitur (penerima pinjaman/borrower) berbasis teknologi informasi.


Dari sejumlah istilah di atas, fintech lending alias P2P Lending tadi disebut LPMUBTI atau Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Cara kerjanya adalah, peminjam mengajukan kredit secara langsung pada para pemilik dana dan kemudian kreditur atau peminjam dana akan melakukan atau memberikan pinjaman dana. Prosesnya lebih mudah dan cepat sehingga peminjam dan bisa mendapatkan bantuan dana dengan sesegera mungkin, dan mengembalikannya dengan waktu yang sudah ditentukan.


Salah satu yang direkomendasikan adalah Modal Rakyat. Fintech P2P Lending yang satu ini merupakan salah satu fintech yang menawarkan cara pendanaan secara gotong royong untuk membantu ratusan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Imbal hasil per tahun mencapai 18% dan tingkat keberhasilan P2P Lending Modal Rakyat memfasilitasi peminjaman dan penyelesaian kewajiban (pembayaran pinjaman) mencapai 99,96%.


Dengan demikian, Anda bisa membantu mendanai sejumlah pengusaha UMKM di Indonesia dengan cara urunan alias bergotong royong dengan para pemodal lainnya. Tidak perlu angka yang besar, karena Anda bisa memulai mendanai hanya dengan Rp25.000 saja. Misalnya, ada salah satu usaha yang membutuhkan suntikan dana sebesar Rp1 Miliar


Cara Kerja P2P Lending di Modal Rakyat


  • Pertama, registrasi dan isi data pribadi Anda dengan lengkap melalui situs Modal Rakyat atau aplikasi yang bisa diunduh lewat Playstore atau iOS. Anda bisa mendaftar sebagai pendana, atau sebagai peminjam.
  • Kedua, peminjam akan mengajukan pinjaman dan dianalisa oleh Modal Rakyat. Tentunya, akan ada tingkat risiko yang ditentukan pasca analisa tersebut. 
  • Ketiga, para peminjam yang sudah terpilih akan ditempatkan di semacam marketplace. Semua informasi detail, mulai dari profil, kekayaan, portofolio, hingga risiko dari peminjam tersebut dipaparkan secara lugas.
  • Keempat, para investor akan melihat deretan para peminjam dan memilih salah satu yang akan didanai.
  • Kelima, investor akan mendanai peminjam yang dipilihnya setelah mempelajari risiko dan sebagainya. Dana yang diberikan mulai dari Rp25.000 ke atas (kelipatan Rp25.000).
  • Keenam, Modal Rakyat akan mengumpulkan dana dari para kreditor hingga total dana yang dibutuhkan peminjam akan tercukupi.
  • Ketujuh, setelah peminjam mendapatkan dana maka peminjam akan mengembalikan pinjaman sesuai jadwal yang ditentukan.
  • Kedelapan, setelah peminjam mengembalikan dana, dana akan dikembalikan ke pemberi pinjaman melalui platform Modal Rakyat.


Nah itu tadi deretan cara kerja fintech P2P lending Modal Rakyat. Tentunya, bisa Anda manfaatkan dengan baik.


Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menjadi investor sukses di Modal Rakyat.


  • Pelajari betul risiko dan berapa keuntungan yang akan didapatkan per tahun.
  • Mulailah dari investasi di angka yang kecil, misalnya Rp100 ribu, untuk mulai belajar menjadi investor.
  • Jangan buru-buru, pertimbangkan semua langkah yang diambil dengan matang.


Sebagai contoh, untuk investasi Rp2.000.000, maka Anda akan mendapatkan pengembalian sebesar Rp2.100.000 dalam waktu tiga bulan. Asalkan, Anda melakukan perhitungan dengan baik dan analisa secara tepat dan matang. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post