close

Thursday, September 07, 2023

author photo
Prediksi Piala Asia 2023


Pojok Review - Menarik menyimak bagaimana perjalanan timnas Indonesia di Piala Asia 2023 tahun ini. Bagaimana tidak, Indonesia akan tergabung di grup D, yang dihuni oleh Jepang, Iraq, dan Vietnam. 


Grup D layak disebut sebagai grup neraka, mengingat Jepang adalah tim dengan jumlah juara terbanyak di AFC. Tim Samurai Biru ini menjadi kampiun di tahun 1992, 2000, 2004, dan 2011. 


Iraq memang baru satu kali menjadi juara Piala Asia, yakni di tahun 2007. Tapi, tim berjuluk Singa Mesopotamia ini justru mengangkat Piala Asia di stadion kebanggaan Indonesia, Gelora Bung Karno setelah mengalahkan Arab Saudi dengan skor tipis 1-0.


Sedangkan Vietnam, mau tidak mau, harus diakui sebagai tim terkuat di Asia Tenggara. Tim berjuluk Bintang Emas ini berada di rangking 95 FIFA, yang berarti urutan ke-16 dari total 24 peserta Piala Asia tahun ini. 


Indonesia Terbuncit, Jepang Teratas


Indonesia berada di rangking 149 FIFA, menjadikan Timnas Garuda sebagai tim dengan rangking terbuncit dari seluruh peserta Piala Asia tahun 2023. Berturut-turut di atas Indonesia adalah "rekan-rekan" yakni Hongkong (147), Malaysia (138), dan Thailand (114).


Ironisnya, Indonesia justru satu grup dengan Jepang yang merupakan "rangking 1" untuk kategori Asia. Jepang yang berada di rangking 20 FIFA menjadi tim dengan rangking tertinggi di peserta Piala Asia tahun ini. Disusul oleh Iran (24), Korea Selatan (24), dan Australia (29).


Empat tim tersebut dengan "rangking 20-an" tersebut menjadi empat negara top 50 FIFA yang dicalonkan kuat menjadi jawara Asia tahun ini. Sebab, satu trip di bawah Australia, (rangking 5 Asia) yakni Arab Saudi berada di rangking 54 dunia. 


Meski demikian, tim berjudul Green Falcons tersebut juga difavoritkan keluar menjadi juara. Bahkan, Saudi juga diprediksi akan melewati fase grup dengan lebih santai, karena akan melewati hadangan Thailand, Kysgystan, dan Oman di grup F.


Bagaimana prediksi tim yang akan lolos dari fase grup?


Prediksi Tim yang Lolos Fase Grup Piala Asia


Grup A: Qatar & China


Grup A akan menjadi panggung bagi tuan rumah sekaligus juara bertahan, Qatar. Tim berjuluk The Maroons (Al-Annabi) ini diprediksi akan mampu melewati hadangan China, Tajikistan, dan Lebanon di grup A. China kemungkinan akan mendampingi Qatar lolos dari grup A. Kuncinya, tim Naga China berhasil meredam Tajikistan yang secara matematis cukup berimbang dengan China materi pemainnya.


Grup B: Australia & Uzbekistan


Grup B kemungkinan akan memberikan keuntungan bagi Australia dan Uzbekistan. Australia yang dijuluki tim Socceroos ini kemungkinan mampu mengatasi perlawanan Uzbekistan, Syria, dan India. Sedangkan tim Srigala Putih Uzbekistan diprediksi mampu mengatasi India dan Syria, untuk keluar sebagai Runner Up.


Grup C: Iran dan Uni Emirat Arab


Dari semua grup, mungkin grup C ini yang menjadi grup paling menguntungkan buat Iran. Tim Singa Persia ini merupakan tim nasional sepak bola terkuat di Asia Barat, dan terkuat nomor dua di Asia, namun satu grup dengan tim-tim yang diprediksi tidak akan begitu merepotkan, seperti Hongkong, Palestina, dan Uni Emirat Arab. Tim yang disebut terakhir, dipredikasi akan bersaing ketat dengan dua negara lainnya untuk menjadi runner up menemani Iran.


Grup D: Jepang dan Irak


Tanpa mengecilkan perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia tahun ini, namun di atas kertas, tim yang berkemungkinan lolos dari grup ini adalah Jepang dan Irak. Dua tim yang sama-sama pernah juara Piala Asia ini mungkin akan disulitkan oleh Vietnam dan Indonesia. Namun, grup neraka satu ini tidak akan begitu mudah bagi Samurai Biru maupun Singa Mesopotamia.


Grup E: Korea Selatan dan Bahrain


Korea Selatan diprediksi akan mengungguli tiga tim lainnya, Malaysia, Yordania, dan Bahrain di grup ini. Namun, untuk tiket satu lagi akan diperebutkan dengan sangat sengit. Meski Bahrain memiliki rangking FIFA di bawah Yordania, namun tim berjuluk Al-Ahmar ini diprediksi mampu mengungguli Yordania. Hal ini merujuk ke keberhasilan Bahrain menembus Semifinal Piala Teluk 2023.


Grup F: Arab Saudi dan Oman


Meski dikalahkan Irak di babak puncak Piala Teluk 2023, namun Oman tetap difavoritkan lolos dari grup F yang dihuni oleh Thailand, Kyrgystan, dan Arab Saudi. Bahkan, di fase grup, Oman tak terkalahkan. Oman juga berhasil memukul tim Arab Saudi di fase grup.


Arab Saudi juga diprediksi mampu mengatasi perlawanan Thailand dan Kyrgystan untuk lolos dari grup F. Tim dengan rangking 54 FIFA ini, bahkan difavoritkan keluar jadi juara Piala Asia.


Slot Juara Tiga Grup Terbaik


Sebanyak empat tim yang mendapatkan juara 3 grup terbaik juga akan mendapatkan jatah untuk lolos ke babak 16 besar. Empat tim tersebut diprediksi antara lain Yordania dari grup E, Vietnam dari grup D, Suriah dari grup B, dan Kirgistan dari grup F.


Keempat tim ini memiliki rekor yang cukup baik dari pertandingan sebelumnya. Namun, bukan berarti Indonesia tidak punya peluang. 


Peluang Indonesia di Piala Asia?


Indonesia bisa bersaing dengan Vietnam dan punya kans yang cukup baik. Dua pertandingan terakhir (di jenjang umur) Indonesia bertemu Vietnam dua kali di babak puncak. Satu berakhir bagi kemenangan Indonesia, dan satu lagi milik Vietnam itupun lewat drama adu pinalti.


Kuncinya adalah, Indonesia mampu meraih hasil maksimal ketika bersua raksasa Asia, Jepang. Juga berhasil menahan Iraq. Apalagi bila berhasil memenangkan pertandingan tersebut, bisa dikatakan peluang lolos sebagai juara 3 grup terbaik bisa terbuka lebar.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post