close

Friday, January 21, 2022

author photo
Resep Saus Asam Manis

PojokReview - Makanan rumahan yang dimasak bersama dengan saus asam manis biasanya lebih enak dan lezat karena dinilai lebih kaya rasa dibandingkan menggunakan saus yang biasa saja. Berbagai jenis masakan rumahan biasanya dikombinasikan dengan jenis saus asam manis ini. 


Proses pembuatannya juga terbilang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahan-bahan pembuatannya pun sangat mudah didapatkan yang menjadikan saus ini menjadi salah satu saus favorit banyak orang. 


Kenapa Harus Saus Asam Manis?


Saus asam manis tentunya memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan jenis saus biasa. Saus asam manis memiliki rasa asam, manis, dan pedas secara bersamaan. Saus asam manis juga banyak digunakan sebagai bahan utama bersamaan dengan bahan masakan rumahan lainnya seperti udang, ikan, dan bahan lainnya. 

Saus asam manis ini juga memiliki keunggulan dimana rasa yang diberikannya juga bervariasi yakni asam, manis, dan pedas. Selain itu, bahan-bahan pembuatannya juga sederhana dan mudah didapatkan. 


Manfaat Saus Asam Manis 


Saus asam manis ini ternyata juga memberikan banyak manfaat seperti rasa saus yang tidak biasa yakni kombinasi rasa asam, manis, dan pedas secara bersamaan. Selain itu, bahan-bahan yang biasanya dikombinasikan dengan saus asam manis ini mengandung banyak protein, kalori, dan lemak yang sangat baik untuk tubuh. 


Selain itu, saus ini sendiri juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mampu menghilangkan rasa sakit kepala dan membantu mengatasi diabetes pada tubuh manusia. 


Bahan-bahan Saus Asam Manis (Kepiting Asam Manis)


  • 10 sdm saus tomat 
  • 50 gram nanas 
  • 50 gram gula pasir 
  • 5 siung bawang putih 
  • 2 sendok cuka beras
  • 200 ml air bersih 
  • 1 sdm tepung maizena 
  • Garam secukupnya


Cara Pembuatan Saus Asam Manis (Kepiting Asam Manis)


Blender nanas hingga halus 


Cara bikin saus asam manis pertama yang harus kamu lakukan adalah menghaluskan buah nanas dengan cara diblender terlebih dahulu. Setelah buah nanas selesai di blender sampai halus maka selanjutnya sisihkanlah kedalam wadah lain. 


Tambahkan 2 sendok makan air berisi maizena 


Selanjutnya silahkan tambahkan 2 sendok makan air yang sudah berisi maizena dan diaduk-aduk hingga rata setelah itu sisihkan juga kedalam wadah lainnya. 


Tumis bawang putih 


Selanjutnya, silahkan tumis bawang putih selama beberapa menit sampai mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu masukkan sedikit air bersih kedalamnya dan aduk hingga semua tumisan merata. 


Tambahkan nanas dan saus tomat 


Setelah itu, tambahkan juga nanas dan saus tomat ke dalam tumisan sebelumnya dan jangan lupa untuk menambahkan garam dan gula ke dalamnya. Untuk menjaga tekstur saus asam manis ini, maka sebaiknya masaklah dalam keadaan api sedang. 


Beri sedikit cuka beras dan larutan maizena 


Selanjutnya berikanlah sedikit cuka beras dan setelah itu tambahkan juga larutan maizena kedalamnya dan diaduk-aduk hingga masakan saus tersebut memiliki tekstur yang mengental. 


Cicipi dan sajikan 


Setelah semua bumbu telah tercampur rata dan diaduk-aduk hingga merata maka jangan lupa untuk mencicipi rasa dan sajikan saus ini kedalam wadah penyajian yang dibutuhkan. 

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan persiapan adalah 15 menit begitu juga dengan durasi pembuatan saus asam manis memakan waktu hampir 15 menit. 


Manfaat Kepiting Asam Manis


Kepiting asam manis ini ternyata mengandung 151 kalori, 3.8 gram lemak, 13.8 gram protein, 250 mg fosfor, 210 mg kalsium, 61 mcg vitamin A,0.05 mg vitamin B1, dan 78 mg kolesterol. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post