close

Wednesday, April 13, 2022

author photo
Mengurangi suara noise dari gitar akustik


PojokReview - Apakah gitar akustik Anda mengeluarkan suara-suara derik, derit, berisik, dan noise lainnya? Seorang gitaris akustik tingkat dunia, Martin Simpson membagikan tips untuk menguranginya, seperti dilansir dari situs Guitar World. Juga, sedikit tambahan dari situs Pojok Seni untuk gitar akustik Anda.


Masalah yang sering dialami oleh gitaris ketika ingin perform atau merekam suara dari gitar akustiknya adalah suara noise yang cukup mengganggu, justru muncul dari gitarnya. Ada beberapa yang mungkin bisa ditoleransi, namun beberapa lainnya justru cukup mengganggu. Baik suara jari yang bergeser, suara derit dari senar, dan sebagainya. Apalagi untuk rekaman, ketika diperdengarkan ke publik dengan speaker yang besar, maka suara tersebut justru hadir dengan begitu jelas. 


Seorang gitaris akustik kelas dunia bernama Martin Simpson, dikenal dengan suara rekaman gitar akustiknya yang sangat jernih. Tidak ada suara-suara derit, derik, geser, atau suara noise yang mengganggu lainnya. Apa tips dari Martin Simpson?


Sebelumnya, bila Anda ingin mendengarkan bagaimana suara rekaman gitar akustik yang jernih dan tanpa noise dari Martin Simpson, silahkan lihat video di bawah ini.




Tips Mengurangi Suara Noise pada Gitar Akustik Menurut Martin Simpson


Martin Simpson memberikan dua tips untuk mengurangi suara noise atau berisik ketika rekaman gitar akustik. Pertama, senar gitar yang digunakan harus senar gitar yang baru, juga berkualitas tinggi.


Simpson menjelaskan bahwa ia menggunakan jenis senar D'Addarios dan Elixir Nanoweb terbaru setiap akan merekam suara gitar akustiknya. Mungkin banyak orang yang kurang suka dengan senar baru karena terasa lebih keras. Tapi, gitar dengan senar yang baru akan mengurangi suara derit (noise) dari tangan kiri, alias tangan yang berada di chord.


Dengan kata lain seperti ini, gunakan senar yang lama untuk latihan dan berulang-ulang. Namun siapkan satu set senar baru khusus untuk perekaman. 


Tips kedua adalah menekan sekeras-kerasnya di fret. Jadi, untuk mengurangi derit adalah jari mesti sedekat mungkin dengan fret. Itu berarti, Anda menekan senar dengan sangat keras. Dengan menekan sekeras mungkin, maka slide yang dihadirkan akan bersih dari bunyi "mencicit".


Tentu, tips kedua ini sudah masuk ke kategori "teknik". Itu berarti, untuk menjadikan suara rekaman gitar akustik tanpa noise, berarti Anda harus terus mengasah teknik Anda. Tanpa mengulang latihan, maka teknik akan semakin sulit diterapkan. Itu berarti, akan semakin banyak pula noise yang hadir dari gitar akustik Anda.


Gitar akustik berarti menerapkan semua kemampuan dan teknik di jari tangan Anda. Tidak ada efek yang harus diinjak (seperti pedal pada efek overdrive), juga tidak ada pemilihan pick-up berkualitas seperti pada gitar elektrik. Semuanya murni dengan jari. Karena itu, teknik menjadi hal yang paling penting untuk bermain gitar akustik tanpa noise.


Memilih Gitar Akustik Terbaik menurut PojokSeni


Sedangkan situs PojokSeni.com memberikan rekomendasi gitar akustik elektrik terbaik untuk perform maupun rekaman. Dengan memilih gitar kualitas terbaik, maka suara yang tidak diinginkan juga akan berkurang.


Untuk rekomendasi gitar akustik elektrik terbaik, silahkan baca di artikel ini: Rekomendasi Gitar Akustik Elektrik Murah Berkualitas


Selain itu, akan sangat baik bila senar yang dipilih juga berkualitas baik. Berikut sejumlah rekomendasi senar gitar akustik elektrik terbaik menurut PojokSeni.


Elixir Nanoweb 13-56




Senar yang satu ini terasa lembut di jari, balance, dan punya suara yang sangat detail dan jernih. Nada yang ekspresif bisa dihadirkan dari senar ini. Pelapis senarnya mampu menahan atau mengurangi suara noise di gitar akustik. Kelebihan lain dari senar ini adalah tahan terhadap karat.


Beli Senar Elixir Nanoweb di sini: 



D'Addario XS Bronze Fosfor 12-53 





D'Addario merupakan produsen senar gitar kenamaan dunia. Produk dari D'Addario yang direkomendasikan adalah D'Addario XS Bronze Fosfor. Dengan ukuran 12-53 menjadikannya lebih ringan. Sangat baik untuk Anda yang mengandalkan speed (kecepatan) ketika bermain gitar.


Beli senar D'Addario XS Bronze Fosfor di sini: 




Ernie Ball 2546 Bronze Fosfor Everlast 12-54




Satu set senar yang menggunakan terobosan nanoteknologi, serta tahan terhadap cuaca lembab, dan minyak yang kerap datang dari jari Anda. Itulah kenapa senar satu ini sangat direkomendasikan.


Beli Ernie Ball 2546 Bronze Fosfor Everlast di sini: 



Itu tadi tiga senar gitar yang direkomendasikan untuk Anda pecinta gitar akustik. Selamat mencoba dan hadirkan sebuah karya yang menggugah dunia.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post