close

Wednesday, January 05, 2022

author photo
Blogger vs Wordpress
Blogger vs Wordpress

PojokReview.com - Ada banyak jenis platform bagi seorang narablog, namun dua yang paling populer digunakan di Indonesia ialah blogger dan wordpress. Terpenting, keduanya berfungsi sama yakni berbentuk blog/jurnal online yang memuat artikel, foto, video dan sebagainya. Tentunya, terus diperbaharui secara rutin.


Log sendiri berarti catatan, sedangkan web berarti website. Blog sebenarnya berasal dari kata web log, yang kemudian lebih mudah disebut blog. Blogger ialah orang yang mengerjakan atau mungkin mencari nafkah lewat blog. Dalam KBBI, blogger disebut dengan nama narablog. 


Nah, kembali lagi ke platform yang digunakan oleh narablog yakni blogger dan wordpress. Keduanya bisa dikatakan sama-sama banyak digunakan oleh narablog. Namun, apa perbedaan keduanya, dan yang mana yang lebih pas untuk seorang blogger pemula?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ulas satu per satu dua platform ini. Blogger, merupakan layanan penerbitan blog (baik individu maupun kolektif) yang dikembangkan Pyra Labs lalu dimiliki Google di tahun 2003. Biasanya, blog yang dibuat dengan platform ini akan memiliki subdomain "blogspot.com" di belakangnya. Kecuali bila Anda menggunakan Top Level Domain, maka tetap bisa menghilangkan "blogspot" tersebut di belakang nama domain Anda.


Sedangkan wordpress ialah platform untuk membuat blog atau website dengan basis data MySQL dan bahasa pemrogaman PHP. Biasanya, bila Anda membuat blog dengan domain gratis di wordpress, maka alamat blog juga akan memiliki subdomain "wordpress.com" di belakangnya.


Wordpress terdiri dari dua jenis, yang satu (dot)com, dan satu lagi (dot)org. Perbedaannya ialah, wordpress.com bisa memberikan Anda subdomian gratis, serta tidak bisa menampilkan iklan dari Google (Adsense) secara mandiri. Berbeda dengan wordpress.org, yang merupakan CMS yang memerlukan hosting/server yang mesti Anda sewa sendiri. Jadi, Anda mesti membeli domain sekaligus hostingnya. Anda juga bisa menampilkan iklan Adsense secara mandiri bila menggunakan wordpress.org atau biasa disebut wordpress self hosted.


Mana yang lebih baik antara Blogger dan Wordpress?


Nah, dari tadi pertanyaan ini belum juga terjawab, bukan? Mana yang lebih baik antara blogger dan wordpress? Bisa dikatakan bahwa PojokReview telah mencoba keduanya dan pada akhirnya menemukan kesimpulan seperti ini.


  • Untuk kemudahan dan biaya lebih murah, maka blogger adalah pilihan yang tepat.
  • Untuk kelengkapan fitur, maka wordpress adalah pilihan yang tepat.


Maksudnya?


Jadi begini, blogger itu sudah milik Google. Ketika mendaftar Blogger, maka Anda akan menggunakan alamat email (gmail) Anda sendiri. Berikutnya, Anda akan mendapatkan hosting gratis dari Google yang jumlahnya cukup besar. Anda tidak perlu maintenance, dan sebagainya. Tinggal Anda gunakan custom domain, maka Anda sudah memiliki blog yang TLD.


Bahkan meski menggunakan subdomain (blogspot.com), Anda sudah bisa menggunakan Google Adsense secara mandiri di situs Anda, asalkan sudah memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang sudah ditentukan oleh Google. Fitur-fitur yang dimiliki sangat mudah "diutak-atik" ditata dan diorganisir sedemikian rupa. 


Tapi, Blogger punya sedikit kekurangan. Pertama, Anda mesti tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan Google. Salah-salah, Google bisa saja menghapus blog Anda. Kedua, pilihan template cukup terbatas dan terkesan "blog". Tapi, bila Anda ingin tampilan yang tampak lebih berkesan profesional, Anda bisa membeli template di pihak ketiga.


Sedangkan Wordpress, punya kelengkapan seperti fitur SEO, pemeriksaan kalimat, dan sebagainya. Tidak hanya itu, templatenya juga banyak pilihan dan tampilannya sudah benar-benar profesional. Kekurangannya, biaya yang Anda perlukan cukup banyak keluarnya. Anda harus membeli domain, serta sewa hosting sejak awal.


Meski demikian, Pojok Review secara pribadi (dan subjektif) memilih menggunakan platform blogger untuk membangun blog sejak awal. Karena kemudahan dan harga yang lebih murah tentunya. Sedangkan untuk teknik SEO, sebenarnya bukan hal yang "satu paket" dengan platform blog. Jadi, Anda perlu mempelajari teknik SEO apapun platform blog Anda, kemudian tinggal diterapkan di penulisan.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post