close

Tuesday, September 06, 2022

author photo
Ilustrasi alat tulis
Ilustrasi alat tulis (sumber foto: ritaelfianis.id)



Pojok Review - Apakah Anda pernah mendengar istilah artikel pilar dalam dunia blogging? Yah, artikel pilar dikenal juga dengan berbagai sebutan, yang intinya memang satu: artikel andalan yang menarik lebih banyak pengunjung ke blog Anda dibandingkan dengan artikel lain.


Agar blog Anda memiliki banyak pengunjung dan trafik yang stabil, maka setidaknya dari 20 artikel yang Anda tulis di blog Anda, ada 1 di antaranya yang bisa dikategorikan sebagai artikel pilar. Sekarang, berapa artikel di blog Anda? Apakah mencapai angka 100 artikel? Berarti setidaknya ada 5 artikel pilar di dalamnya.


Karena pencarian di internet mengandalkan mesin pencari, seperti Google atau Yahoo misalnya, akan lebih banyak mengarah ke artikel pilar ini. Tentunya, kata kunci yang paling Anda andalkan untuk mengarahkan pembaca ke blog Anda akan dipertaruhkan lewat artikel andalan tersebut.


Berikutnya, setelah artikel andalan Anda berhasil membawa pengunjung datang ke blog Anda, berikutnya giliran artikel lainnya yang akan "bertugas" menjaga pembaca tetap berada di blog Anda dalam waktu yang lama.


Sekarang, bagaimana sih artikel pilar tersebut? Bagaimana cara membuatnya?


Sebenarnya masih belum begitu dirumuskan batasan-batasan dan syarat-syarat tertentu tentang artikel pilar ini. Namun, secara garis besar, dari berbagai riset dengan kata kunci tertentu, ternyata artikel pilar dari berbagai blog dan website memiliki banyak kesamaan. Berikut beberapa di antaranya:


1. Menunjukkan keahlian dan kekhususan blog tersebut.


Ini ciri khas pertama. Artikel pilar tersebut menunjukkan bahwa penulis blog ini sudah sangat mengerti apa yang ingin disampaikan dengan sangat detail. Bisa dikatakan, bila penulis blognya adalah ahli memasak, maka ia akan membahas tentang memasak secara detail yang bisa dibedakan dengan penulis dengan tema yang sama, namun masih pemula. 


2. Menyediakan jawaban dan apa yang diharapkan pembaca


Apa yang sedang Anda cari di internet? Ketika mencari sesuatu, berarti seseorang memiliki banyak pertanyaan yang harus dicari jawabannya. Nah, artikel pilar ini akan hadir sebagai jawaban yang paling detail dan tuntas dalam memberikan jawaban yang dimaksud. Hal itu wajar saja, karena seperti poin pertama, artikel ini ditulis oleh seorang ahli, dan yang ditulis adalah segmen yang merupakan keahliannya.


3. Runtut, Sistematis, dan Lengkap


Berikutnya, ciri khas dari artikel pilar ini adalah dijelaskan dan dijabarkan secara runtut, rinci, sistematis, lengkap, dan dilengkapi dengan gambar, contoh, bagan, diagram, dan lain-lain. Karena itu, seseorang yang datang ke artikel tersebut benar-benar merasa datang ke tempat yang tepat. 


4. Konten "evergreen" dan orisinil


Artikel pilar ini akan membahas sesuatu secara orisinil dari perspektif penulisnya. Karena penulisnya adalah seorang yang ahli di bidang tersebut, atau mungkin memiliki bekal akademik yang cukup, maka artikel tersebut akan terasa sangat unik. Bisa dikatakan, artikel tersebut tidak akan ditemukan di blog lainnya.


Maka konten ini juga akan menjadi sebuah konten yang terus dicari sepanjang masa. Berbeda dengan artikel populer kebanyakan yang biasanya memiliki tenggat waktu, misalnya artikel tentang kasus yang tengah viral di masyarakat. Artikel pilar akan membahas hal yang akan tetap dicari oleh pembaca hingga kapanpun.


5. Mendapat banyak respon


Biasanya artikel pilar akan dianggap sesuatu yang penting bagi pembacanya. Karena itu, artikel ini akan mendapatkan lebih banyak respon, seperti dibagikan di media sosial, mendapatkan komentar, mendapatkan tulisan tanggapan, dan sebagainya.


6. Jumlah kata di atas 1000


Ini salah satu ciri khas dari kebanyakan artikel pilar yang ditemukan di internet. Yah, rata-rata jumlah katanya di atas 1000 kata. Kalau jumlah kata di bawah 500, biasanya akan lebih sulit untuk menjadi "artikel pilar".


Nah, pertanyaannya, apakah artikel seperti itu sudah ada di blog Anda? Atau, artikel Anda masih berupa artikel yang "copas" dari website lain? Nah, yuk coba membuat artikel pilar di blog Anda.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post